Friday, March 20, 2015

Titik Buta Manusia

Semua pesepakbola profesional pasti memiliki pelatih. Bahkan, pemain sepakbola sehebat Cristiano Ronaldo sekalipun juga memiliki pelatih. padahal jika dibandingkan Ronaldo jauh lebih hebat dari Carlo Ancelotti. Gak percaya?? Coba aja suruh mereka berduel, saya jamin Ronaldo yang akan menang.

Mungkin kita bertanya-tanya, Kenapa atlet sehebat Cristiano Ronaldo butuh pelatih kalau jelas-jelas dia lebih hebat dari pelatihnya?

Kita harus tahu bahwa Ronaldo butuh pelatih bukan karena pelatihnya (Ancelotti) lebih hebat, namun karena Ronaldo butuh seseorang untuk melihat hal-hal yang tidak dapat ia lihat. Begitu juga dengan kita. Banyak hal-hal yang tidak dapat kita lihat dengan penglihatan kita.


Hal yang tidak dapat kita lihat dengan penglihatan sendiri itulah yang disebut dengan "BLIND SPOT" atau "TITIK BUTA".

Apa itu "Blind Spot"?



BLIND SPOT atau Titik Buta adalah Suatu titik atau keadaan yang tidak bisa dijangkau oleh penglihatan kita pada saat-saat tertentu. Hal itu dapat terjadi mungkin karena kita terlalu FOKUS pada satu titik, Sehingga mengabaikan titik yang lain. Misalnya, kita lagi fokus mau nikah, maka urusan lain diabaikan. Lagi fokus bisnis, yang lain dilupakan. Pengen cepet naik jabatan, yang lain ditinggalkan. Itulah Blind Spot pada manusia. Blind Spot hanya dapat dilihat oleh orang lain. hmm... mungkin itu adalah esensi lain dari makna manusia sebagai makhluk sosial yak. *jadi inget pelajaran IPS di SD hehe :P


Blind Spot, pasti terjadi pada setiap manusia. Tidak kenal profesi, tidak kenal kasta, atau tingkat pendidikan sekalipun. Karena Allah sudah menyatakan bahwa manusia adalah makhluk lemah yang sering lupa, khilaf dan dosa. Dan keadaan ini sudah menjadi fitrah manusia.


Blind spot juga skaligus ngingetin bahwa kita cuma manusia lemah. Jadi, gak usah sombong dan jumawa. Apapun yang kita punya, tidak akan mampu menghilangkan blind spot kita. Keadaan “buta sesaat”, tak tahu apa-apa, tak mampu bertindak apapun pasti seringkali kita alami. Cara terbaik yang bisa kita lakuin ga lain,,ga bukan adalah istighfar.

Blind spot juga ngajarin bahwa apapun yang kita lakukan tidak harus diukur dari apa dan berapa hasil yang kita peroleh. Tidak semua yang kita kerjakan dan yang kita lakukan akan berbuah kesuksesan. inget, kalo Allah juga nilai prosesnya.

So, What've to do?

Pecaya deh, ada saat-saat dimana kita butuh oang lain. Nah, bisa jadi itulah blind spot kita. Yang perlu kita sadari adalah Kita hanya bisa melihat Blind Spot kita dengan uluran tangan orang lan. Kita bukan manusia sempurna. Maka biarkan orang lain menjadi “mata” untuk kita di area blind spot yang kita miliki. Agar kita tetap bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat.

semoga bemanfaat... #HalaMadrid :)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D