Wednesday, August 2, 2017

8 Langkah Wajib Orang Tua Kembangkan Keterampilan Sosial Anak



There is no friendship, no love, like that of the parent for the child. ~Henry Ward Beecher~

Quote Henry Ward ini tepat banget ya! Bisa dibilang nggak ada persahabatan, cinta atau kasih sayang di dunia ini seperti kasih sayang orang tua pada anaknya. Orang tua rela mengorbankan apapun yang mereka punya demi kebahagiaan dan masa depan anaknya, right?

Masa depan yang cerah, nutrisi yang cukup, dan attitude yang baik adalah harapan setiap orang tua pada buah hatinya. Tapi rasanya, hal itu tidak mungkin terwujud kalau orang tua tidak punya pengetahuan yang tepat mengenai pola asuh serta pemenuhan nutrisi anak sejak dini. Makanya penting banget para orang tua selalu upgrade pengetahuan tentang parenting dan gizi. 

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu bertempat di Hotel Santika Premier, saya berkesempatan menghadiri parenting seminar SGM yang bertajuk "Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju". Selain bisa sharing dengan ibu hebat yang lain, saya juga dapet ilmu parenting tentang kemampuan sosial anak dari Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S. Psi., M.Si., Psi.


Psikolog Anna dan MC Cici Panda
Dok SGM Eksplor

Acara seminar dibuka oleh MC kondang Cici Panda, yang juga seorang ibu dari buah hatinya. Cici Panda ramah menyapa para audiens dengan menanyakan seputar perkembangan si kecil. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Psikolog Anna tentang keterampilan sosial yang harus dimiliki anak, yang tentunya bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. 

Apa aja sih keterampilan sosial yang harus dimiliki anak?
  • Berteman dan bekerja sama
  • Berkompetisi sehat
  • Sabar menunggu (mengantre)
  • Sopan santun
  • Selesaikan atau damaikan pertengkaran
  • Marah tanpa ganggu orang lain
  • Ikut aturan
  • Peduli terhadap yang sakit/kekurangan
Lalu apa aja sih langkah yang harus dilakukan orang tua agar buah hati memiliki keterampilan sosial di atas?

Ada 8 langkah yang harus dilakukan orang tua dalam mengembangkan keterampilan sosial anak yang dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu:
  • Tahap awal
  1. Orang tua harus menjalin kedekatan dengan anak
  2. Tumbuhkan rasa percaya anak pada orang tua
  3. Anak harus diajarkan hidup mandiri
  • Tahap lanjutan
  1. Orang tua harus bisa mengenali emosi anak.
  2. Anak harus diajarkan bagaimana menjaga dirinya sendiri
  3. Berkomunikasi intensif dengan anak, agar kemampuan komunikasi anak semakin meningkat.
  4. Ajarkan anak untuk fokus/berkonsentrasi dan juga berimajinasi
  5. Ajarkan anak untuk berempati pada sesama.
pic by sayangianak.com

Menurut Psikolog Anna, pada masa awal kehidupan anak, orang tua wajib mendapingi si kecil dengan melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat. Orang tua harus ingat bahwa menjadi Anak Generasi Maju, maka harus ada 3 kondisi yang dipenuhi, yaitu:
1) Si kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik
2) Si kecil mampu mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitasnya.
3) Perkembangan emosinya tumbuh dengan baik, dan tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan mandiri.


Nah, hal itu juga yang menjadi komitmen SGM dalam memberikan dukungan terbaik bagi orang tua dalam mempersiapkan si kecil menjadi Anak Generasi Maju. Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, "Kami memahami perjuangan para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si kecil. Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orang tua Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si kecil."



Antusiasme para Bunda yang hadir

Sayangnya, karena keterbatasan waktu dan antusiasme para bunda yang hadir, saya jadi nggak sempat mengajukan pertanyaan yang bisa dijawab langsung oleh psikolog Anna. Tapi, bunda yang duduk di sebelah saya, nyolek saya dan bilang ga usah khawatir ga sempet bertanya, karena kita bisa bertanya kapan aja tentang perkembangan buah hati, dari mulai parenting sampai nutrisi si kecil ke Fan Page Facebook Aku Anak SGM. 

Pas denger hal itu saya excited banget dong. Akhirnya saya tanya-tanya, ada apa aja sih di FP Facebook Aku Anak SGM. Daaan ternyata saya ketinggalan info 🙈😖*tepok jidat*

Di Fan Page Facebook Aku Anak SGM, banyak banget informasi dan edukasi yang bermanfaat banget untuk para orang tua, karena di dalamnya ada video edukasi, tips seputar mendidik anak, pemberian nutrisi yang tepat, bahkan ada layanan live chat dengan para ahli di bidang parenting dan nutrisi. 
Dan bener banget, begitu si bunda samping saya jelasin, saya langsung buka Fan Page Aku Anak SGM dan baca-baca postingannya. Kerennnn!!! 👍👍

Dok SGM Eksplor
Saya kira cuma ada Fan Page Facebook aja, tapi ternyata SGM juga punya website www.akuanaksgm.co.id yang menjadi tempat orang tua mendapat ilmu dan tips terkait dengan nutrisi dan pola asuh Anak Generasi Maju. Jadi, di website baru SGM, orang tua bisa mendapat informasi melalui 3 pilar utama, yaitu: pilar nutrisi, edukasi, parenting dalam mendukung si kecil menjadi anak generasi maju. Selain itu, orang tua juga bisa saling support dengan berbagi video cerita inspirasi tentang perjuangan dalam membesarkan buah hatinya.









3 comments:

  1. Semoga kita bisa berperan dalam mendidik si kecil menjadi generasi maju, yang sehat, berkreatifitas dan pintar bergaul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bunda Ria Bilqis,

      aamiin aamiin, smoga buah hati kita tumbh menjadi Anak Generasi Maju yaa Bunda Ria

      Delete
  2. Wah terima kasih mba. Saya serasa diingatkan dengan ilmu yang satu ini. Terkadang kalau lagi sibuk, masih sesekali nggak sengaja ga fokus denger cerita anak. Astagfirulloh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D