Sunday, August 20, 2017

Novartis Hadirkan Solusi Ampuh Atasi Psoriasis


Punya kulit bersih dan sehat bagi penderita psoriasis adalah sebuah impian. Karena dapat berenang di tempat umum dengan bebas, menggunakan celana pendek, dan tidak harus lagi menutupi ruam merah di kulitnya. Itulah yang dituturkan salah satu dokter gigi yang juga pejuang psoriasis.

3 pembicara saat menjawab pertanyaan dari para hadirin

Beberapa waktu lalu, saya menghadiri acara "Novartis, Redifining Psoriasis Treatment" di Hotel Westin. Banyak banget ilmu dan pengetahuan seputar psoriasis yang awalnya nggak saya ketahui.

Acara dibuka dengan video drg. Rio Suwandi, pejuang psoriasis yang berhasil survive dan melanjutkan pekerjaannya sebagai dokter gigi. Videonya sangat menyentuh hati saya. Ternyata, walaupun psoriasis bukanlah penyakit mematikan, namun orang-orang disekitarnyalah yang berpotensi 'membunuh' penderita psoriasis. 

Video testimonial dari drg. Rio Suwandi, Survivor Psoriasis
Tekanan yang begitu besar membuat drg. Rio beberapa kali ingin mengakhiri hidupnya. Beruntung ia memiliki ibu yang hebat dan selalu mensupportnya hingga bisa sembuh dari psoriasis. "Hidupmu terlalu berharga untuk mati sekarang, anakku", kata-kata itulah yang nyatanya menguatkan drg. Rio hingga kini. 

dr. Danang Tri Wahyudi sedang menjelaskan tentang psoriasis
Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan psoriasis oleh dr. Danang Tri Wahyudi, SpKK, Spesialis Dermatologi dari Rumah Sakit Dharmais

Apa sih Psoriasis itu?

Psorisasis yang menyerang kulit kepala
Pic by healthline.com
Psoriasis adalah penyakit autoimun yang tidak menular. Berdasarkan laporan WHO (2013) penyakit ini diderita sekitar 2% dari populasi dunia dan memengaruhi 1-3% populasi Indonesia. Bentuk paling umum dari psoriasis adalah terlihat ruam merah yang timbul dengan sisik keperakan dan sel kulit mati bertumpuk di berbagai bagian tubuh terutama oada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Penyakit tidak menular ini biasanya terjadi pada orang dewasa, walaupun ada juga beberapa kasus pada anak-anak dan remaja. 

Psoriasis dapat bersifat ringan, sedang, ataupun berat. Tergantung dari seberapa besar area ruam merahnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang dengan psoriasis memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, dan darah tinggi.

Apa sih Penyebab Psoriasis?
Penyebab psoriasis tidak diketahui tetapi faktor genetik dan kelainan imunologi dapat memengaruhi timbulnya penyakit ini. Selain itu juga ada faktor luar yang berperan sebagai pencetus psoriasis, yaitu stress psikologik, konsumsi alkohol, merokok, sinar matahri, infeksi bakterial, trauma fisik dan adanya gangguan metabolisme.

Milan Paleja memperkenalkan Secukinumab,
terobosan baru dari Novartis untuk penderita Psoriasis
Pembicara kedua pada acara ini adalah Bapak Milan Paleja, General Manager Pharma, President Director Novartis Group Indonesia. Beliau menuturkan bagaimana Novartis concern terhadap penyakit psoriasis.


Novartis adalah layanan kesehatan bagi pasien dan komunitas yang kebutuhannya terus berkembang. bermarkas di Basel, Swiss, Novartis menawarkan portofolio yang terdiversifikasi untuk secara tepat menjawab kebutuhan mengenai pengobatan yang inovatif, produk generik dengan harga efisien, pengobatan biosimilar, dan perawatan mata. 

Nah, salah satu terobosan baru yang Novartis tawarkan sebagai solusi penyembuhan psoriasis adalah Secukinumab

secukinumab injection dari Novartis
pic by healthncare.info

Secukinumab adalah obat biologis-protein dengan rekayasa genetis yang didapatkan dari gen manusiayang dirancang untuk menghambat komponen spesifik di sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan inflamasi. Secara sederhana, obat ini bereaksi dengan menghambat siklus respon daya tahan tubuh terhadap psoriasis.

Lalu apa upaya pemerintah dalam mengatasi psoriasis di Indonesia?

Hal itu dijawab langsung oleh Dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM., Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM,
sedang menerangkan langkah-langkah pemerintah terhadap psoriasis

Psoriasis juga merupakan masalah kesehatan di Indonesia, karena itu pemerintah telah membuat kebijakan dan strategi dalam pencegahan dan pengendalian psoriasis yaitu:
  1. Penyusunan buku Pedoman Penanggulangan Psoriasis serta Penyusunan dan Modul Pelatihan Penanggulangan Psoriasis dan Lupus Entermatosa Sistemik bagi Tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.  
  2. Promosi Kesehatan yang dilakukan melalui kegiatan advokasi, sosialisasi, pemberdayaan masyarakat dan informasi melalui media. Pemberdayaan masyarakat ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan dan berperan aktif dalam penanggulangan psoriasis.
  3. Kemitraan dilakukan oleh lintas sektor maupun lintas program melalui jejaring kerja dan kemitraan untk mendukung dan memperkuat penanggulangan psoriasis.

Clear skin is no longer a dream with secukinumab from Novartis ^_^


1 comment:

  1. penyakit ini emang baru trending apa aku nya yang baru tahu ya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D