Tuesday, August 22, 2017

...

Sambut Hari Kemerdekaan, Aston Marina Ancol Gelar Pameran Lukisan Sarnadi Adam


Painting is just another way of keeping a diary ~ Pablo Picasso
Jika biasanya memperingati hari kemerdekaan identik dengan lomba-lomba Agustusan, maka hal lain justru dilakukan oleh Aston Marina Ancol

Seperti kata Pelukis Maestro Pablo Picasso, Lukisan adalah bentuk lain dalam mengabadikan kenangan, Aston Marina Ancol menggelar pameran Lukisan bertajuk "Betawi dalam Lukisan Sarnadi Adam", dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia. Sungguh hal berbeda yang patut diacungi jempol.


Berkolaborasi dengan Merpati Training Center dan Women Radio, Pameran Lukisan Sarnadi Adam yang digelar Aston Marina Ancol ini berlangsung dari tanggal 15 sampai 25 Agustus di area Lobby dan dibuka untuk umum. Beruntungnya saya menjadi bagian dari Blogger Crony Community yang mendapat kesempatan menghadiri pembukaan pameran lukisan Sarnadi Adam di Aston Marina Ancol.

Acara dibuka oleh MC cantik yang mengenakan kebaya khas Betawi, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Secara singkat saya semuanya rangkum dalam Vlog berikut ini 😉



Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Paundra Hanutama, Marketing Communications Manager Aston Marina Ancol.
"Kami memamerkan koleksi Lukisan Betawi karya Sarnadi Adam, khususnya lukisan yang bertema merah putih atau kemerdekaan agar masyarakat Indonesia, bisa menikmati, menghargai dan mengapresiasi karya bangsa kita secara keseluruhan".
Paundra Hanutama saat memberi sambutan
Sambutan kedua, oleh perwakilan dari Merpati Training Center kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari sang Pelukis Sarnadi Adam
"Dalam pameran ini saya menghadirkan 26 lukisan bertema kebudayaan Betawi. 12 diantaranya mengambil tema tentang kehidupan para penari Betawi. Kita tahu bahwa kehidupan tradisi merupakan perjuangan tersendiri bagi para pelaku-pelaku keseniannya, untuk itu dengan saya melukiskan penari ini, semoga mereka dapat perhatian yang penuh dari pemerintah".
Sarnadi Adam saat memberi sambutan
Sambutan berikutnya dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Oesman Sapta Odang, Beliau sangat berterimakasih kepada para sponsor, khususnya Aston Marina Ancol yang bersedia turut serta dalam acara ini. Beliau juga menuturkan, kalau tidak ada apresiasi yang tinggi dari masyarakat, maka pelukis-pelukis Indonesia akan mati dan sejarah serta kenangan tak lagi dihargai. 


Ketua DPD Oesman Sapta Odang
mengucapkan terimakasih pada Aston Marina Ancol

Betawi dalam Lukisan Sarnadi Adam

Setelah proses pengguntingan pita tanda dibukanya pameran ini, para pengunjung dipersilakan menikmati karya-karya indah Sarnadi Adam yang dipamerkan. Ada 26 lukisan dan 2 patung penari Betawi. Dominasi warna merah dan kuning hampir mendominasi lukisan penari-penari Betawi. 


prosesi pengguntingan pita, tanda dibukanya pameran
Bagi saya lukisan bukan hanya goresan kuas dan sapuan warna cat di atas kanvas, tapi ada makna dan cinta di dalamnya. Seperti dalam lukisan Sarnadi Adam, semua pengunjung yang menikmati karyanya pasti sepakat dengan saya, bahwa dalam karya lukisan Sarnadi Adam terlihat kecintaan yang besar akan budaya dari tempat dimana Ia dilahirkan. 



Pada acara kemarin, saya juga sempat berbincang santai dengan beliau. "Aliran Dekoratif", jawab beliau saat saya tanya tentang aliran dalam lukisannya. Beliau menjelaskan aliran dekoratif adalah aliran yang berfokus pada perspektif garis dan warna hingga membentuk suatu paduan yang indah dan bermakna. 


Pak Sarnadi dengan antusias menjelaskan tentang lukisannya pada saya

Lukisan Sarnadi Adam bukan hanya indah, tapi juga memiliki nilai edukasi yang tinggi khususnya untuk generasi muda Indonesia agar tetap mengenal sejarah dan melestarikannya. 


lukisan berjudul "Penari Betawi" karya Sarnadi Adam

lukisan berjudul "Tiga Penari Betawi" karya Sarnadi Adam


Aston Marina Ancol Rutin Gelar Acara Bertema Kebudayaan dan Lingkungan

Sebenarnya ini bukan kali pertama Aston Marina Ancol, menggelar acara bertema kebudayaan, lingkungan atau sesuatu yang memiliki manfaat besar untuk masyarakat. Saya beberapa kali menjadi bagian dari acara-acara yang digelar Aston Marina Ancol yang memiliki kontribusi besar bagi Indonesia. 
Baca juga : Hotel Aston Marina Ancol Turut Serta dalam Upaya Selamatkan Bumi Melalui Earth Hour 2017
Acara ini bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat Indonesia, saya juga melihat bagaimana para turis asing yang menginap di Aston Marina Ancol excited melihat pameran lukisan bertema kebudayaan Betawi, bahkan mereka kerap mengabadikannya dengan foto dan video melalui ponsel pintar. Terlihat kekaguman terpancar dalam wajah mereka. Saya yakin, melalui pameran ini, karya anak bangsa juga akan semakin bersinar di dunia Internasional.


antusiasme pengunjung menikmati pameran lukisan di Aston Marina Ancol

Mengenal Sarnadi Adam

Pameran ini dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan terhadap Sarnadi Adam atas karya-karya besarnya terhadap bangsa Indonesia. Sarnadi Adam adalah seorang seniman berkebangsaan Indonesia yang dikenal melalui karya-karyanya dalam bentuk senirupa. Beliau pernah mendapat undangan untuk mengadakan pameran lukisan di beberapa negara Eropa seperti Belanda, Amerika Serikat, dan Argentina. 


lukisan berjudul "Kepala-kepala, Tangan-tangan dan Kaki-kaki Penari Betawi"
(Pak Oesman sangat tertarik dengan lukisan ini dan membelinya untuk dipajang dikantornya)

Sarnadi Adam memiliki berbagai cara dalam mengabadikan kebudayaan Betawi, baik lingkungannya, individu sampai komunitas yang ia tuangkan dalam lukisannya. Berbagai penghargaan sudah diraih Sarnadi Adam, mulai dari pelukis terbaik Jakarta tahun 2000 yang diberikan oleh Pemda DKi Jakarta, hingga Satya Lencana Karya ke-X tahun 2000 dan ke-XX tahun 2011. Selain melukis, Sarnadi Adam juga aktif mengajar di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.


Paundra Hanutama (ujung kanan) berfoto bersama dengan Pak Oesman (tengah)
dan perwakilan dari DPD
(pic by @astonmarinaancol)


Sekilas Tentang Aston Marina Jakarta

Aston Marina Jakarta adalah salah satu Hotel di bawah naungan Archipelago International, yang telah beroperasi sejak tahun 2008 dengan mengusung desain minimalis modern dengan nuansa warna kayu. Dengan lokasi yang prima, di tengah jantung area Jakarta Utara yang berada di jalan Lodan Raya, hanya berjarak tempuh waktu 25 menit perjalanan menggunakan mobil dari Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta. Hal ini menjadikan Aston Marina sebuah tempat yang enak dan nyaman untuk menginap, mengadakan seminar, pelatihan, pernikahan atau tempat tinggal sementara di Jakarta Utara.


Aston Marina Ancol tampak depan, indah yaa ^_^
(pic by @astonmarinaancol)

Ini lho, dekorasi kamar di Aston Marina Ancol, nyaman yaa ^_^
(pic by @astonmarinaancol)

Dilengkapi dengan 36 kamar yang terdiri dari tupe 1,2, dan 3 kamar tidur, Aston Marina juga memanjakan seluruh tamu dengan fasilitas tambahan seperti koneksi internet gratis untuk seluruh area dan fasilitas antar jemput setiap hari dengan tujuan Ancol - Mangga Dua. Seluruh fasilitas tambahan ini diberikan secara gratis untuk seluruh tamu yang menginap.


Keramahan dan loyalitas staff adalah kunci utama kualitas Aston Marina Ancol
(pic by @astonmarinaancol)

Aston Marina Jakarta

Jl. Lodan Raya No. 2A Jakarta 14430
+6221 698 37 120




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D