Saturday, September 2, 2017

Danone Berikan Cuti Melahirkan 6 Bulan Melalui Parental Policy


Memiliki buah hati yang sehat, cerdas dengan tumbuh kembang optimal tentu dambaan setiap orang tua. Segala cara pasti dilakukan, mulai dari pemberian nutrisi hingga aspek kesehatan. Tapi, seiring dengan hal itu kebutuhan ekonomi keluarga juga semakin meningkat. Sehingga ibu harus tetap melanjutkan pekerjaannya.

Padahal, tumbuh kembang anak yang optimal tidak cukup hanya dari nutrisi saja lho. Bonding atau kedekatan dengan orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting. Berbagai kendala tentu dihadapi ibu hamil dan menyusui dalam bekerja. Sehingga terkadang mereka memilih untuk resign, dengan alasan tidak mendapat support dari perusahaan tempatnya bekerja.

Sayang ya, padahal kalo kita cermati, peran ibu sebagai 'agen pembangunan' itu luar biasa lho. Tanpa adanya ibu, maka tak akan ada penerus penerus bangsa. Tanpa adanya jasa ibu mustahil lahir generasi-generasi yang akan menjadi tonggak perjuangan negara ini.

Parental Policy Danone

Atas dasar itulah, Danone menggelar diskusi bersama pakar dengan topik, "Tumbuh Kembang Anak dan Kebijakan Perusahaan". Bertempat di Double Tree Hotel, 29 Agustus lalu, para media dan blogger memaknai kembali peran ibu sebagai Agen Perubahan dan bagaimana perusahaan mengapresiasinya.


Danone melalui program Parental Policy, memberikan cuti melahirkan selama 6 bulan. 3 bulan sebelum melahirkan dan 3 bulan setelah melahirkan. Bahkan bukan cuma itu, Danone juga memberikan cuti 10 hari untuk karyawan laki-laki untuk mendampingi sang istri bersalin dan merawat buah hatinya di awal kehidupan.

Bapak Evan Indrawijaya, selaku Direktur HR Danone ELN Indonesia menegaskan komitmen tinggi dari Danone untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak dalam pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik. Hal tersebut diwujudkan dalam kebijakan 'Parental Policy'.

Kebijakan Parental Policy Danone merupakan terobosan baru dalam dunia kerja di Indonesia dimana UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 pasal 82 mengatur mengenai cuti hamil dan melahirkan yang diberikan hanya selama 3 bulan. 

Program Parental Policy lain yang tidak kalah manfaatnya adalah adanya Duta Gizi di setiap kantor dan pabrik Danone. Duta Gizi adalah karyawan terpilih, yang mempunyai tugas tambahan memastikan karyawan perempuan yang sedang hamil telah memberikan nutrisi yang cukup untuk kandungannya, sehingga anak dan ibu selalu dalam kondisi sehat dan optimal. 

Pic by Sarihusada
Selain cuti hamil dan melahirkan, inisiatif lain untuk mendukung 1000 Hari Pertama Kelahiran yang optimal, Danone Indonesia juga menyediakan ruang laktasi di setiap kantor dan pabrik yang dimiliki Danone. Fasilitas ruang laktasi disediakan agar para karyawan perempuan dapat memberikan ASI eksklusif kepada anak agar dapat mendukung pemenuhan nutrisi di 1000 HPK.

Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI), Luhur Budiapso menjelaskan bahwa anak merupakan stakeholder atau pemangku kepentingan yang sangat penting bagi dunia usaha. Untuk itu salah satu komitmen APSAI adalah membantu pemerintah mewujudkan perlindungan atas hak anak dan mendampingi perusahaan-perusahaan untuk lebih ramah anak dengan mengaplikasikan Prinsip dan Kriteria Perusahaan Layak Anak (P&K PLA) yang diadopsi dan diadaptasi dari Childrens Rights and Business Principles (CRBP) yang meliputi kebijakan manajemen program maupun produk yang layak anak.

Kebijakan pemberian cuti hamil dan melahirkan yang dimiliki oleh Grup Danone di Indonesia merupakan salah satu contoh perusahaan ramah anak dan mendukung tumbuh kembang anak dari sisi kebijakan manajemen. 

Dr. dr. Rini Sekartini SpA(K) juga menjelaskan, jika seorang anak tidak terpenuhi asupannya, mulai dari nutrisi, kesehatan serta kurangnya kasih sayang, maka dampak yang terjadi pada perkembangan anak akan bersifat permanen, seperti gangguan pertumbuhan tinggi badan, kecerdasan otak yang menurun, hingga kurangnya kepercayaan diri sang anak. Selain itu, peran menyusui juga sangat penting karena selain memenuhi kebutuhan nutrisijuga untuk meningkatkan bonding atau kedekatan antara ibu dan anak.



Di acara kemarin, banyak sekali blogger yang antusias dan mengucapkan rasa terimakasih dengan adanya Parental Policy Danone, para wanita seolah lebih diperhatikan. Bahkan banyak blogger yang terang-terangan bilang ingin melamar kerja di Danone, hihihi lucu ya. Kira-kira kamu punya pengalaman seputar cuti melahirkan nggak dears? Share di kolom komen dong ^_^







10 comments:

  1. Replies
    1. Hai Andreoid,

      Nggak juga sih, banyak juga laki laki yang hadir, terutama orang media.

      Delete
  2. Aku sih dulu blm mengalami cuti melahirkan, setelah menikah lngs resign dr perusahaan. Tp pengalaman temenku dulu cuma diberi 1 bulan cuti melahirkannya, uuhhh ga enak banget ya, tidak seperti Danone nih. Masih ada lowongan kerja ga ya di Danone jd mupeng nih. Hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Melysa Luthiasari,

      Betul mba, bukan cuma temen mba yang merasakannya. banyak banget ibu bekerja lainnya yang punya permasalahan yang sama. beruntung banget akhirnya Danone meluncurkan program PArental Policy.

      Delete
  3. Kalo setiap kantor memiliki ruang Laktasi pasti kita lebih nyaman saat memerah Asi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Echi Mustika,

      Iyaa pasti nyaman banget, biasanya ruang laktasi juga menyediakan kursi empuk dan kulkas untuk menyimpan ASInya.

      Delete
  4. Pengalamanku dulu baru cuti seminggu sebelum HPL��, dan agak kesulitan memerah asi yaitu memerahnyandi mushola atau toilet.Smga semakin banyak perusahaan seperti Danone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Uci,

      Wahh, perjuangan banget ya mba, merahnya sampai di toilet yang belum tentu terjamin kebersihannya. Aamiin aamiin semoga semakin banyak perusahaan yang mengikuti kiprah Danone.

      Delete
  5. Setelah baca tulisan ini, bakalan banyak yang pengen kerja di Danone ya rasanya haha. kebijakan yang patut diapresiasi yo mba, smoga makin banyak ibu yang melahirkan dengan sehat lancar dan juga melahirkan generasi-generasi cerdas dan sehat dengan adanya kebijakan ini, Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Melinda Niswantari,

      Betul mba, banyak lho blogger yang mau daftar jadi karyawan Danone. Aamiin aamiin, semoga dengan adanya Parental Policy, makin banyak ibu yang dapat memberikan tumbuh kembang anak dengan optimal.

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D