Tuesday, September 12, 2017

...

Kemudahan Investasi Dunia Akhirat Melalui Fitur Baru Berwakaf


Life is not about getting and having, it's about giving and being.
Bicara tentang hidup, apa sih yang kita cari dalam hidup ini???

Hampir sebagian orang mencari kesuksesan dan kekayaan. Tapi apakah dengan kesuksesan dan kekayaan lantas membuat hidup kita bahagia?
Sepertinya nggak ya. Buktinya banyak orang kaya yang hidupnya nggak tenang, harus sewa bodyguard, tidur nggak nyenyak karena memikirkan banyak hal. Sementara orang yang hidupnya sederhana kadang bisa tidur nyenyak tanpa beban. Karena sejatinya bahagia itu bukan melulu soal harta tapi juga soal berbagi pada sesama. 

Berbicara tentang berbagi, sudah paham dong ya dengan konsep sedekah?
Jadi sedekah itu terbagi menjadi 3, ada infak, zakat dan wakaf.


  • Infak adalah pemberian yang sifatnya sukarela dan nominalnya tidak ditentukan.
  • Zakat adalah pemberian yang nominal, waktu dan penerimanya sudah ditentukan dalam alquran. 
  • Sedangkan Wakaf adalah sedekah yang pahalanya mengalir terus sepanjang kebermanfaatannya.
Pengalaman bekerja di salah satu lembaga amil zakat membuat saya cukup paham dengan konsep berbagi. Dan pengalaman spesial mengenai wakaf pernah saya alami saat saya bekerja di sana. Kala itu, ada seorang kakek datang kepada saya, dan mengungkapkan keinginannya untuk mewakafkan hartanya, tapi kemudian hal tersebut ditentang anaknya dengan alasan kondisi ekonomi mereka sedang memburuk. Anaknya juga khawatir, tak mendapatkan warisan/peningalan dari orang tuanya jika hartanya diwakafkan.

Hal tersebut sungguh menggelitik relung hati saya. Bagaimana mungkin keinginan mulia orang tua dapat ditentang oleh anaknya sendiri? Dan ternyata, hal yang saya alami bukan kali pertama. Banyak kasus serupa yang bahkan sampai di blow up media. 

Cukup lama saya mencari apa jalan keluar dari masalah ini. Menurut saya, wakaf memang bertujuan mulia, tapi juga jangan sampai niat mulia wakaf justru berubah menjadi perpecahan keluarga.

Bak gayung bersambut, Allah seperti menjawab doa saya. Masalah mengenai wakaf yang saya hadapi beberapa waktu lalu terjawab sudah. Walaupun saya sudah tidak lagi bekerja di lembaga amil zakat tersebut, tapi saya rasa hal ini penting untuk saya ketahui dan saya sampaikan ke orang lain. Bertempat di The Hook Cafe Senopati, Sun Life Financial Syariah menggelar acara bertema "Mudahnya Berwakaf Melalui Asuransi Syariah".

Materinya sangat menarik bagi saya, karena ternyata inilah jawaban yang selama ini saya cari. Dalam acara tersebut, hadir pembicara luar biasa yang memberikan pengetahuan seputar wakaf dan asuransi syariah; 

  • Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia 
  • Achmad Emir Farabie, Senior Manager Digital and Social Media Marketing Sun Life Finacial Indonesia 
  • H. M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia.

Menurut Pak Nadratuzzaman, saat ini banyak kemudahan dalam berwakaf, salah satunya adalah wakaf tunai. Wakaf tunai adalah wakaf yang dilakukan seseorang dalam bentuk tunai, seperti; uang, surat berharga, cek, saham dan lain-lain. Wakaf tunai juga dinilai memiliki fleksibilitas dan kemaslahatan besar yang tidak dimiliki benda lain. 


H. M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia
Di beberapa negara Islam lain, Wakaf tunai ini sudah mulai digalakkan. Bahkan sejumlah peneliti keuangan menilai, wakaf tunai ini dapat menjadi solusi dalam pemberdayaan ekonomi nasional dalam mengentaskan kemiskinan. Hal itulah yang akhirnya mendasari Sun Life Financial meluncurkan kemudahan berwakaf dalam produk asuransi syariah.


Pilih Diwakafkan atau Diwariskan untuk Masa Depan Keluarga?

Berkaca dari pengalaman kerja saya, banyak orang tua yang saya temui mengalami dilema. Mereka memiliki keinginan besar untuk berwakaf, tapi juga ingin mewariskan harta yang dimilikinya untuk masa depan keluarganya. Kini hal itu bukan sebuah pilihan lagi, tapi sebuah paket kesinergian yang bisa kita lakukan secara bersamaan. 

Kemudahan berwakaf dalam asuransi syariah Sun Life Finacial ini menjadi solusi bagi muslim yang ingin berwakaf tapi juga ingin memastikan masa depan keluarganya terjamin dengan baik. Kalau bisa keduanya kenapa harus pilih salah satu, ya kan?

Melalui manfaat wakaf dalam asuransi syariah ini, Sun Life tidak hanya menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, namun juga dapat memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah, khususnya berwakaf. Nasabah dapat berwakaf dengan menggunakan manfaat asuransi dan manfaat investasi yang dimilikinya. 


Halalkah Berwakaf melalui Asuransi Syariah?

Pertanyaan ini dapat terjawab jika kita sudah paham perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional. Pak Nadratuzzaman menjelaskan bahwa asuransi syariah berbeda pengolahan dananya dengan asuransi konvensional, sehingga wakaf dalam asuransi syariah halal dan dibolehkan dalam islam. 

Selain itu, beliau juga menekankan bahwa melalui program wakaf dalam asuransi jiwa syariah Sun Life Financial, masyarakat mendapat dua keuntungan, keuntungan dalam berinvestasi di dunia dan investasi di akhirat.




Saya jadi membayangkan, seandainya kemudahan wakaf dalam asuransi syariah ini sudah ada sejak dulu, maka tidak akan ada pertengkaran orang tua dan anak mengenai wakaf yang saya temui beberapa tahun lalu. Karena itu, apresiasi yang besar saya sampaikan kepada Sun Life Financial yang menjadi pionir dalam memberikan kemudahan berwakaf dalam asuransi syariah.

Lalu Apa Saja Manfaat Berwakaf Melalui Asuransi Sun Life Finacial Syariah?

Bu Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia

Melalui asuransi syariah Sun Life, peserta asuransi bisa mewakafkan manfaat asuransinya hingga maksimal 45% dari santunan asuransi dan mewakafkan manfaat investasinya hingga maksimal sepertiga dari total kekayaan dan atau harta warisan (tirkah). Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI, dan berdasarkan fatwa itu, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

Manfaatnya antara lain:

  • Investasi dunia dan akhirat
  • Dapat berwakaf sekaligus memberi warisan untuk ahli waris
  • Aman, karena mitra wakaf yang terdafatar di Pemerintah dana peserta akan dikelola dengan profesional sesuai hukum yang berlaku
  • Semua polis asuransi syariah Sun Life dapat diwakafkan yaitu manfaat asuransi dan/atau manfaat investasinya
  • Peserta dapat memilih lembaga wakaf berizin pemerintah (ada 174 lembaga wakaf)
  • Sun Life langsung mengirimkan manfaat asuransi ke lembaga wakaf dan penerima manfaat
  • Peserta dapat mewakafkan ke lembaga wakaf/lembaga sosial yang terdaftar atas keinginan sendiri sesuai ketentuan underwriting yang telah berlaku
Apa Perbedaan Berwakaf langsung ke Lembaga wakaf dengan Berwakaf Melalui Asuransi Syariah Sun Life?

Mungkin banyak dari kita yang bertanya apa sih perbedaan dari keduanya. Dan ternyata, perbedaannya justru membuat saya semakin mantap berwakaf melalui asuransi syariah ini. Dengan berwakaf melalui polis asuransi syariah Sun Life kita tidak perlu menyetorkan langsung jumlah dana yang ingin kita wakafkan. 



Yah, seperti saya ini misalnya. Dari dulu saya bercita cita ingin berwakaf 500 juta untuk daerah sekitar tempat tinggal saya. Tapi apa daya, nominal wakaf yang ingin berikan belumlah ada seluruhnya. Tapi kini itu bukan masalah, wakaf melalui asuransi syariah Sun Life saya tidak perlu menyetorkan langsung 500 juta, cukup hanya memiliki polis asuransinya saja. 

Lalu kemana penyaluran wakaf asuransi syariah Sun Life?

Ada 174 lembaga wakaf berizin yang bisa kita pilih. Dan semuanya dikelola secara baik dan profesional sesuai dengan hukum yang berlaku. Beberapa contoh lembaga wakaf yang kredibel yang bisa kita pilih adalah Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan lain-lain. Rumah Sehat Dompet Dhuafa adalah salah satu contoh aplikasi dana wakaf. Rumah sehat tersebut dapat dinikmati secara gratis untuk masyarakat tak berpunya. 



Sebenarnya ini bukan kali pertama Sun Life Finacial menorehkan prestasinya. Sebelumnya telah banyak prestasi-prestasi lain yang diraih Sun Life dalam upaya memberikan proteksi dan perlindungan untuk masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu saja, pemerintah dan MUI bahkan mendukung penuh langkah Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengumpulan dana wakaf. Bisa dibayangkan, jika muslim di Indonesia sadar akan manfaat dan keberkahan berwakaf #LebihBaik dan proteksi dari asuransi syariah, maka bisa dipastikan pemberdayaan ekonomi nasional akan mengalami peningkatan.


Sun Life Financial Indonesia
www.sunlife.co.id
Facebook: SunLifeIndonesia
Twitter: @Sunlife_ID
Instagram: @Sunlife_ID
Youtube: Sun Life Financial ID

Gimana dears, sudah yakin dengan kemudahan berwakaf di asuransi syariah Sun Life? Kira-kira kamu ada pengalaman seru seputar Berwakaf #LebihBaik dan asuransi syariah nggak? Share dong di kolom komen ^_^ 





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D