Sunday, September 17, 2017

Jokowi Resmikan Gedung Perpustakaan Tertinggi di Dunia


Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan ~ Abdurrahman Wahid
Perpustakaan bagi saya seperti surga, di mana semua yang ingin kita tahu tersedia di sana. Hobi membaca saya, memang sudah tumbuh sedari kecil. Makanya nggak heran kalau apapun pasti saya baca, dari mulai buku, koran, sampai kertas bungkus cabe dan gorengan.

Dulu saya seringkali terpukau dengan desain perpustakaan di negara-negara lain dan berharap andai saja Indonesia punya perpustakaan yang tidak kalah keren dengan yang ada di sana. Seperti my dream come true, perpustakaan nasional dengan gedung baru berdesain keren dan tinggi menjulang kini resmi dibuka. 

undangan masuk acara peresmian perpusnas (dokpri)

Betapa beruntungnya saya, menjadi bagian dari acara peresmian gedung baru Perpustakaan Nasional yang terletak di Jalan Merdeka Selatan No. 11 dan berada di kompleks bersejarah (silang Monas) yang juga merupakan kawasan Ring Satu pusat pemerintahan. Berdiri di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan luas bangunan 50.917 meter persegi dan tinggi bangunan 126,3 meter, Perpusnas Indonesia di klaim sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. 

Acara peresmian dibuka dengan alunan angklung dari siswa-siswi SMP dan SMA Nasional 1 Bekasi. Alunan angklungnya terasa indah di telinga, seindah pakaian adat yang mereka kenakan. Kemudian dilanjutkan dengan suara indah Kak Ferry Curtis berserta anak-anak dari Bandung yang membangkitkan semangat tamu undangan yang hadir. 


Kak Ferry Curtis dan anak-anak paduan suara 
♫🎶♫ Guru yang hebat senang membaca, anak yang cerdas suka membaca. Pemimpin besar pasti membaca, bangsa yang maju bangsa membaca ♫🎶♫

Sepenggal lirik lagu yang dinyanyikan Kak Ferry dan anak-anak paduan suara, terasa menyentil relung hati saya, karena sebelum hari ini, sudah lama rasanya tidak pergi ke perpustakaan dan melarutkan diri dalam buku-buku kesukaan. Insya Allah sekarang makin rajin deh ke perpustakaan, soalnya desainnya keren sih, nggak kalah sama mal-mal besar di Jakarta ^_^

Gimana nggak keren coba, begitu masuk ambience-nya aja bikin terpukau. Di lobby perpustakaan ada lukisan indah presiden yang pernah memimpin Indonesia seolah menyambut kedatangan kita. Belum lagi rak buku yang tinggi menjulang juga instagramble banget untuk jadi latar foto hehe. Mirip seperti perpustakaan di Hogwart ala film Harry Potter.

Awalnya sempet panik ga dapet sinyal internet, tapi ternyata di perpusnas gedung baru ini, ada koneksi wifi yang kenceng banget lho. Jaringan aktifnya bahkan mampu mentransfer data sampai 100 Gbps. 

Perpusnas gedung baru dengan 24 lantai ini juga ramah difabel, karena memiliki layanan inklusif. Bukan hanya penyadang disabilitas saja, anak-anak dan lansia juga dijamin betah di perpusnas gedung baru ini, karena ada reading area yang di desain colourfull dan ada petugas khusus yang akan mendampingi lansia yang berkunjung. 


Presiden Jokowi sedang memberi sambutan (Dokpri)

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Presiden Jokowi, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi dan Duta Baca Najwa Shihab. Dalam sambutannya Pak Jokowi prihatin dengan minat baca anak-anak yang semakin hari semakin menurun, dengan adanya berbagai fasilitas di perpusnas gedung baru ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak-anak.

Selesai memberi sambutan Pak Jokowi bersama Pak Muhadjir Effendi dan kepala perpunas bersama-sama menekan tombol sirine tanda resmi dibukanya perpusnas gedung baru. Selain itu juga, secara simbolis Presiden Jokowi memberikan mobil dan motor kepada  perpustakan di beberapa daerah Indonesia.


Jokowi menyerahkan mobil dan motor secara simbolis pada perpustakaan daerah 

Perpustakaan sejatinya tidak dapat dipisahkan dari peradaban manusia. Keberadaan perpustakaan adalah keniscayaan dalam kemajuan peradaban dan kebudayaan umat manusia. Dengan adanya perpustakaan gedung baru ini diharapkan mampu menjadi daya dorong percepatan program-program yang mencerdaskan bangsa dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan di mata internasional. 


wefie bersama duta baca, Najwa Shihab

Gimana dears, masih ragu untuk datang ke Perpusnas gedung baru?

7 comments:

  1. Selain koleksi bukunya lebih lengkap dan fasilitasnya yang keren, lokasi Perpusnas juga strategis nih.

    ReplyDelete
  2. Wow, pasti nyaman sekali ya membaca di sana :)

    ReplyDelete
  3. Asikkkk ya perpusnya psti lgkp bgt koleksi bukunya

    ReplyDelete
  4. Whoaaaa kereeeen.. Jadi pengen ngerasain experience baca buku di perpustakan tertinggi deh.. :D

    ReplyDelete
  5. Kereeen, bangga Indonesia punya perpus kayak gini.. :D Semoga makin banyak orang yang termotivasi membaca yaa.. Jadi pingin ke sana :D

    ReplyDelete
  6. Penasaran pengen ke perpustakaan baru ini mba :)/

    ReplyDelete
  7. Menjadi perpustakaan kebanggan indonesia. jadi penasaran lihat langsung perpustakaannya. Dijamin saya bisa betah seharian disini. My fav place, ruangan penuh buku bacaan <3

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D