Monday, September 25, 2017

Punya Ide Seputar Dunia Digital? Yuk Ikut Digital Nation I W I C ke-11


Apa sih yang ada dipikiran kamu kalau mendengar kata "Digital Nation"?

Kata 'Digital' berasal dari bahasa Yunani 'Digitus' yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan jari jemari dan teknologi, sedangkan 'Nation' berasal dari bahasa Inggris yang berarti bangsa. So, kalau digabungin Digital Nation adalah bangsa yang melek digital atau teknologi. 

Indonesia sebagai Digital Nation menjanjikan berbagai kemudahan dan kehidupan yang efisien hanya dengan sentuhan jari. Hal itu tentu didukung oleh aplikasi yang mumpuni dan jaringan internet yang lancar. Bicara soal aplikasi dan jaringan internet, tentu berhubungan dengan perusahaan telekomunikasi.

Dan betapa beruntungnya saya diundang oleh perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo. Tanggal 25 September 2017, bertempat di Digiplanet Medan Merdeka, saya menjadi bagian dari launching IWIC  ke-11 dengan tema "Digital Nation".

Apa sih IWIC itu?

IWIC adalah Indosat Wireless Inovation Contest, sebuah ajang inovasi yang rutin diselenggarakan Indosat Ooredoo guna menumbuhkan dan menemukan minat-minat baru generasi muda di dunia digital. IWIC seperti solusi yang hadir di tengah tingginya tren penggunaan aplikasi mobile Indonesia dengan menghadirkan talenta-talenta muda di dunia digital.

IWIC ke- 11

Digital Nation yang diusung IWIC tahun ini mengajak generasi muda Indonesia dan dunia berkompetisi menciptakan ide dan aplikasi yang tidak hanya bermain di kancah lokal, tapi juga dapat bermanfaat untuk masyarakat secara global.

Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat Ooredoo

Dalam sambutannya Alexander Rusli, selaku President Director & CEO Indosat Ooredoo mengatakan: 
"Tahun ini Indosat Ooredoo tepat berusia 50 tahun. Di usia 50 tahun, Indosat Ooredoo ingin menegaskan kembali komitmennya dalam mewujudkan Indonesia Digital Nation melalui visi Indosat sebagai perusahaan digital terkemuka di Indonesia. Kompetisi IWIC ke-11 ini merupakan ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang mobile pertama dan secara konsisten dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. IWIC mengundang para talenta muda digital di Indonesia dan juga di negara-negara lain untuk berkompetisi ide, kreatifitas, serta inovasi digital untuk mempermudah hidup masyarakat".

Sepuluh tahun penyelenggaraan IWIC telah berhasil mengumpulkan 10.703 proposal ide dan aplikasi digital anak bangsa. Bahkan beberapa dari karya inovatif pemenang IWIC telah dinikmati oleh masyrakat luas.

Lalu apa bedanya IWIC tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya?

Selain mengusung tema Digital Nation, IWIC tahun ini juga menjadi ajang perkenalan developer dengan API Indosat Ooredoo. API atau Application Programming Interface merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. 

API yang disediakan Indosat Ooredoo akan memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan. Tak tanggung-tanggung Indosat Ooredo menargetkan IWIC tahun ini dapat menjaring 10.000 proposal dan aplikasi digital.

Berkenalan dengan Pemenang IWIC tahun lalu.

Pak Alexander, Bu Deva dan para pemenang IWIC tahun lalu
Dalam kesempatan ini, saya juga berkesempatan bertemu dengan pemenang IWIC tahun lalu. Dan betapa terkejutnya saya, ternyata salah satu pemenangnya adalah seorang disabilitas, penyandang tunanetra.

Ia bercerita, awal mengikuti IWIC sebenarnya hanya iseng diajak teman, dan nggak nyangka kalau akhirnya idenya membuat aplikasi membantu para tunanetra, terpilih sebagai pemenang IWIC. Menurut saya, aplikasi buatannya sangat orisinil dan solutif untuk penyandang tunanetra. 

Hanya bermodal kamera smartphone, penyandang tunanetra bisa mengetahui benda yang ada dihadapannya. Cara kerja aplikasinya sederhana, gambar yang diambil melalui kamera smartphone akan dicocokan dengan database lalu kemudian diinformasikan pada pengguna. Keren kan?


Gimana sih cara berpartisipasi di IWIC ke-11?

Program IWIC ke-11 ini terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu: 
  • Kids & Teens 
  • Beginner
  • Professional  
  • Women & Girls
Kategori-kategori tersebut akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (Social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk sistem operasi android, iOS, dan windows mobile.

IWIC ke- 11 juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan roadshow dan gathering komunitas, hackathon, dan bootcamp menjelang grandfinal IWIC. Para Pemenang IWIC akan mendapatkan berbagai hadiah menarik berupa uang tunai senilai total ratusan juta rupiah serta kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global.


sumber: indotelco.com
Gimana dears, tertarik untuk ikut jadi bagian Digital Nation IWIC tahun ini??? Yuk ikutan, kira-kira kamu punya ide apa? Share dong di kolom komen ^_^


5 comments:

  1. Seandainya saya faham dunia digital dan IT, pasti saya akan daftar. Sepertinya sangat menantang ya challenge IWIC ini.

    ReplyDelete
  2. Kalau yang gaptek bisa ikutan kompetisi kirim proposal Ide :D

    ReplyDelete
  3. Siapapun bisa ikutan dengan ide yang bahkan bisa datang tiba-tiba. Keren loh ajang kompetisi yang satu ini...

    ReplyDelete
  4. Salut ya sama peserta yg tunanetra itu. Dan aplikasinya itu ngebantu banget utk tuna netra yg lain.

    ReplyDelete
  5. wah menarik banget acaranya,,semoga kedepannya bisa ikutan...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D