Monday, October 16, 2017

Indonesia Halal Lifestyle Expo & Conference, Tonggak Industri Halal Indonesia


Gaya hidupmu adalah cerminan dirimu.
Pernyataan itu seperti mereview kehidupan saya lagi. Sudah seberapa konsisten saya dengan gaya hidup halal. Walaupun terkesan sepele, tapi kehalala-lah yang nyatanya membawa keberkahan dalam hidup kita. Banyak insight baru yang saya dapat seputar gaya hidup halal dari acara yang beberapa waktu lalu saya hadiri.

Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo & Conference 2017, bertempat di Hotel Sahid Jaya Sudirman, yang menghadirkan beberapa pembicara hebat saya jadi makin paham tentang halal lifestyleIndonesia Halal Lifestyle Center (INHALEC) sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu, dan akan digelar kembali pada 19-21 Oktober 2017 ini, di Balai Kartini Jakarta. 


INHALEC diselenggarakan sebagai tanggapan atas persaingan global di sektor industri halal. Ajang ini juga sekaligus membuktikan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim tak sekedar bisa menjadi konsumen industri halal, tapi juga produsen.

Didukung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Masyarakat Ekonomi Syariah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, dapat dipastikan INHALEC akan memacu laju pariwisata halal di Indonesia. Bahkan pemerintah menargetkan pada 2020 kehadiran wisatawan Muslim dunia untuk datang ke Indonesia sebanyak 5 juta orang dari total 168 juta wisatawan muslim sedunia.

Negara-negara mayoritas penduduknya Nonmuslim seperti Korea, Jepang, Thailand, dan Chile sebenarnya sudah memulai industri ini sejak lama. Negara-negara tersebut berusaha mempromosikan pariwisata halal. Nah, hal yang sama sudah selayaknya dilakukan Indonesia, yakni dengan melihat halal bukan hanya sekedar aturan dalam hukum Islam, namun juga gaya hidup atau lifestyle yang komprehensif.

sumber: inhalec.co

INHALEC mencoba untuk mengisi kesenjangan di bidang pengembangan bisnis halal dengan menyelenggarakan sebuah rangkaian acara meliputi expo yang memamerkan produk halal, konferensi untuk membahas tren global dan kesempatan bisnis industri halal serta penampilan seni dan budaya bernuansa religi yang dikemas dalam nuansa kolaborasi musik etnik dan modern.

sumber: expohalal.com

Secara keseluruhan ada 10 sektor yang akan menjadi bagian dari gaya hidup halal, yaitu: makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan dan kebugaran serta seni dan budaya. Hal itu seolah menjadi bentuk kepedulian INHALEC atas kurangnya informasi mengenai industri halal di Indonesia.

Penasaran dengan INHALEC tanggal 19-21 Oktober nanti? saya jabarkan garis besar programnya ya;

Hari pertama, 19 Oktober 2017

INHALEC dibuka dengan Conference yang membahas tentang “Halal Industry, Cultural and Technology” yang menampilkan pakar-pakar di bidang industri halal sebagai pembicara. Konferensi diagendakan akan dibuka oleh Bapak Bambang Brodjonegoro, Menteri PPN dan Kepala Bappenas/Sekjen KNKS. Diharapkan konferensi ini akan dihadiri oleh 250 peserta dari dalam dan luar negeri.

Selain konferensi, ada juga konser musik spiritual etnik oleh Dwiki Dharmawan Orchestra. Sajian musik religi yang populer di kalangan masyarakat akan dikemas dalam alunan musik kolaborasi modern dan etnik. Konser musik di hari pertama ini akan dimulai pada pukul 19.00 di Nusa Indah Teater, Balai Kartini Jakarta.

Hari Kedua, 20 Oktober 2017

Ada pemutaran film religi keluarga “Iqro”. Film yang dibintangi pemain senior seperti Mike Lucock, Neno Warisman, Adhitya Putri, dan Cok Simbara ini bercerita tentang kehidupan anak jaman sekarang yang sangat gandrung pada sains namun kurang punya minat belajar Al-Quran sehingga belum bisa mengaji.

Selain itu, ada juga diskusi mengenani industri film Indonesia dengan narasumber Christine Hakim, Budiyati Abyoga (Produser), HB Naveen (Produser) dan Larry Wijaya (Sinema Kota). Acara diskusi film ini akan digelar pukul 14.00 di Mawar Room, 2nd floor Balai Kartini Jakarta.

Selain acara-acara di atas, ada juga pertunjukan fashion busana muslim daily look, yang akan menampilkan karya-karya perancang fashion muslim Indonesia berbakat yang akan digelar di area expo INHALEC setiap harinya, seperti; Dian Pelangi, El Zatta- Dauky, Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI), Wardah, Risty Tagor, dan lain-lain.

sumber: bloggercihuy.com

Kegiatan INHALEC Ini akan menjadi pusat dari aktivitas dan pertukaran informasi bagi komunitas muslim untuk belajar menemukan dan menjalin relasi bisnis dalam produk dan layanan yang halal. Wahh, keren ya, Dateng yuk, Dears ^_^

berfoto bersama Blogger Cihuy

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D