Friday, October 27, 2017

Pentingnya Perencanaan Pendidikan Sejak Dini untuk Sang Buah Hati


Akar pendidikan itu pahit tapi buahnya manis – Aristoteles

Dears, setuju nggak dengan quote di atas? Aristoteles bilang pendidikan itu pahit, mungkin itu ditujukan bagi orang-orang yang tidak mempersiapkan pendidikan sedari awal. Saat ini, sudah banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjamin pendidikan untuk anak kita kelak.

Jadi ceritanya itu kemarin, pulang dari CFD di Sudirman, aku diajak Mba Kiki dan teman-teman Blogger Mungil untuk hadir ke acara Sun Life Edufair 2017 di Kota Kasablanca. Acara ini digelar sebagai bentuk kepedulian Sun Life terhadap masyarakat yang ingin merencanakan pendidikan terbaik untuk buah hatinya.

Sun Life Edufair 2017 itu adalah pameran edukatif yang memang digelar rutin tiap tahun oleh Sun Life untuk membantu keluarga Indonesia mendapatkan informasi komprehensif seputar kebutuhan pendidikan anak. Alhamdulillah aku berkesempatan hadir di hari terakhirnya. Sebenernya acaranya sendiri digelar 3 hari berturut-turut, dari mulai 20-21 Oktober 2017.

Sun Life Edufair 2017 kemarin mempertemukan 20 sekolah formal dan 5 sekolah non formal terbaik di wilayah Jabodetabek, orang tua, pakar pendidikan, dan ahli perencanaan keuangan. Jadi, masyarakat yang hadir mendapatkan informasi detail terkait sekolah terbaik untuk anak dan bagaimana mempersiapkannya.


Walaupun saya datang di hari terakhir tapi ternyata antusiasme masyarakat yang hadir itu tetap terasa lho dears. Atrium Kokas tempat acara Sun Life Edufair 2017 berlangsung tetap ramai didatangi pengunjung. Sekitar pukul 10.00 acara dibuka dengan kreativitas dari para siswa sekolah-sekolah ternama yang turut memeriahkan acara Sun Life Edufair 2017 seperti Al Azhar, Binus, dll.


Siang harinya, kami kedatangan tamu spesial dari kalangan Selebriti, Agus Ringgo dan istrinya Sabai Dieter serta buah hati mereka Bjorka. Pasangan Agus Ringgo membagi cerita dan pengalaman mereka dalam mendidik Bjorka sekaligus bagaimana caranya mempersiapkan pendidikan di masa mendatang untuk Bjorka.


Ringgo memilih untuk menginvestasikan uangnya pada asuransi pendidikan untuk Bjorka dibanding menghabiskannya untuk kepentingan lain, seperti liburan ke luar negeri atau beli barang-barang mewah. 
“Kalau dulu waktu belum menikah dan punya anak, mungkin saya nggak terlalu memikirkan masa depan. Apa yang mau saya beli, ya saya beli. Tapi, sekarang nggak bisa begitu. Harus memikirkan untuk masa depan terutama anak”.

Jujur nih, dengan hadir di acara Sun Life Edufair kemarin saya juga jadi semakin terbuka akan pentingnya mempersiapkan pendidikan anak sedari dini. Ringgo aja yang notabene papa baru, sebegitu perhatiannya sama pendidikan Bjorka yang usianya masih di bawah 2 tahun. Dari talkshow itu saya jadi dapet insight baru seputar pendidikan anak di masa depan dan bagaimana tips and trik mempersiapkannya. Maklumlah biaya pendidikan sekarang lumayan mahal dan menguras kantong.

Di acara itu, pengunjung yang hadir juga bisa menggali informasi lebih dalam dari pakar pendidikan mengenai tema-tema menarik, di antaranya pola asuh anak di era digital, serta trend pendidikan yang mampu meningkatkan potensi dan daya saing anak.


Sun Life memahami bahwa era digital juga berperan penting dalam menambah wawasan anak untuk mencoba berbagai hal baru yang sesuai dengan minat dan aspirasi anak. Untuk itu, Sun Life menghadirkan sekolah non formal, seperti sekolah musik, seni, robotik, coding, fotografi, jurnalistik bahkan sekolah boga, sebagai referensi bagi keluarga Indonesia dalam membantu mengembangkan potensi anak.

Selain itu, Sun Life Edufair 2017 menjadi momentum yang tepat untuk membangun perspektif bagi generasi muda yang tumbuh di era digital saat ini. Perspektif baru ini saya rasa sangat penting karena berimplikasi pada perencanaan keuangan yang sesuai dengan pendidikan yang akan ditempuh. Dan diharapkan orang tua dapat mempersiapkan perencanaan keuangan yang tepat untuk mendukung keberlangsungan pendidikan untuk putra-putrinya.

Di acara kemarin juga, merupakan kesempatan Sun Life meluncurkan Bright Education, yaitu portal informasi yang menampilkan profil 25 sekolah di wilayah Jabodetabek yang dapat dijadikan referensi orang tua dalam memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan aspirasi anak.


Portal Bright Education tersebut juga dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat, seperti;

• Fitur sekolah

Fitur ini berisi informasi lengkap seputar sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam Sun Life Edufair 2017. Informasi tersebut meliputi lokasi, kurikulum, fasilitas di lingkungan sekolah, kegiatan Ekskul, dan penghargaan yang berhasil di raih sekolah.

• Fitur perbandingan/komparasi

Fitur ini dapat membantu para orang tua dengan cara membandingkan sekolah yang diminati dengan cara mudah, melalui tingkat pendidikan, lokasi, nama sekolah dengan mengisi data pribadi. Selanjutnya akan keluar hasil perbandingan secara lengkap yang membantu orang tua menentukan pilihan sekolah yang sesuai.

• Fitur kalkulator

Fitur ini juga dapat membantu orang tua memproyeksikan dana pendidikan yang dibutuhkan serta menyusun perencanaan keuangan sejak dini.

• Fitur artikel

Nah, fitur ini berisi sajian berbagai informasi dan tips menarik seputar dunia pendidikan dan perencanaan keuangan.


Habis pulang dari acara Sun Life Edufair ini, jujur saya jadi mikir panjang ke depan. Wah, ternyata kalau kita mau memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak itu harus dipersiapkan sejak dini lho. Jangan sampai apa yang Aristoteles katakan bahwa “Akar pendidikan itu pahit” terjadi pada kita dan keluarga. Bagaimana dears, kamu punya pengalaman seputar perencanaan pendidikan untuk buah hati nggak? Share dong di kolom komen ^_^




14 comments:

  1. Waah, seru ya acara Sunlife ini, sayang gak sempet ke sana saya. Hiks.

    ReplyDelete
  2. Hah, Aristotele bilang pendidikan itu PAHIT? Duli dijaman dese idup ada jamu namanya pendidikan kalik yak?

    ReplyDelete
  3. Pendidikan anak emang harus direncanakan jauh-jauh hari, kami juga sudah ada rencana untuk bikin tabungan pendidikan untuk Duo Ai. salam kenal dan blognya udah saya follow Mbak :-)

    ReplyDelete
  4. Perencanaan keuangan salahsatunya pembiayaan pendidikan bagi anak kedepannya

    ReplyDelete
  5. aku juga ikut pas acara ini, bener2 teredukasi soal perencanaan pendidikan yaa apalagi biaya sekolah itu mahal

    ReplyDelete
  6. Akar memang pahit.. biasanya untuk obat urut pijet atau obat kejantanan mba hihi..

    ReplyDelete
  7. Hallo Ka, setuju tentang pentingnya mempersiapkan pendidikan anak sedari dini. Portalnya menarik sekali, bisa sebagai referensi orang tua dalam memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan aspirasi anak.

    ReplyDelete
  8. mempersiapan pendidikan anak harus dimulai sejak dini ya.

    ReplyDelete
  9. Pendidikan emang penting, apalagi milih sekolah untuk anak, yang pastinya bakal jadi tempat anak menghabiskan waktu. Jadi emang mesti bener-bener diperhatiin.

    ReplyDelete
  10. Sunlife Edufair kayaknya jadi agenda tahunan yang wajib diikutin apalagi kalau lagi mau milih sekolah buat anak :)

    ReplyDelete
  11. Keren juga kesadaran Ringgo untuk menyiapkan pendidikan untuk Bjorka, anaknya yang baru usia dua tahun. Nyisihin duit buat pendidikan emang pahit sekarang, tapi nanti pas mau sekolah atau kuliah ada uangnya.

    ReplyDelete
  12. Portal bright education bisa jdi referensi buat yg btuh info2 ttg pendidikan, krna memang pendidikan hrus direncanakan sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  13. Ini acara keren yg bisa kasih pengetahuan buat para orang tua soal pendidikan anak ya

    ReplyDelete
  14. acaranya keren banget mbak, jadi nambah wawasan soal perencanaan pendidikan anak sejak dini ya. Supaya pas waktunya sekolah gak bingung lagi soal dana.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D