Monday, November 27, 2017

Pengalaman Mengatasi Nyamuk Bandel dengan HIT Expert


Nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia.

Kamu Percaya nggak? Awalnya aku nggak percaya sih. Kok bisa binatang sekecil itu, jadi makhluk yang paling mematikan di dunia. Tapi faktanya, menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2016 menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia yang menyebabkan sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya.

Selain itu, data dari Kementerian Kesehatan Indonesia Incidence Rate (IR), penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus kematian di Indonesia. Pada tahun 2016, sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit tersebut.


Informasi ini aku dapet di acara Gathering HIT Expert bersama komunitas blogger IIDN. Bertempat di Ev Hive D’Labs Building, banyak banget informasi penting yang aku dapet seputar nyamuk dan penanganannya. Selama ini, jujur aku kesulitan mengatasi masalah nyamuk di rumah. Ternyata memang, menurut dr. Lula Kamal, nyamuk sekarang itu bandel-bandel. Hal itu diakibatkan oleh pemanasan global yang berdampak pada siklus kehidupan nyamuk.

Nyamuk Zaman Sekarang: Bandel dan Tukang Kawin

Iklim di Indonesia yang cenderung hangat dan lembab merupakan iklim yang sangat digemari nyamuk. Ditambah lagi perubahan iklim yang semakin panas, membuat siklus nyamuk berubah dan juga wabah yang ditimbulkannya.

Karena perubahan itu, nyamuk secara cerdas berevolusi dengan sering kawin. Dan bukan cuma sering kawin saja lho, tapi juga iklim yang semakin panas, membuat tubuh nyamuk lebih kecil dari ukuran seharusnya. Itu menyebabkan nyamuk jadi semakin ganas dan menyedot darah lebih banyak untuk mengejar ukuran tubuh yang seharusnya untuk berkembang biak.

Fakta dan Mitos seputar Nyamuk

Bandel, tukang kawin dan agresif, tiga ciri nyamuk zaman sekarang. Dan untuk membasminya secara efektif, kita juga harus kenali fakta dan mitos seputar nyamuk.


1. Nyamuk menyukai warna hitam dan merah, mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Fakta, alasannya nyamuk mempunyai reseptor panas yang sangat baik. Reseptor nyamuk ada di bagian bawah perutnya dan berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. Reseptor tersebut mampu membedakan panas yang dipancarkan oleh berbagai benda. Panas yang dipancarkan benda akan menarik nyamuk datang. Benda-benda gelap (terutama warna hitam) biasanya mudah menyerap panas, tetapi juga mudah memancarkan panas yang akan menarik nyamuk datang.

2. Nyamuk menyukai orang yang berdarah manis, mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Mitos, menurut dr. Lula Kamal, secara ilmiah, istilah ‘darah manis’ itu nggak ada. Kecenderungan nyamuk untuk menggigit orang tertentu memang benar adanya. Tapi itu tidak ada hubungannya dengan kadar gula darah seseorang. Studi membuktikan bahwa karbon dioksida, temperatur tubuh yang lebih panas, dan kadar asam urat yang tinggi menjadi daya tarik untuk nyamuk menggigit manusia.

3. Nyamuk suka menggigit ibu hamil, mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Fakta. Beberapa studi menjelaskan bahwa ibu hamil memang lebih rentan terhadap gigitan nyamuk. Ini disebabkan karena ibu hamil menghasilkan kadar karbon dioksida yang lebih tinggi daripada orang normal. Karbon dioksida merupakan ‘bau' yang disukai oleh nyamuk betina.

4. Nyamuk hanya bersarang di genangan air, mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Mitos, alasannya nyamuk tidak hanya bersarang di genangan air. Tapi dibanyak tempat yang jarang terkena sinar matahari, misalnya dibalik pajangan, di bawah tumpukan bantal, di kolong tempat tidur, dan lain-lain.


Pengalaman Mengatasi Nyamuk Bandel dengan HIT Expert.

Pulang dari gathering, aku mencoba generasi baru dari HIT Expert, wanginya yang harum dan segar, menjadi sesuatu yang beda dari yang lain. Jadi, Generasi HIT Expert ini menawarkan dua pilihan wangi premium, yaitu Sweet Flower dan Fresh Cytrus. 

Sesaat setelah disemprot keluarga juga bilang, kok yang ini harumnya beda ya, bukan seperti pembasmi nyamuk, tapi seperti pengharum ruangan. Bukan hanya itu aja, formula baru dengan partikel yang lebih kecil (microparticle) dapat bertahan lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.

Selain itu, teknologi Double Nozzle generasi baru HIT Expert menghasilkan semprotan lebih jauh, merata ke seluruh ruangan sehingga kita cukup menyemsprotkan secukupnya saja dan nggak perlu banyak-banyak. Ini yang membuat HIT generasi baru lebih hemat.

Kemasan baru yang premium dengan desain cap yang ergonomis menurut saya juga menjadi poin plus tersendiri. Selain enak digenggam, semprotannya juga menjadi lebih halus.

Yang pertama aku coba adalah wangi fresh cytrus, dan dampaknya langsung terasa, selain wanginya disukai keluarga, tidur juga menjadi lebih nyenyak karena nggak ada gangguan si nyamuk bandel dan bangun di pagi hari badan jadi terasa lebih fresh.

Ini dia tips mengusir nyamuk menggunakan HIT Expert

1. Semprot HIT Expert di pagi dan sore hari, bukan saat mau tidur.
2. Tutup pintu kamar, dan biarkan 2 hingga 3 jam
3. Pastikan tidak ada makanan dan minuman dalam keadaan terbuka
4. Agar hasil maksimal, matikan AC atau kipas angin terlebih dahulu.
5. Lakukan secara rutin dengan petunjuk yang benar

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga rumah dari serbuan nyamuk bandel adalah dengan menjaga kebersihan rumah, menutup tempat penampungan air, rajin membuka jendela agar sinar matahari dapat masuk ke rumah. 


Nah, itu cerita aku membasmi nyamuk bandel menggunakan HIT Expert, kamu juga bisa main-main ke ke instagram Ibu Insprasi Hit dan Fanpage Facebook HIT Terinspirasi Ibu untuk info detailnya ya.
By the way, bagaimana sih cara kamu ngatasin nyamuk bandel? Share dong di kolom komen ^_^




23 comments:

  1. Hhh... Keren jadi nyamuk mahluk paling fenomen dr dahulu kala dan terkalahkan oleh Hit. Keren acarany dek... Mksih infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Novitalevi

      iya nyamuk sekarang makin bandel kak, maknya perlu solusi ampuh kaya generasi baru dari HIT Expert. sama sama kak

      Delete
  2. Musim hujan nih harus sedia HIT untuk membasmi nyamuk.Nyamuk yang berbahaya justru yang keluarnya pagi hari ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak ria bilqis,

      betul, musim hujan gini, harus sedia HIT untuk basmi nyamuk kak.

      Delete
  3. Paling sebel emang ama binatang kecil bin mungil yang satu ini... Bahayanya besar tapi susah banget diberantas... Kudu ada trik khusus buat membasmi nya...
    Btw aku juga pake HIT Expert loh... Aku pake yang fresh citrus... Wanginya seger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak Natara,

      memang sikecil nyamuk itu nyebelin yaa. bahanya besar baget kak, bahkan jadi salah satu binatang paling mematikan di dunia.
      wah kak natara juga pake ya? aku suka yang sweet flower kak

      Delete
  4. Nyamuk tukang kawin. Wkwk
    Ya ampun pantas gak abis-abis ya tuh nyamuk. Kadang bikin keki.
    Kalau udah malam langsung ngamar. Tempat tidur udah dipakein kelambu, tapi tetap aja dia ada dimana-mana.
    Btw amankah ini kalau ada anak bayi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, kak azzura lhi,

      betul, nyamuk ini tukang kawin. dan emang ga cukup pakai kelambu kak, perlu sesuatu yang expert lagi menangani nyamuk bandel.

      Delete
  5. Nyamuk memang menyebalkan apalagi musim hujan kayak gini. Makin banyak aja nyamuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak lelya hana,

      betul banget kak, eamng binatang kecil itu nyebelin ya, terlebih di musim ujan gini.

      Delete
  6. Nyamuknya betah di rumah Novitania, coz yang punya rumah cantik dan ramah sih :)
    Eaaa ga nyambung ya....
    Saya pake merk yang lain bunsay, soalnya adik asma dan terganggu dg aroma dari HIT

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak anisa deasty,

      hihihi bisa aja deh kamu. kalo aku sih suka kak. btw hit banyak varian lho. coba aja varian lain yang aromanya lebih smooth, kaya sweet flower.

      Delete
  7. Untung aku dirumah pakai semprotan nyamuk Hit.
    Aku suka dengan wanginya tidak terlalu sakit di hidung.
    Bagus banget ya informasinya Neng Novitania.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak tika,

      iyaa setuju kak, aku juga suka.

      sama sama kak tika

      Delete
  8. Galfok krn ada muka Mamak disini huahaha. Nyamuk bandel sekarang mah tinggal di hit expert aja. Beres

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mamak dewi nuryanti,

      iya muka mamak mewarnai postingan ini hehe. dedek setuju mak, nyamuk bandel tinggal di hit expert aja hehe

      Delete
  9. Musim kemarau lebih parah lagi bun, mereka ini beneran ga kabe dan produktif banget. Sampe kdg krg nyenyak tidur kalau digigir nyamuk.. Untung ada hit ya, expertnya nyamuk bandel

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak fika.

      betul kak, memang dasar tukang kawin ya kak sinyamuk itu. jadilah tidur kita terganggu, tp sih skrg aku rutin semprot hit tiap pagi dan sore

      Delete
  10. Oh baru tahu, ternyata ibu hamil rentan dideketin nyamuk ya. Pantes ajaaa..

    ReplyDelete
  11. aaku juga pakai HIT buat serangga-serangga yang mampir ke rumah.. musim hujan, kadang dapet kejutan puluhan serangga di teras hehehe... maklum dekat sawah..

    ReplyDelete
  12. Pernah kena DBD rasanya huhu bikin nangis deh terus biaya RS juga bengkak. Memang ngeri deh nyamuk itu

    ReplyDelete
  13. aku biasanya pakai yang hit magic bukan yang semprot...

    ReplyDelete
  14. Fakta dan mitosnya keren. Jadi nambah informasi nih. Terima kasih, Kak :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D