Saturday, November 4, 2017

Sadar Bahaya Kolesterol Tinggi melalui KALCare Indonesia Tangkal Kolesterol


1 dari 3 orang menderita kolesterol tinggi dan tidak menyadarinya.
Kaget banget dengar fakta itu di acara Indonesia Tangkal Kolesterol yang digelar KALCare di Grand Metropolitan Bekasi. Gimana nggak kaget, kolesterol merupakan penyebab serangan jantung yang notabene adalah penyebab kematian tertinggi di dunia.

Di acara itu, aku dapat banyak banget pengetahuan seputar kolesterol, penyebab dan cara mengatasinya, dari Ibu Lisa Stiawati, S. Gz., selaku Dietisien RS. Mitra Keluarga Bekasi Timur dan dr. Kabul Priyantoro. Bukan hanya itu aja, aku dan peserta yang hadir bahkan bisa cek kolesterol, cek kepadatan tulang, senam B-FIT 2.0, sharing dengan dokter, sampai diajarin menu masakan praktis yang rendah lemak dan kolesterol. Pokoknya acara KALCare Indonesia Tangkal Kolesterol: melalui Gerakan Jantung Sehat, tadi itu paket komplit banget.


Begitu selesai registrasi, aku langsung cek kolesterol  Dari hasil cek, didapatlah kadar kolesterol aku di angka 205 mg/dl. Angka yang sebenernya di atas ambang normal. Karena normalnya kadar kolesterol kita harusnya berkisar antara 150-200 mg/dl.


Awalnya sempet agak panik sih, secara di umur yang segini kok sudah ada gejala kolesterol segala. Tapi ternyata sedikit tenang, begitu dijelasin panjang lebar sama ahli nutrisi dan dokter pemateri.

Jadi, pertama kita harus kenali kolesterol dulu, dears. Nah, kolesterol itu sebenernya adalah salah satu jenis lemak, yang berfungsi sebagai pembentukan vitamin D, asam empedu, dan beberapa hormon dan komponen dari membran sel dan saraf. Artinya kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh, tapi kalau terlalu tinggi juga berbahaya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi dalam tubuh kita, yaitu:
• Faktor keturunan
• Faktor gaya hidup
  • Pola makan yang salah, sering mengonsumsi makanan sumber kolesterol dan berlemak jenuh
  • Kurang aktivitas fisik/olahraga
  • Merokok dan konsumsi alkohol

• Kegemukan atau obesitas
• Diabetes dan darah tinggi

Dari faktor penyebab di atas, yang aku garis bawahi adalah faktor keturunan dan kurang olahraga. Kata dokter yang ngisi seminar tadi, memang penting banget untuk kita tahu sejarah atau riwayat kesehatan orang tua kita. Karena dari situ, bisa ditarik benang merah, adakah gen yang terbawa dalam tubuh kita. Ini juga yang jadi warning buat aku, secara kakek, nenek, dan ibu ada riwayat itu huhuhu.


Lebih lanjut dr. kabul menjelaskan, sebenarnya tubuh kita selalu memberikan ‘sign’, ketika ada yang nggak beres di dalamnya. Tapi kadang, kita terlalu cuek dan nggak memperhatikan tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh. Tanda-tanda kolesterol tinggi adalah:
 Mudah lelah
 Cepat mengantuk
 Terasa pegal/berat di leher dan tengkuk
 Sering sakit kepala
 Sering kesemutan

Ah, gejala di atas sering banget nih aku rasain. Tapi ya begitu, selalu cuek. dr. Kabul mengingatkan ini yang perlu diwaspadai karena kolesterol tinggi dapat memicu serangan jantung. Dan ini yang sering menjadi penyebab mati mendadak.

Serem ya dears, tapi bersyukur banget aku tahu info ini lebih awal. Kata dokter, ada cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dan mulai gaya hidup sehat, yaitu dengan TANGKAL.

dok: Nutrive Benecol

T = Teratur Periksa Kolesterol
Periksa kolesterol adalah satu-satunya cara untuk mengetahui tingkat kolesterol kita. Jangan sampai kolesterol tinggi luput dicermati dan terlambat ditangani.

A = Awasi Asupan dan Pola Makan
Mengatur pola makan ini penting dilakukan, salah satu menu makanan yang bisa kita terapkan adalah menu sehat ala My Cholesterol Free Plate oleh Nutrive Benecol. Jadi, Nutrive Benecol mengeluarkan tempat makan di mana terdapat beberapa kotak untuk tempat karbohidrat, sayur, protein dan buah yang sudah ditakar sesuai porsinya.


dok: nutrive benecol

Karbohidrat
Pilih jenis karbohidrat yang kaya serat seperti nasi merah dan gandum untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Porsi yang dianjurkan hanya selebar tangan.

Sayuran
Porsi sayuran yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 3 sendok makan penuh setiap makan, atau setara dengan satu genggaman tangan.

Protein
Salah satu protein yang bagus dikonsumsi adalah ikan laut. Konsumsi ikan laut seperti tuna dan salmon 2x seminggu untuk mendapatkan manfaat omega 3, dan lemak tak jenuh yang membantu menjaga kesehatan jantung. Porsi yang dianjurkan adalah 2 telapak tangan.

Buah
Banyak mengonsumsi buah, seperti apel, anggur, dan strawberry yang kaya akan pectin dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Porsi yang dianjurkan adalah 1 genggaman tangan.

N = Nikmati Hidup Tanpa Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol adalah salah satu penyebab kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung koroner dan stroke. Bahkan dr. Kabul terang-terangan bilang, kalau kita berani merokok, kita harus punya cadangan uang 1 milyar. Karena biaya pengobatan akibat rokok itu tidak murah.

G = Giat Berolahraga Senam B-FIT 2.0
Salah satu kelebihan dari senang B-FIT 2.0 adalah latihan ini dapat dilakukan di area kerja. Senam ini bermanfaat untuk melepaskan stress, memperbaiki postur, dan meningkatkan metabolisme.

K = Kendalikan Berat Badan dan Hindari Stress
Penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan berlebihan yang mengandung lemak jenuh, seperti; daging, susu, keju, mentega dan kuning telur. Selain itu, stress juga berdampak buruk pada mental dan fisik dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol.

A = Awasi Tekanan Darah
Tekanan darah yang tidak terpantau punya risiko bahaya. Rutin lakuka pemeriksaan satu bulan sekali dan jaga agar tetap dalam batas normal adalah cara terbaik.

L = Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x Sehari
Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester yang berfungsi untuk menangkal dan menurunkan kadar kolesterol.

2 sajian Nutrive Benecol bahkan setara dengan 6 mangkuk sereal, 30 buah apel dan 30 buah pisang. Bahkan menurut uji klinis yang dilakukan, minum 2 psc Nutrive Benecol sehari selama 2-3 minggu dapat menurunkan 7-10 % kadar kolesterol kita.


Saya sendiri sudah coba Nutrive Benecol yang Cereal dan Smoothies, rasanya enak dan terasa segar. Nutrive Benecol cereal baik dikonsumsi ketika sarapan. Tersedia dalam 2 rasa yaitu coklat dan vanila veggie. Sedangkan Nutrive Benecol smoothies tersedia dalam 4 rasa, yaitu strawberry, blackcurrant, lychee, dan orange dan baik diminum sesaat setelah makan.

Dears, sudah cek kolesterol belom? Jangan lupa juga konsumsi Nutrive Benecol yaa. Kalau kamu ada pengalam seputar kolesterol boleh dong share di kolom komen, terimakasih ^_^


4 comments:

  1. saya juga periksa di Kalcare bintaro, ga nyangka ternyata kolesterol tinggi

    ReplyDelete
  2. Pola makan yang salah, sering mengonsumsi makanan sumber kolesterol dan berlemak jenuh. Jadi memilih memperbaiki pola makan adalah langkah taktis menuju sehat

    ReplyDelete
  3. Kerudungnya matching pisan hihihi.. Terimakasih ya sudah mengingatkan tentang kolesterol :)

    ReplyDelete
  4. Nutrive Benecol cereal baik dikonsumsi ketika sarapan. Tersedia dalam 2 rasa yaitu coklat dan vanila veggie. Layak dicoba dan dicoba nih...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D