Friday, December 22, 2017

Happy Cooking with Sasa Santan Kelapa


The secret ingredient of your delicious food is santan
Saya selalu suka segala macam masakan dengan tambahan santan. Rasanya yang gurih dan creamy entah kenapa jadi menambah selera makan. Padahal saya bukan tipe orang yang gandrung makanan berlemak.

Walau semua masakan dengan santan saya suka, tapi perlu digarisbawahi, santan yang tentunya gurih dan creamy ya. Karena menurut saya masakan dengan tambahan santan itu susah-susah gampang ngolahnya.

Pernah kejadian, karena mama mau masak opor, saya diminta mamah untuk ke pasar beli kelapa dan bumbu lainnya. Karena nggak terlalu banyak tau tentang kelapa untuk santan *taunya makan doang soalnya :P*, jadilah saya salah pilih kelapa. Masakannya mamah jadi nggak sedap karena kelapanya bau tengik.

Mamah sampai bilang, ‘bagaimana mau disayang suami nantinya, kalau milih kelapa saja masih belom bisa.’ Degh, masalah santan kelapa ternyata sebegitu krusialnya ya. Karena memang mostly masakan khas Indonesia ya pakai santan sebagai rempah dan bumbu utama.

Dari situ saya mulai belajar memilih kelapa yang bagus untuk dijadiin santan. Tapi tetap aja ya, rasanya ribet dan wasting time banget. Harus kupas dulu, marut dulu dan peres santannya dulu.


Nah, beruntung banget, saya terpilih menjadi salah satu orang pertama yang mencicipi gurihnya Sasa Santan Kelapa, kemarin. Bertempat di Auditorium Sasa, saya bersama para blogger dan undangan yang hadir diajak untuk mengenal lebih jauh tentang produk Sasa Santan Kelapa yang baru saja dilaunching.

sambutan dari pak Ronny Imbar, Presiden Direktur PT. Sasa Inti

Sebenernya dari dulu, sudah bertanya-tanya sih, Sasa kan pionir bumbu masakan di Indonesia. Usianya aja sudah 45 tahun, tapi kok belum mengeluarkan produk santan instan, ya. Dan ternyata, Sasa melakukan riset yang panjang sebelum mengeluarkan produk terbarunya ini. Hal itu dilakukan guna menghadirkan produk berkualitas dan tentunya berbeda dari produk lainnya.

Para pembicara dalam product knowloedge Sasa Santan Kelapa

Adapun Kelebihan Sasa Santan Kelapa:

  • Praktis: sudah matang dan siap pakai
  • Serbaguna: cocok untuk segala jenis masakan, makanan dan minuman.
  • Aroma dan rasanya sesegar kelapa yang langsung diperas.
  • Tanpa pengawet

launching Sasa Santan Kelapa

Setelah product knowledge, para undangan diperlihatkan seperti apa sih kemasan Sasa Santan Kelapa. Launchingnya dikemas cukup unik menurut saya, jadi replika Sasa Santan Kelapa yang cukup besar diletakkan di dalam replika Kelapa. Dan ketika Pak Ronny Imbar, selaku President Direktur PT. Sasa Inti meresmikannya, confetti berwarna-warni berjatuhan dan meramaikan ruang acara kemudian replika kelapa terbuka dan menampilkan Sasa Santan Kelapa yang ada di dalamnya. Saking excitednya, saya sampai menyiarkannya live di Instagram pribadi saya.

warna kemasannya ciamik yaa

Setelah launching produk, jam makan siang hampir tiba. Tirai besar yang ada di depan perlahan terbuka. Dan di balik tirai tersebut ternyata ada dapur dengan peralatan masak yang sangat lengkap serta berdiri gagah chef yang sudah nggak asing buat saya.

chef Kongs di Dapur Sasa

Chef Kongs, namanya. Saya cukup aktif mengikuti sosial medianya dan selalu penasaran dengan tips memasak ala chef Kongs. Sebelum mulai demo masak, Chef Kongs memilih 3 peserta yang hadir untuk ikut memasak. Tapi sayang, saya belum kebagian rezeki masak bersama chef Kongs.

Menu pertama yang chef Kongs Buat adalah Sweet Manggo. Bahannya sederhana sekali, hanya buah mangga segar, susu cair, dan es batu. Rasanya jangan ditanya. Seger banget. Karena di atasnya diberikan topping Sasa Santan Kelapa. Itu yang membuat rasanya jadi berbeda dan tambah seger.

hasil foto saya di  'food photography' kemarin

Setelah demo masak dari chef Kongs, para undangan yang hadir diajak untuk belajar food photography. Hasil masakan Chef Kongs dipersilahkan untuk difoto dan di upload di sosial media. Lagi-lagi bukan rezeki saya, foto jepretan saya belum memikat hati juri. Nggak apa-apa lah ya, namanya juga masih belajar.

hasil foto saya di  'food photography' kemarin

Selesai sesi foto masakan, perut sudah nggak kuat nahan godan dan undangan dipersilahkan menikmati makan siang yang telah disediakan. Semua makanannya berbahan santan, mulai dari Soto betawi, Ikan Dori Saus Kari, Rendang, Sayur Nangka. Ternyata rasanya juara, enak-enak semua. Yahh, wajarlah yang masak kan Chef Kongs. Kalo saya yang masak belum tentu hihihi.

Saya pribadi apreciate banget dengan produk Sasa Santan Kelapa ini, kemarin sempet coba masak Bubur Kacang Hijau dan respon keluarga bagus semua, tanpa saya tanya mereka kompak jawab, “wah buburnya enak banget, lebih gurih dan sedap dari yang kemarin kemarin”. Padahal bahan dan takarannya yang saya gunakan sama. Hanya produk santannya saja yang berbeda.

Kalo nggak ada kerjaan dan bingung mau masak apa, saya suka mampir ke www.kreasisasa.com juga karena di sana banyak banget referensi masakan yang enak dan praktis. Asli recommended!!


12 comments:

  1. Praktis banget ya masak pake Sasa Santan Kelapa semua jadi mudah dan enakk

    ReplyDelete
  2. peraktis hemat dan higienis pas banget deh ini buat stok di dapur aku.. semoga harganya ikut ekonomis yaa bun

    ReplyDelete
  3. Jadi kepingin masak bubur kacang hijau pakai santan Sasa.Kalau masak sayuran sesekali juga saya pakai santan.

    ReplyDelete
  4. Boleh juga ya dicoba produk Sasa Santan Kelapanya, soalnya aku juga pengguna santan instan sih. Karena terkadang kita tuh perlu yang cepat dan praktis saat masak ya, karena ngeburu waktu juga.

    ReplyDelete
  5. kemasan santan sasa memang praktis ga perlu capek-capek parut kelapa tinggal campurkan saja ke olahan sayur, aduk-aduk jadi deh

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya santan murni kemasan dari sasa. Masak jadi lebih mudah dan praktis

    ReplyDelete
  7. Sasa santan kelapa emang beda ya..selain praktis juga higinis, makanya bisa dikonsumsi langsung. Aku suka creamynya...

    ReplyDelete
  8. Aku suka sweet manggonya. Pengen coba bikin sendiri pake santan sasa.

    ReplyDelete
  9. Seneng y kalo liat chef kongs masak selalu jadi enak apalagi sekarang ada santan sasa praktis tampak mudah dan lezat aja masakannya

    ReplyDelete
  10. Ngomongin santan, sekarang mah enak ya udah ada sasa santan kelapa yang super praktis ini... Kalau dulu... Waduuuhhh ribet ya makkk.. Kudu marut kelapa dulu.. Belum lagi harus diperas... Disaring dulu... Baru deh bisa dipake masak...

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau loh klo Sasa ada juga santannya. Selama ini taunya Sasa itu tepung bumbu dan penyedap rasanya. Bolehlah dicobain nanti pas mo masak masakan bersantan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D