Sunday, December 3, 2017

Momen Bercerita Jadi Lebih Bermakna dengan Nivea Creme Special Edition


Mother holds their childs hand for a moment and their heart for a lifetime.

Kasih sayang dan sentuhan ibu tidak hanya kita rasakan ketika kita masih kanak-kanak. Bahkan sampai sekarang sentuhan kasih sayang ibu pun masih dapat kita rasakan. Setuju kan?

Saya jadi ingat kenangan masa kecil bersama Ibu. Ibu saya tidak pandai dalam bidang akademik, karena itu beliau ingin anaknya tidak mengikuti jejaknya. Sejak sekolah dasar, ibu selalu membimbing saya belajar. Bahkan setiap pulang sekolah sering kali beliau periksa buku-buku tulis saya. Dan kerap memarahi, kalau saya mendapat nilai jelek di sekolah. Saking takutnya saya suka merobek buku latihan saya yang mendapat nilai jelek di belakang sekolah, sebelum pulang ke rumah.

Pengalaman itu masih jelas betul dalam memori saya. Tapi manfaatnya saya rasakan hingga kini. Bukan cuma itu, banyak lagi sentuhan kasih sayang  ibu yang saya rasakan. Karena sejatinya memang sentuhan ibu bisa dengan berbagai cara. 

Bukan hanya soal pelajaran, dulu setiap menjelang tidur ibu pasti mengajak saya berbicara. Tentang menu masakan apa yang dimasak besok, atau tentang kegiatan di sekolah.

Bagi saya dan mungkin semua anak di dunia, ibu adalah pemeran utama dalam membangun keluarga. Melalui sentuhan kasih sayangnya, ibu mampu membentuk kepribadian anak-anaknya. Dan betapa bersyukurnya saya bisa merasakan sentuhan ibu dari kecil hingga saat ini.


Bicara tentang ibu, beberapa waktu lalu saya diundang oleh NIVEA dalam rangka mengapresiasi sentuhan sayang ibu melalui video inspiratif dan NIVEA Creme Special Edition

Bertempat di Senayan City, Serangkaian acara seru mewarnai peluncuran NIVEA Creme Special Edition sekaligs memperingati hari ibu, mulai dari talkshow, sampai dongeng. Adapun pembicara yang turut hadir dalam sesi talkshow NIVEA Sentuhan ibu adalah:

sumber foto: www.tamankata.web.id
  • Notty J. Madhi, Antropolog Pemerhati Budaya
  • Panji Cakrasantana, Brand Manager Nivea Creme PT. Beiersdorf Indonesia
  • Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI)

Di Indonesia sentuhan ibu tercermin di berbagai daerah dengan beragam bahasa dan cara untuk menyampaikan pesan kasih sayang seorang ibu. Namun bahasa sentuhannya selalu sama. Selain itu, di Indonesia sendiri, ibu adalah figur yang sangat dihormati karena berperan mulai dari masa kehamilan hingga melepas anak ke jenjang pernikahan. Semua bentuk tradisi tersebut terkait serta dengan sentuhan kasih sayang.

Bentuk sentuhan lainnya yang familiar di masyarakat Indonesia adalah dengan membacakan cerita, karena dapat meningkatkan kreativitas anak serta mempererat hubungan ibu dan anak. Dalam momen bercerita tersebut, ibu dapat menyampaikan pesan-pesan moral yang akan terus diingat oleh anak. Hal ini menjadi latar belakang NIVEA yang bekerja sama dengan LOBU, mempersembahkan NIVEA Creme Special Edition yang dilengkapi dengan tiga koleksi buku cerita, yaitu Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya, Ayu Sang Idola Hutan, Koko Rangkong yang Pandai Mengayun.


NIVEA Creme Special Edition ini juga bentuk komitmen dari NIVEA dalam meningkatkan kualitas keluarga melalui peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu dan waktu kebersamaan keluarga. Cerita yang terdapat dalam edisi spesial ini memiliki landasan budi pekerti dengan harapan bisa membentuk karakter yang positif bagi anak-anak. Nilai-nilai seperti persahabatan, kepercayaan diri, dan tidak mudah putus asa. 

Hal itu penting diajarkan anak sejak dini. Saya pernah membaca buku yang berisi tentang latar belakang para pahlawan Indonesia, ternyata sewaktu mereka kecil, ibu mereka suka sering menceritakan kiash perjuangan para sahabat rasul sebagai pengatar tidur. Hal itulah yang menyebabkan para pahlawan Indonesia memiliki semangat juang yang tinggi dan rasa nasionalisme yang membara. 

Banyak riset dan penelitian yang menunjukan peran penting seroang ibu dalam perkembangan anaknya. Dan serangkaian NIVEA Creme Special Edition ini mendorong ibu agar semakin kreatif dalam menciptakan sentuhan ibu dengan sang anak.



Manfat Momen Bercerita Ibu dan Anak dengan NIVEA Creme Special Edition

Ketika bercerita ibu berkesempatan mengutarakan kasih sayangnya dengan kontak mata, mengusap, mencium dan memeluk anak. Sentuhan ini akan melepaskan hormon oksitosin yang memiliki efek menenangkan sehingga membuat anak terikat degan ibunya. 

Di momen yang sama, cerita yang disampaikan ibu membantu perkembangan persepsi, memori proses berpikir, bahasa, intelegensi, emosi seta belajar komunikasi efektif dan memperkuat hubungan interpersonal anak.



Jadi, momen bercerita bukan hanya memiliki manfaat untuk anak, tetapi juga bermanfaat untuk ibu melalui hormon oksitosin yang dilepaskan. 

Lalu bagaimana dengan ibu pekerja yang sebagian waktunya habis di kantor, atau baru pulang kerumah ketika anak telah terlelap? 
Jawaban yang sebenarnya sederhana, karena bercerita tidak hanya terbatas pada saat menjelang tidur, tapi kapan pun ada kesempatan bersama anak. Karena yang terpenting adalah kualitas hubungan ibu dan anak bukan materi cerita. 

Momen bercerita pun tak perlu panjang-panjang, cukup 15-30 menit agar anak tetap antusias dan fokus. Dan sebaiknya setiap cerita dibawakan lebih interaktif agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh anak. 

Aku sendiri antusias membacakan 3 seri cerita dalam Nivea Special edition karena memang ceritanya bagus dan menambah semangat menjalankan aktivitas bercerita dengan anak. Kamu punya pengalaman seputar momen bercerita nggak? share di kolom komen dong ^_^



10 comments:

  1. Sentuhan ibu adalah bentuk kasih sayang paling murni untuk anak-anaknya.
    Nivea memberi sentuhan lebih dengan memberi bonus buku dongeng agar anak lebih dekat dengan ibunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai anisa deasty,

      betul banget, buku cerita yang terdapat dalam nivea special creme, membantu ibu meningktakan bonding pada anak ya

      Delete
  2. Duuuhhh aku jadi kangen si emak... Pengen cepet cepet peluk jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Natara

      sentuhan ibu memang ngangenin yaa

      Delete
  3. ah jadi rindu ibuku, sampai sekarang setua ini aku masih suka kelonan sama ibuku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tira Soekardi,

      sentuhan ibu memang gak ada duanya ya kak. aku juga gitu, diumur yang skarang masih suka aja nempel nempl dan kelonan

      Delete
  4. Aku juga klo cerita sblm tdr nggak bgitu lama mba hihii, makasih sharingnya mba. Ibu itu kasih sayangnya luar biasaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Ucig,

      betul kak, kasih sayang dan sntuhan ibu itu luar biasa. dan dampak dari bercerita sebelum tidur juga dahsyat yaa

      Delete
  5. wah keren ya nivea mengeluarkan produk yang membantu ibu untuk membacakan cerita buat anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Antung Apriana,

      Betul, sesuai dengan visi dan misi Nivea, telerbih dalam menyambut hari ibu kak

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D