Sunday, December 3, 2017

Susah Cari Kerja atau Pekerja Harian? Kenalan dengan Aplikasi Gawe, Yuk!


Banyak orang bilang, capek kerja belum seberapa dibandingkan capek mencari kerja.
Dulu selepas lulus SMA saya tidak langsung melanjutkan kuliah. Alasannya sederhana, tak ingin terus merepotkan orang tua. Saya bertekad kuliah dengan uang saya sendiri. Karena itu, saya langsung cari kerja. Tapi, ternyata saya kesulitan. Mencari kerja tidak semudah yang saya bayangkan.

Setiap hari menelusuri iklan baris di koran, melihat lowongan-lowongan yang kadang berisi penipuan. Bisa dibilang jarang sekali saya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang valid, lebih banyak lowongan bermodus penipuan atau get member mlm.

Pernah kejadian, saya melamar pekerjaan di salah satu perusahaan, yang infonya saya dapat di salah satu surat kabar besar. Dan ketika saya datangi dan lansung diinterview, apa yang terjadi??? Saya dimintai uang ratusan ribu rupiah. Saat itu, ratusan ribu rupiah bukan uang yang sedikit. Apalagi untuk orang yang belum bekerja seperti saya dulu.

Jujur, kalau diingat kejadian itu, rasanya mau marah. Marah akan ketidaktahuan saya, marah akan kurang ketatnya pemerintah mengawasi perusahaan abal-abal yang memoroti para pengangguran, dan marah pada surat kabar besar yang memfasilitasi penipuan.

Di zaman sekarang, mencari pekerjaan tidak sesulit yang saya alami beberapa tahun lalu. Kemajuan teknologi dengan mudah menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi pekerjaan.

Berkenalan dengan Aplikasi Gawe


Awal mula saya berkenalan dengan Gawe apps adalah saat teman saya meminta tolong mencarikan pekerja part time, karena salah satu karyawannya harus dirawat di rumah sakit. Dia sendiri tidak mungkin menghandle pekerjaan karyawannya karena harus mengurus beberapa hal.

Saya bantu sebarkan iklan lowongan pekerjaannya, tapi responnya kurang. Mungkin karena inner-circle saya banyak yang sudah bekerja. Ternyata mencari seorang pekerja pun sama sulitnya dengan mencari pekerjaan.

Karena kurang respon di sosial media, saya coba browsing di google dan ketemulah aplikasi yang membantu teman saya itu.


Gawe merupakan aplikasi pencarian pekerjaan harian yang mudah dan efisien. Tujuan aplikasi Gawe adalah untuk menjadi solusi Usaha Kecil dan Menengah yang mengalami kesulitan mencari tenaga kerja terutama di saat terjadi lonjakan pesanan, karyawan tiba-tiba tidak hadir, atau saat memerlukan tenaga tambahan sementara.

Di satu sisi, konsep dari aplikasi Gawe adalah untuk menggerakkan perekonomian Indonesia dengan mendukung para UKM dalam pencarian tenaga kerja dengan harapan usaha mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Di sisi lain, aplikasi ini memberikan solusi untuk masyarakat yang ingin mencari pekerjaan harian, terutama bagi mahasiswa dan juga ibu rumah tangga yang dapat dengan fleksibel memanfaatkan waktunya dan mendapat penghasilan tambahan.

Sebenarnya banyak aplikasi serupa Gawe, tapi sayangnya mayoritas aplikasi lainnya cenderung menyajikan lowongan pekerjaan tetap.


Berbeda dengan Gawe, yang menghadirkan lapangan pekerjaan bagi mereka yang butuh pekerjaan saat itu juga alias real time, dan berfokus pada pekerjaan paruh waktu atau part time.

Karena rasa penasaran, saya pun mendownload aplikasi Gawe yang hanya 16,95MB dan telah di donwload lebih dari 10 ribu orang dalam waktu singkat. Di dalamnya banyak fitur yang disediakan termasuk layanan Gawe Chat, jadi para pemberi kerja dan pencari pekerjaan dapat berinteraksi secara langsung dalam fitur chating Gawe.


Kelebihan Aplikasi Gawe

  1. Dominan pekerjaan paruh waktu alias part time
  2. Pekerjaan yang disediakan saat itu juga atau real time
  3. Para pencari kerja tidak perlu skill khusus
  4. Para pekerja tidak perlu lulusan S1 dulu, dan tidak perlu modal, yang dibutuhkan hanya waktu dan keinginan
  5. Para pemberi pekerjaan bisa mendapatkan pekerja yang berkualitas, kompeten, dengan waktu dan bujet yang terkontrol.
  6. Lokasi pekerjaan tidak jauh, karena memang acurate position radius 5 km dari pencari kerja.
  7. Responnya cepat, secepat ojek online, namun ini untuk pekerjaan serabutan seperti membetulkan pagar, spg harian, mengecat rumah, packing barang, dan sebagainya.


Menurut saya, aplikasi Gawe yang merupakan 100% karya anak bangsa mulai dari ide, desain hingga pemrograman ini, haruslah diapresiasi. Selain memberikan solusi bagi pencari kerja dan pemberi kerja. Gawe juga bertujuan menyejahterakan masyarakat, dengan mempertemukan pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah).


Seperti yang kita semua tahu, di luar sana banyak usaha-usaha yang membutuhkan tenaga tambahan, terlebih di momen-momen tertentu seperti hari raya dan sebagainya. Nah dengan adanya aplikasi ini, baik pencari kerja dan pemberi kerja mendapat keberkahan masing-masing.

Susah cari kerja? GaweDulu saja ^_^



1 comment:

  1. wah makin mudahin aja y mba ada aplikasi gawe dan dulu kupun merasakan cari loker di koran dengan iklan mini tea hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D