Wednesday, January 31, 2018

Serunya Kelas Blogger 19: Dari Photoshop sampai Kaskus Creator


Cantik itu relatif
Dan Photoshop itu alternatif

Aku adalah salah satu penganut paham di atas. Dari dulu kepengen banget jago edit foto pakai Photoshop, biar blog dan feed instagramnya jadi kece. Mana tahu kan, badan yang gede ini, tiba-tiba bisa jadi langsing singset macam Pevita Pearce. Makanya begitu liat eflyer Kelas Blogger 19, aku langsung buru-buru daftar.

Bertempat di Kaskus Playground, tanggal 21 Januari kemarin, aku bersama teman dari Kelas Blogger lainnya belajar Photoshop mulai dari dasar bersama Kang Hafiezagam.

Aku percaya blog tidak hanya soal teks, tapi juga punya kekuatan visual yang membuat sebuah konten menjadi menarik untuk dibaca. Tapi ibarat jauh panggang dari api, awalnya aku ngebayangin belajar Photoshop itu nggak sulit-sulit banget, nyatanya Masya Allah susah bukan maen, macam belajar rumus teori relativitas Einstein *lebay.

Jujur ini adalah kali pertama aku belajar photoshop, karena biasanya edit foto cuma pakai snapseed di handphone aja. Ternyata di aplikasi photoshop, banyak banget fitur dan keutamaannya dibanding dengan aplikasi sejenis yang bisa kita pakai di HP, seperti layer yang berlapis-lapis, warna yang mau kita tonjolkan, dan lain-lain.

Awalnya aku sedikit kesulitan ngikutin step by step yang dijelasin Kang Hafiezagam, beruntungnya Kang Hafiezagam sabar banget ngulangin penjelasannya sampe aku dan teman-teman lain sedikit paham. Tapi udah segitu sabar aja masih banyak yang nggak ngerti, nggak kebayang kalo Kang Hafiezagam itu Dilan, mungkin dia udah bilang, “Jangan belajar photoshop. photoshop itu berat, kamu nggak akan kuat. Biar aku aja” :P

Berkenalan dengan “Kaskus Creator”

Di acara Kelas Blogger 19 kemarin, aku juga sekaligus dikenalin sama agan-agan yang berada dibalik kesuksesan Kaskus. Saat ini Kaskus membuat sebuah program yang menjadi wadah bagi Kaskuser atau siapapun yang punya hobi nulis dan berbagi informasi apapun di Kaskus, namanya adalah Kaskus Creator.


Kaskus creator merupakan wadah bagi siapapun yang punya hobi nulis dan mau mengembangkan bakatnya agar mendapatkan sesuatu yang positif dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Nah, setiap tulisan yang orisinil, berkualitas dan menarik yang diposting di Forum Kaskus akan mendapatkan apresiasi berupa poin yang bisa ditukarkan menjadi saldo Kaspay, yang bisa kita gunakan untuk belanja, dan lain-lain.

Cara jadi Kaskus Creator gampang banget dears, cukup ikutin langkah berikut ini:
  1. Klik “Daftar Sekarang” di kaskus.co.id
  2. Isi data diri
  3. Tunggu proses verifikasi data, maksimal 7 hari kerja
  4. Kaskus akan melakukan pengecekan apakah kita memenuhi kriteria menjadi Kaskus Creator dan bila memenuhi kriteria Kaskus akan mengirimi notifikasi melalui private message Kaskus


Kemarin aku lansung daftar jadi Kaskus Creator dan sudah dapat notifikasinya, sekarang lagi usaha buat cari topik yang menarik biar bisa jadi hot thread di Forum Kaskus ^_^

Try Photoshop Day One : FAILED

Pas sampe rumah, aku coba terapin step by step yang Kang Hafiezagam ajarin. Aku mulai dari yang paling sederhana saja, yaitu bagaimana mempercantik warna foto. Karena aku suka ngerasa warna foto yang diambil nggak secakep ketika diposting di medsos ataupun blog. Nah dengan mempercantik warna foto menggunakan photoshop, Insya Allah masalah kaya begitu nggak akan kejadian lagi.

Tapi percobaan pertama berakhir dengan kegagalan. Aku lupa menekan duplicate layernya. Alhasil foto yang kuedit bukannya cantik malah menyedihkan.

Try Photoshop Day Two : FAILED

Hari kedua, step by step yang diajarin Kang Hafiezagam sudah aku jalanin dengan betul tapi aku ngerasa kurang pas atur warnanya. Hasil fotonya menurutku tetap saja kurang cantik. Hampir nggak ada beda dengan foto awalnya, dan pas diedit lagi, justru malah warnanya keliatan lebay dan nggak natural. Dari sini aku paham, ternyata belajar Photoshop nggak kalah susah dengan belajar masak, kuncinya harus pakai rasa dan cinta #eeaaa.

Try Photoshop Day Three : Success

Hari ketiga, sebenernya udah rada hopeless dan ngerasa aku nggak bakat edit-edit foto, jadi inget kata MC kondang di Kelas Blogger 19 kemarin, Kak Agiel Jolie, katanya kalo pusing, bayar saja Kang Hafiezagam 50 ribu per foto. Iyalah, wong atur warna foto, kalo nggak peka dan detail ya nggak akan cakep hasilnya.

Nah, ini adalah step by step yang aku lakuin untuk mempercantik warna foto menggunakan Photoshop hingga berhasil:

Langkah 1:
Buka photoshop, lalu cari gambar yang mau kita edit [file > open]

Langkah 2:
Di Pallete Layer, klik kanan pada background lalu tekan Duplicate Layer kemudian tekan oke. Terdapat kolom “Normal” dan Opacity “100%” pada drop down kotak, pilih screen at opacity 75% (atau sesuaikan dengan yang terbaik pada foto kita).

Langkah 3:
Klik Layer, kemudian klik New Adjusment Layer dan tekan Gradient Map. Pilih gradien hitam dan putih.

Langkah 4:
Tekan oke, kemudian pada drop box di Pallete layer bawah, sesuaikan opacity-nya, (aku atur di 56%).

Langkah 5:
Klik layer kemudian new adjusment layer, lalu klik photo filter. Filter akan otomatis berada di warming filter 85% dan sesuaikan dengan opacity-nya menjadi 100%.

Langkah 6:
Tekan oke, kemudian drop box di palette layer bawah, ubah jenis layer ke overlay dan sesuaikan opacity-nya (aku atur ke 42%).


Langkah 7:
Klik layer lalu new adjustment layer, lalu klik color balance. Dan atur warna sesuai dengan dengan keinginan kita.


Nah, ini adalah before after foto yang aku edit pakai photoshop. Keliatan perbedaanya kan? Menurut kamu bagusan yang mana? ^_^


5 comments:

  1. Setuju kakak... Photoshop itu asli rumit banget... hehehe... mungkin karena baru kenalan kali ya... makin sering utak atik insya Allah makin jago dah...

    ReplyDelete
  2. Cakeeep Sis. Bagi ilmu dong supaya jadi kayak Pevita gitu. Sukaaa deh hasilnya!

    ReplyDelete
  3. kalau aku sih tahun 2018 ini pingin belajar adobe after effect.

    ReplyDelete
  4. Kereen.. Jadi modern-vintage gitu hasilnyaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D