Friday, January 19, 2018

Tergoda Operasi Kantung Mata di Jakarta Eye Center


Kadang kecantikan wanita menjadi sebab kebinasaannya

Beberapa waktu lalu, aku sempet nonton tayangan Sarah Sechan di tv. Ketika membawakan acara, Sarah Sechan tampil dengan kacamata dan tanpa malu mengatakan kalau ia baru saja menjalani operasi oculoplasty, berupa pengangkatan lemak di kantung mata bagian bawah agar terlihat lebih segar dan cantik atau yang biasa disebut Blefaroplasti kelopak mata bawah.

Aku sendiri memiliki problem mata yang sama dengan Sarah Sechan. Selain lingkar mata yang hitam, munculnya kantung mata yang cukup besar dan berbeda antara kiri dan kanan. Jujur, itu bikin aku sedikit nggak percaya diri. Sudah coba ditutup pakai makeup tapi tetap aja keliatan. Cari-cari informasi seputar Oculoplasty di internet kok yo aku makin penasaran. 

Selain makin penasaran, aku juga nggak puas dan takut dapet informasi yang salah dari internet. Menurutku sama seperti quote di atas, kadang kecantikan wanita menjadi sebab kebinasaannya. Aku nggak mau keinginan untuk tampil cantik justru malah merusak kesempurnaan yang sudah Tuhan anugerahi. Maka dari itu, aku mutusin ke Jakarta Eye Center Cibubur, untuk konsultasi langsung sama dokter mata profesional.

pemeriksaan mata tahap awal dengen dr. Ardining

Tiba di sana sekitar pukul 16.00, aku ketemu sama dokter mata yang memang sudah janjian sebelumnya, yaitu dr. Ardining R. Sastrosatomo, SpM. Sumpah, dokternya humble dan ramah banget. Aku yang ceriwis tanya ini itu, dijawabnya dengan sabar dan detail. Nah, kurang lebih ini adalah rangkuman hasil sharing aku sama beliau. Siapa tahu juga kamu ada yang berniat operasi kantung mata, double eyelid atau oculoplasty kan?

dr. Ardining sabar banget jawab semua pertanyaan aku dengan detail, hihihi maafin ya dok

Apa sih Oculoplasty itu?

Oculoplasty itu sendiri adalah bedah plastik mata dan tumor yang tujuannya untuk meningkatkan fungsi dan penampilan mata. Dokter spesialis mata yang memiliki keahlian Bedah Plastik Mata akan melakukan bedah plastik apabila indikasinya jelas dan niat pasien sudah bulat.

Lalu apa sih tujuan Oculoplasty?

Oculoplasty atau bedah plastik mata umumnya dilakukan untuk dua hal, yaitu rekonstruksi dan kosmetik.

• Rekonstruksi
Tujuannya untuk memperbaiki kelainan-kelainan yang ada pada kelopak mata, tulang rongga mata, kantung bola mata (soket) dan sistem saluran air mata.
• Kosmetik
Sedangkan kosmetik tujuannya untuk membuat semua yang sudah normal menjadi lebih indah

Perbedaan keduanya terdapat pada fungsinya, kalau rekonstruksi untuk tujuan yang bersifat fungsional sedangkan kosmetik untuk tujuan kecantikan atau estetik.

Kelainan-kelainan apa saja sih yang bisa diperbaiki melalui Oculoplasty Rekonstruksi?

• Kelainan karena trauma atau cedera, yaitu robekan pada kelopak mata
• Kelainan karena cedera tulang-tulang rongga mata dapat menyebabkan bola mata masuk ke dalam ataupun menonjol keluar.
• Kelainan bawaan pada kelopak mata, tulang rongga mata, saluran air mata, dan kantung bola mata (soket).
• Kelainan yang disebabkan oleh tumor kelopak ataupun tumor di belakang bola mata.
• Kelainan karena proses penuaan seperti kelopak bawa berputar ke dalam/ke atas sehingga bulu mata akan menusuk-nusuk kornea yang dapat berakibat kekeruhan pada kornea.
• Kelainan saluran ekskresi air mata dapat terjadi karena infeksi antara lain mata berair dengan pembengkakan pada pangkal hidung.

Kalau Oculoplasty Kosmetik Bagaimana?

Bedah plastik mata kosmetik dilakukan untuk memperindah kelopak atas, bawah, maupun meninggikan alis mata yang turun. Biasanya operasi dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi tanda-tanda di bawah ini:

• Kulit kelopak mata atas yang kendur, sehingga menyebabkan lipatan kelopak mata atas tidak jelas.
• Kelopak mata tidak simetris
• Kelopak mata atas tampak bengkak (gembung) penampilan mata tampak lelah
• Penampilan mata terlihat sipit karena lipatan kelopaknya kurang dalam atau tidak ada.
• Penampilan kulit kelopak mata bawah tampak berlebihan atau keriput.
• Terdapat kantung di kelopak mata bawah

sumber: pintaram.com

Apakah hasil operasi bedah plastik mata kosmetik dapat bertahan lama?

Hasil dari operasi perbaikan kelopak mata tergantung oleh bakat bawaan dan faktor gaya hidup pasien, akan tetapi hasil operasi dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama. dr. Ardining bahkan mengatakan, umumnya pasien senang dengan penampilan mereka selama bertahun-tahun setelah dilakukannya operasi.

Fenomena Oculoplasty di Indonesia

Pas aku tanya, ke dr. Ardining tentang fenomena Oculoplasty atau bedah mata plastik di Indonesia, dr. Ardining bilang, bahwa di Indonesia sendiri peminatnya banyak banget, hanya mungkin sedikit berbeda dengan yang ada di Korea, kalau di Korea mayoritas orangnya operasi membuat lipatan mata (double eyelid), di Indonesia justru kelopak mata yang banyak dibuang (eyelift). Selain itu, operasi kantung mata juga populer dilakukan.

sumber: pintaram.com

Bicara soal kualitas, Indonesia punya kualitas yang tidak kalah dari Korea, atau bahkan Thailand dari segi Oculoplasty. Sehingga masyarakat yang ingin melakukannya, nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri dan menghabiskan uang yang lebih besar.

Kuncinya adalah pilih tempat oculoplasty yang bagus kualitasnya. Hal itu bisa dilihat dari proses yang sesuai dengan prosedur dan tempat yang berizin resmi dari pemerintah. Selain itu kesterilan tempat dan alat yang digunakan juga harus diperhatikan.

dr. Ardining R. Sastrosatomo, SpM

dr. Ardining menjelaskan, banyak kejadian, atau pasien yang ia tangani mengalami berbagai efek samping akibat menjalani Oculoplasty di tempat yang nggak dijamin kualitasnya.

“Makanya penting bagi pasien, memilih klinik mata yang terjamin kualitas dan kestrerilan alat yang digunakan, supaya nggak terjadi berbagai efek samping, seperti terjangkit penyakit menular seperti hepatitis bahkan HIV, atau kelopak mata tidak dapat menutup dengan sempurna, kelopak mata bawah menjauhi bola mata, mata kering, pendarahan di belakang bola mata, menurunnya penglihatan, dan lain-lain”

Rekomendasi Tempat Oculoplasty terbaik di Jabodetabek

Dari hasil konsul dengan dr. Ardining, fix aku makin yakin kalo Oculoplasty itu nggak boleh dilakukan oleh orang sembarangan dan di tempat yang nggak jelas, apalagi di salon. Aku sendiri, kalau terjadi sesuatu sama mataku atau mau tanya-tanya seputar mata ya, ke dr. Ardining R. Sastrosatomo, SpM di Jakarta Eye Center Cibubur saja lah. Lokasinya di JL. Raya Alternatif Cibubur No. 1 Bekasi 171435.


Disclaimer: Tulisan ini dibuat atas dasar inisiatif penulis sendiri, bukan pesanan sponsor. 

Kalau kamu dears, tertarik untuk Oculoplasty juga nggak? Gimana sih pendapat kamu tentang bedah mata plastik? Share di kolom komen dong ^_^


8 comments:

  1. aku pun tergodaaaa.. soalnya dari dulu bagian bawah mata aku tuh berkeriput bgt. klo dipakein concealer ato foundation malah keliatan garis2 gitu. hiks..

    ReplyDelete
  2. Thailand Mahal ongkos pesawat. Alhamdullilah ada di Jakarta. Asik membantu wanita dan devisa negara

    ReplyDelete
  3. Kok agak ngeri ya ngedenger kata operasi nya meski buat mempercantik juga sih... Coba mensyukuri apa yang ada aja kali ya... Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Aku gak tertarik sama sekali mba klo soal bedah2 di area wajahh.. serem 😂

    ReplyDelete
  5. Kantung mata kalau berlebihan bisa sangat mengganggu dan mengurangi performa dan penampilan ya, pantas banyak yg ingin operasi platik bagian ini. Selama operasinya di tempat yg berlisensi dan higienis pasti hasilnya akan memuaskan.

    ReplyDelete
  6. Kalau kantung mata, aku masih memilih dengan make up aja mba kalau memang kdg ingin ditutupi. Untung operasi gini, masih mikir2. Kdg usah takut duluan soalnya

    ReplyDelete
  7. Kalau boleh tahu mba abis biaya berapa operasi kantung matanya? Makasih

    ReplyDelete
  8. maaf mbak kalau biaya kira2 kmrn habis berapa? trims

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D