Wednesday, February 28, 2018

Berprestasi Karena Sarapan, Bener Nggak Sih?


Kalau ada pepatah yang mengatakan ‘posisi menentukan prestasi’, bisa dibilang aku sangat nggak setuju, nyatanya bukan posisi tapi sarapanlah yang menentukan prestasi. Aku ingat betul bagaimana, mama selalu mengingatkan pentingnya sarapan sejak sekolah dasar.

Sebenarnya sarapan adalah hal yang paling malas aku lakukan, Alasannya lucu, takut kebelet pup di sekolah, hehe.

Tapi, alasan itu nggak menghalangi mama untuk memberi anaknya sarapan, jadilah segelas sereal coklat yang praktis, lezat tapi kaya gizi yang dihidangkan di meja makan.

Alhamdulillah, karena konsistensi mama menjaga anaknya agar tetap sarapan berbagai prestasi aku raih selama di sekolah dulu.

Tuesday, February 27, 2018

5 Benda Wajib yang Bikin Lancar Ngerjain Tugas Akhir


Kalau ada pepatah yang mengatakan Tuhan bersama mahasiswa tingkat akhir, rasanya bener banget.
Ibarat kata, tugas akhir (skripsi/tesis/disertasi) adalah ujian terberatnya mahasiswa. Di mana mahasiswa tingkat akhir layaknya pejuang yang berperang melawan tantangan dosen dan kemalasan dirinya sendiri.

Aku sendiri merasakan banget hal ini. Sudah hampir 5 bulan berkutat dengan tesis, data, dan angka-angka yang bikin pusing dan senewen. Kalo boleh curhat, judul tesisku yang agak berbeda dari teman-teman membuat aku sedikit kesulitan, terutama dalam hal mencari teman diskusi. Tapi nggak terlalu jadi masalah sih, yang penting tetap fokus dan nggak ketinggalan benda wajib ini saat ngerjain tesis di mana pun itu, mau di rumah, cafe ataupun co working space.

5 benda wajib inilah yang selalu setia nemenin aku ngerjain tesis sampai selesai:

Monday, February 26, 2018

Sudahkah Nelayan Kita Sejahtera?

sumber : merdeka.com
Di sana, di kampung nelayan tetesan deras keringat membuat orang tak sempat membuat kehormatan, bahkan tak sempat mendapatkan nasi dalam hidupnya terkecuali jagung tumbuh yang kuning. Betapa mahalnya kehormatan dan nasi ~ Pramoedya Ananta Toer

Sepenggal karya sastrawan besar Indonesia Pramoedya Ananta Tour di atas, baru saya sadari betul maknanya kemarin, saat saya menghadiri “Forum Diskusi: Menanti Payung Hukum Pengelolaan TPI oleh Koperasi Perikanan”.

Jujur selama ini, saya makan ikan ya makan saja. Tanpa menyadari bahwa dibalik itu ada perjuangan sang nelayan yang tak pernah putus asa mengharap belas kasih pemerintah akan kesejahteraannya. Saya pikir, Indonesia yang notabene negara maritim, yang hampir sebagian besar wilayahnya adalah perairan, mosok tidak bisa mensejahtrakan nelayannya.

Friday, February 23, 2018

Mengenal iCar Asia Indonesia, Si Nomor Wahid di Portal Online Otomotif

Bicara soal industri otomotif online, siapa sih yang nggak kenal dengan iCar Asia yang merupakan pemilik jaringan nomor wahid di portal otomotif se-ASEAN. Bukan hanya itu, sejumlah pencapaian luar biasa pun berhasil ditorehkannya. 

Di tanggal 23 Februari lalu, iCar Asia mengumumkan hasil pencapaian tingkat pertumbuhan pendapatannya pada tahun 2017, yang sukses meraih angka 87% year on year dan peningkatan 21% EBITDA Loss pada paruh kedua 2017 untuk bisnisnya di Indonesia yaitu Mobil123.com dan Otospirit.com

Regina Glamouria, Country Manager iCar Asia Indonesia

Thursday, February 22, 2018

Review Zoya Lip Paint Elizabeth Limited Edition


Ngomongin soal gincu alias pewarna bibir, memang nggak pernah ada abisnya. Perempuan itu nggak pernah bosan explore berbagai warna ke bibirnya. Contohnya aku yang padahal udah lumayan punya banyak lipen, tapi kalo ada keluaran baru ya kepengen coba dan punya.

Malah lucunya lagi, di kampus, aku punya genk cewe-cewe, yang dinamain gincuers. Alasannya simple, karena kita suka tuker-tukeran dan cobain berbagai gincu yang jadi koleksi masing-masing.

Nah, kali ini aku mau review sedikit salah satu koleksi lipen terbaru aku, dari Zoya Cosmetics. Sebenernya kenal Zoya sudah cukup lama, Zoya adalah salah satu brand fashion muslim favorit aku. Dan sudah tahu juga, kalo Zoya melebarkan saya ke bisnis kosmetik, tapi belum ada kesempatan untuk coba.

Menulis dengan Cinta Setelah Kapok ke India



“Demi Allah, aku nggak akan mau ke India lagi!”, sumpahku di gerbang India Gate, Maret 2011.

India adalah negara yang paling tidak menyenangkan yang pernah aku kunjungi. Kesemrawutan, banyaknya pengemis dan kemiskinan, itulah realita sesungguhnya dari negeri sang Superstar Shah Rukh Khan. Sungguh jauh dengan yang digambarkan di film-film Bollywood yang penuh dengan bunga-bunga cinta dan romansa.

Bukan hanya itu saja, berbagai kendala kerap aku temui saat menyelesaikan pekerjaanku di sana. Belum lagi masalah pribadi dan kisah cinta menyedihkanku yang erat kaitannya dengan India. “Pokoknya sumpah ini adalah kali terakhir aku ke India”.
                     
*****

Thursday, February 15, 2018

Ternyata Begini, Hunian Impian Millenial di Masa Depan


Pernah baca novel NSJ 2122?

Aku pernah dan terkagum-kagum bacanya. Novel itu aku baca ketika SMA dan sampai sekarang masih ingat betul bagaimana ceritanya. Novel itu bercerita tentang kecanggihan di tahun 2122 di mana dunia dikendalikan oleh kecanggihan teknologi.

Satu hal yang amat membekas menurutku, satu persatu cerita yang ada di novel itu entah kenapa seperti terwujud jadi kenyataan. Terutama soal hunian. Dalam novel itu digambarkan, hunian masa depan yang minimalis namun lengkap dan nyaman untuk ditinggali.

Aku jadi makin penasaran untuk cari tahu, seperti apa sih detail hunian impian millenial untuk menyambut masa depan, nah berikut ini rangkuman hasil rasa penasaranku;

Tips Cantik Merawat Kesuburan dan Kesehatan Organ Reproduksi


Ibu adalah yang terhebat di dunia sebab ia melahirkan kehidupan dan memberi nyawa pada kata cinta

Jadi ibu dan calon ibu, itu berat, bahkan Dilan saja nggak bakal sanggup. Karena dari seorang ibu-lah kehidupan bermula, dan masa depan bangsa dipertaruhkan. Ibu yang sehat tentunya akan menghasilkan generasi yang kuat. Makanya penting banget bagi ibu dan calon ibu untuk menjaga kesehatan dan kesuburan organ reproduksinya.

Bicara soal kesuburan organ reproduksi biasanya, wanita mengalami 3 fase yang harus diperhatikan, yaitu memiliki momongan pasca menikah, menjaga kesehatan selama hamil, dan bagaimana agar cepat hamil setelah ber-KB.

Wednesday, February 14, 2018

FWD Loop: Asuransi Kekinian Semudah Belanja Online


Insurance... Nobody wants it but everybody needs it

Kamu udah sadar akan pentingnya proteksi masa depan belum? Aku sendiri sudah, dan merasa nyaman dengan adanya proteksi dari asuransi. Kalo kata Pak Mario Teguh, asuransi itu ibarat uang kecil yang membeli uang besar. Kalau kita tidak paksa diri bayar uang kecil, maka suatu saat nanti kita akan dipaksa bayar uang besar.

Tapi sayangnya banyak orang yang nggak sadar akan pentingnya asuransi, menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepanjang triwulan III-2017, menunjukkan pendapatan premi asuransi jiwa meningkat 20% menjadi Rp. 139,27 triliun. Bila dirincikan, maka total premi asuransi baru bertumbuh 21,2% (yoy) menjadi 84,16 triliun dan total premi lanjutan mencapai Rp. 55,11 triliun atau naik 18,2% (yoy).

Walaupun meningkat, namun angka peningkatan preminya tidak sejalan dengan angka penetrasi dan jumlah agen asuransi yang belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Terbukti dari angka penetrasi asuransi yang masih berada di angka 2,99% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angka yang lebih rendah bila dibandingkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah berada di level 5%.

Tuesday, February 13, 2018

Xpander Plant Tour: Mengungkap Rahasia Dibalik Kesuksesan New Generation MPV


“The cars we drive say a lot about us.” 

Ngomongin soal mobil, percaya nggak kalau saya bilang mengunjungi salah satu pabrik mobil dan melihat langsung bagaimana proses pembuatannya adalah salah satu resolusi hidup saya. Hal itu berawal dari anggota keluarga yang selalu menceritakan pengalamannya bekerja menjadi bagian produksi salah satu pabrikan mobil asal jepang.

Ia kerap bercerita bagaimana kerennya teknologi pembuatan mobil sekarang ini. Termasuk kedisiplinannya dan bagaimana mereka memperlakukan karyawannya dengan baik.

Monday, February 5, 2018

Review: K-AyuArtis Oil, Si Mungil Berjuta Khasiat


Sesungguhnya blogger dan deadline itu bagai dua sisi mata uang yang tak terpisahkan ~ Novitania

Hal yang paling menyebalkan dari dikejar deadline adalah jadi kurang tidur dan gampang masuk angin. Bukan cuma itu, kadang ditambah dengan nyeri otot dan nyeri sendi. Itu yang jadi problemku selama jadi blogger. Habis gimana, waktu menjelang dealine itu biasanya kreativitas sering kali muncul.

Orang rumah sampe bosen denger aku nggak enak badan atau masuk angin dan sering ngedumel kalo aku minta tolong kerokin. Soalnya keseringan hehe.

Parahnya, hampir tiap menjelang tidur aku minum obat pegel linu, bangunnya memang badan jadi lebih enakkan, tapi kok yo aku ngerasa kasihan sama ginjalku. Takutnya terlalu sering konsumsi obat-obatan ginjal jadi lelah dan rusak.

Friday, February 2, 2018

Cegah Diabetes dengan Makan Enak, Risiko Terkendali



Diabetes the sillet killer which kills part by part of our life

Dears tahu nggak kalau diabetes menempati urutan ketiga pembunuh terbesar di Indonesia setelah kardiovaskular dan stroke?

Jujur aku baru tahu fakta itu saat hadir di acara “Cegah Diabetes dengan CERDIK” bersama Kemenkes dan PT. Kalbe Farma Tbk. Bahkan bukan cuma itu, menurut data yang ada, sekitar 70% masyarakat yang berpotensi terserang diabetes nggak sadar akan hal itu. Padahal bisa dibilang diabetes adalah ibu dari segala penyakit yang akan pelan-pelan membunuh kita dan mengundang penyakit komplikasi lainnya. Duh serem ga sih?

Thursday, February 1, 2018

Bosan dengan Suasana Kerja yang Monoton? Ke DYL Aja


Think outside of the box, your creativity is not found in your comfort zone.

Pernah nggak kamu baca artikel tentang betapa keren dan uniknya kantor Facebook, Google dan Yahoo?

Aku pernah dan bahkan berharap bisa bekerja di sana, bukan semata-mata karena gajinya yang besar, tapi karena desain kantornya yang bikin para karyawan betah sehingga merangsang kreativitas dan ide-ide brilian lah yang menjadi alasanku. Nyatanya memang menurut penelitian, suasana kerja yang nyaman dengan desain yang menawan membuat kreativitas semakin meningkat. 

Tapi sekarang aku nggak perlu ngarep terlalu jauh untuk bisa kerja di FB, Google atau Yahoo, karena sekarang banyak coworking space yang nyaman dan menawarkan sesuatu yang berbeda, salah satunya adalah DYL atau Dynamic Youth Lounge yang ada di K-Link Tower lantai 9, Jalan Gatot Subroto Kav. 59A