Tuesday, February 27, 2018

5 Benda Wajib yang Bikin Lancar Ngerjain Tugas Akhir


Kalau ada pepatah yang mengatakan Tuhan bersama mahasiswa tingkat akhir, rasanya bener banget.
Ibarat kata, tugas akhir (skripsi/tesis/disertasi) adalah ujian terberatnya mahasiswa. Di mana mahasiswa tingkat akhir layaknya pejuang yang berperang melawan tantangan dosen dan kemalasan dirinya sendiri.

Aku sendiri merasakan banget hal ini. Sudah hampir 5 bulan berkutat dengan tesis, data, dan angka-angka yang bikin pusing dan senewen. Kalo boleh curhat, judul tesisku yang agak berbeda dari teman-teman membuat aku sedikit kesulitan, terutama dalam hal mencari teman diskusi. Tapi nggak terlalu jadi masalah sih, yang penting tetap fokus dan nggak ketinggalan benda wajib ini saat ngerjain tesis di mana pun itu, mau di rumah, cafe ataupun co working space.

5 benda wajib inilah yang selalu setia nemenin aku ngerjain tesis sampai selesai:

1. Laptop
sumber: today.line.me

Laptop bisa dibilang soulmate-nya mahasiswa tingkat akhir. Hampir setiap hari, tas nggak pernah alfa dari laptop. Di mana aja dan kapan aja, setiap ada kesempatan pasti sebisa mungkin nyicil tesis. Kalo laptop sampe ketinggalan atau bahkan abis batere dan nggak ada stop kontak rasanya itu mati kutu. Kebayang-bayang tesis, tumpukan revisian dan omelan dosen *upsss.

2. Kacamata


sumber : hellosehat.com

Kalo lagi ngerjain tesis, kadang memang suka nggak inget waktu. Bisa berjam-jam di depan laptop. Jujur itu bikin mata meleleh. Makanya penting untuk selalu bawa kacamata kerja atau kacamata baca. Biar mata nggak mudah lelah. Jangan lupa atur juga cahaya dari layar laptop agar jangan terlalu terang.

3. Literatur penunjang tugas akhir


sumber: favim.com

Hal ketiga yang nggak boleh terlupa adalah, literatur penunjang tugas akhir. Buku, fotokopian, catetan, diktat, modul dan lain-lain. Kalau terlalu berat membawa semuanya, kamu bisa rangkum atau kopi bagian yang penting sehingga nggak perlu repot membawa buku tebal-tebal.

4. MP3
sumber: dailydot.com

Banyak penelitian yang menujukkan musik dapat meringankan pikiran dari gejala stress dan memberi semangat saat melakukan aktivitas. Karena itu, selalu sedia MP3 dengan playlist music favorit juga membantu kita menyelesaikan tugas akhir. Tapi yang perlu diingat jangan sampai jadi keasikan denger musik ya. Nanti malah tugas akhirmu terbengkalai.

5. Kalkulator

sumber: melali.news

Yang namanya tugas akhir pasti nggak jauh-jauh dari data dan angka. Rasanya menghitung dengan fitur kalkulator di handphone aja nggak cukup ya. Butuh kalkulator sesungguhnya yang bisa membantu kita menyelesaikan tugas akhir. Ngomongin soal kalkulator, dari zaman sekolah dasar aku sudah percaya banget sama Casio. Selain awet, berkualitas, desainnya juga keren. Bahkan sekarang casio hadir dengan warna-warni yang lebih stylish.

Nah ngomongin soal warna, menurut banyak penelitian, warna juga bisa membantu kita menyegarkan otak dan mempermudah kita dalam mengingat atau mengerjakan sesuatu. Pas banget nih, dengan tampilan baru #CasioMyStyle 

Kemarin aku iseng-iseng cek apa sih warna yang sesuai dengan kepribadianku. Di www.knowyourcolor.id kita bisa tahu apa warna yang sesuai dengan kepribadian kita. Ada sejumlah pertanyaan yang bisa kita jawab, nah hasil itulah yang menentukan warna yang pas untuk kita.


Dari hasil cek, ternyata warna kepribadianku adalah PINK. Pas banget dengan kalkutator Casio yang berwarna pink.
At least, menurutku, knowyourcolor.id itu tepat sih.

Karena tampilan barunya yang colorful dan elegan, Casio Pink-ku jadi rebutan keluarga di rumah, keponakanku bahkan jadi semangat belajar berhitung dengan kalkulator. Di usianya yang masih 3 tahun, ia sedang giat-giatnya belajar angka.

Hal ini mungkin dapat dijadikan tips agar anak lebih giat belajar, yaitu dengan membelikan peralatan sekolah yang berwarna-warni sesuai dengan warna kesuakaan anak.

Pas banget ini, di mataharimall.com sedang ngasih promo spesial diskon 20% untuk pembelian kalkulator Casio, caranya gampang banget cukup dengan masukkan kode berikut ini: 
CASIOBLOGQJ68W27

Caranya dengan:
  1. Copy paste kode berikut ini,
  2. Masukkan kode voucher di kolom “kode kupon”
  3. Klik add
  4. Nominal pembayaran kamu akan otomatis dikurangi sesuai dengan jumlah voucher kamu

Ingat ya, vocher hanya bisa digunakan sebelum melakukan order dan tidak bisa ditambahkan setelah selesai order.

Menurutku, 5 benda wajib ini nggak boleh ketinggalan saat kita lagi mengerjakan tugas akhir dear. Kamu ada pengalaman seputar mengerjakan tugas akhir nggak? share di kolom komen dong ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D