Wednesday, February 28, 2018

Berprestasi Karena Sarapan, Bener Nggak Sih?


Kalau ada pepatah yang mengatakan ‘posisi menentukan prestasi’, bisa dibilang aku sangat nggak setuju, nyatanya bukan posisi tapi sarapanlah yang menentukan prestasi. Aku ingat betul bagaimana, mama selalu mengingatkan pentingnya sarapan sejak sekolah dasar.

Sebenarnya sarapan adalah hal yang paling malas aku lakukan, Alasannya lucu, takut kebelet pup di sekolah, hehe.

Tapi, alasan itu nggak menghalangi mama untuk memberi anaknya sarapan, jadilah segelas sereal coklat yang praktis, lezat tapi kaya gizi yang dihidangkan di meja makan.

Alhamdulillah, karena konsistensi mama menjaga anaknya agar tetap sarapan berbagai prestasi aku raih selama di sekolah dulu.

Perbedaan Drastis: Sarapan vs Tidak Sarapan


Beberapa kali melewatkan momen sarapan membuat aku merasakan betul perbedaan drastis antara sarapan sebelum beraktivitas dan tidak.

Tugas dan pekerjaan yang cukup padat, membuat pola tidurku berantakan dan sering melewatkan momen sarapan. Hal itu, kadang membuat pagiku seolah nggak cerah, kantuk selalu melanda, dan emosiku kadang suka nggak terkontrol.

Makanya belajar dari, itu aku mulai menyemangati diri, untuk nggak melewatkan momen sarapan sebelum jam 9 pagi, karena menurut penelitian, banyak banget manfaat sarapan, yang bisa kita dapatkan:


1. Menjaga konsentrasi otak
Untuk menjaga konsentrasi, otak harus bekerja dengan baik, karena itu diperlukan asupan energi yang menjadi bahan bakar. Banyak penelitian yang menunjukkan hasil positif bahwa sarapan yang tepat dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir dan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita beristirahat.

2. Jadi sumber energi
Layaknya kendaraan yang membutuhkan bensin agar tetap jalan dan melaju, begitu pun dengan tubuh kita. Perlu diisi asupan sarapan yang tepat agar dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas sepanjang hari.

3. Metabolisme tubuh seimbang
Saat tidur, tubuh kita tidak mengonsumsi makanan sama sekali, sehingga pada pagi hari kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas. Namun, jika aktivitas sarapan ini terlewatkan, maka tubuh secara terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen.

Hal ini tentu akan membawa dampak buruk bagi tubuh, karena metabolisme yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag, lemas, tidak bertenaga, dan lain-lain.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang prima ditandai dengan selalu bersemangat melakukan segala aktivitas. Berbagai penelitian menyebutkan dengan memilih menu sarapan yang tepat. Daya tahan tubuh menjadi lebih prima dan terhindar dari rasa kantuk.

5. Sehat sampai tua
Faktor pendukung untuk memiliki tubuh sehat dari usia muda hingga tua dan terhindar dari berbagai penyakit seperti hipertensi, obesitas, jantung sampai diabetes adalah dengan melakukan sarapan pagi sebelum jam 9. Dengan sarapan pagi, kita dapat mengurangi berbagai risiko penyakit tersebut dan memiliki tubuh sehat sampai tua.


Tapi, Apakah Semua Menu Sarapan itu Baik untuk Tubuh?

Faktanya adalah tidak semua menu sarapan baik untuk tubuh, menu sarapan dengan kadar gula tinggi, dan makanan berlemak justru memiliki dampak buruk. Karena itu, penting untuk kita kenali, menu yang tepat dan sehat untuk sarapan.

Menurut sejumlah penelitian, makanan yang rendah lemak, tinggi protein, dan kaya serat adalah pilihan terbaik untuk sarapan.

Mungkin banyak yang merasa ribet memilih sarapan yang rendah lemak, tinggi protein dan kaya serat di pagi hari. Karena memang pagi hari adalah waktu paling hectic, di mana kita harus berkejaran dengan macetnya jalan raya. Terlambat sedikit saja, bisa berakhir dengan SP 1 atau tidak boleh masuk oleh dosen.

Don’t worry, dear, ada solusi sarapan praktis yang cepat dan juga sehat dari energen.

Sebenernya, energen ini adalah sarapan yang selalu dihidangkan mama sejak aku SD. Salah satu yang berperan mengantarkanku meraih sejumlah prestasi.


Sebungkus energen seperti paket komplit, yang berisi sereal dan susu dengan sigmavit, yang merupakan paduan vit. A, vit. B1, vit. B2, vit. B6, vit. B12, vit. D, vit. E, asam folat dan kalsium yang amat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi asupan gizi harian.

Energen juga hadir dengan banyak varian rasa dan khasiat yang berbeda-beda,
  • Energen Coklat: mengandung vitamin yang tinggi sehingga dapat menghilangkan stress.
  • Energen Vanila: dilengkapi dengan aroma vanila yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran
  • Energen Jahe: mengandung jahe yang berkhasiat menghangatkan tubuh dan memperkebal sistem imun.
  • Energen Jagung: dengan bulir asli jagung yang kaya kalori dan membuat kenyang lebih lama
  • Energen Kacang hijau: kacang hijau yang kaya serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, yang energen juga mudah banget didapat. Tersedia di supermarket, minimarket, bahkan warung kelontong juga ada. Sering kali stok energen habis di rumah dan akhirnya beli ke warung tetangga.


Tips Nikmat Minum Energen Saat Sarapan

Aku sendiri punya resep rahasia dalam menyajikan energen di pagi hari, yang bisa kamu coba di rumah:
  1. Minum energen sebelum jam 9 pagi, agar manfaat sarapan tidak terlewatkan.
  2. Sajikan dengan gelas kesayangan kamu. Hal itu akan menambah mood dan semangat kamu sebelum beraktivitas.
  3. Seduh dengan air hangat 150 ml, tapi aku lebih suka disajikan lebih kental agar susu dan gandumnya lebih terasa.
  4. Sebelum minum, hirup dulu aroma energen yang menguap dari gelas, hal itu dapat membuat tubuh kita lebih rileks.

Setuju nggak kalau aku bilang, sarapan itu bagai bahan bakat lokomotif yang mengantarkan kita menuju gerbang prestasi? Kalau kamu setuju dan punya pengalaman lain seputar sarapan, share di kolom komentar ya ^_^


48 comments:

  1. Aku paling suka energen rasa jagung... Tapu masih agak susah ya ditemuin di warung deket rumah, hehehe kudu ke minimarket dulu... Maksudnya ga sebanyak energen coklat gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Natara,

      aku paling suka yang coklat. iya di minimarket banyak tersedia trus lengkap varian rasanya,

      Delete
  2. iyaaa sama aku jg selalu kurangin air ny biar terasa lebih kental jd rasa susu nya lebih terasaaa .... Energen sereal must item bgt yg harus di bawa saat qt traveling, nolong banget bikin kenyang lama dan sehat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vibri YAnti.

      setuju, lebih terasa dan lebih nikmat yaa. aku pribadi juga selalu bawa saat traveling, dan jadi penyelamat di kala lapar

      Delete
  3. Pagi² paling suka kalo minum energen, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Icha,

      emang waktu paling nikmat minum energen ya pagi-pagi. bikin kenyang tapi ga eneg yaa

      Delete
  4. Aku juga cerewet nih kalo soal sarapan ke anak-anak. Apalagi mereka sekolah sampai sore. energen bisa jadi solusi tuk sarapan ringkas, padat dan bergizi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Hida.

      setuju mba, solusi banget ya, sarapan sehat ringkas dan bergizi. anak anak jadi semangat sekolah

      Delete
  5. Kalo berangkat sekolah Raiban juga suka banget minum energen, aku sukanya vanila, anak" dan bojo suka coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Echi,

      wah satu keluarga suka yaa, nyetok banyak rasa dong yah. kalo aku hampir satu keluarga sukanya coklat

      Delete
  6. Replies
    1. Hai Bangfad,

      Tosss. samaan dong kita. aku juga sukanya yang coklat. makasih ya

      Delete
  7. Haidar juga selalu sarapan dengan energen rasa coklat tapi kalau siang energen coklat nya di tambah batu es jadi lebih segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai SAdewi,

      wah tips baru nih, ditambah est batu juga enak yaa? oke mau coba ah

      Delete
  8. Sarapan itu penting banget, terutama buat anak-anak sekolah. Kalu ngga sarapan, pasti mereka jadi mgga fokus buat belajar di sekolah. Di rumah pun aku biasain anak-anak buat sarapan walau cuma pakai segelas susu atau minuman sereal kaya energen. Yang penting, sarapan tiap pagi itu harus. Kecuali bulan puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Risalah Husna,

      betul mba, sarapan itu penting banget. dan emang bikin ga fokus kalo ga sempet sarapan. udah gtu bikin sering masuk angin. aku pribadi juga sebnernya ga terlelu suka sarapan, eneg kalo kebanyakan diisi makanan pagi pagi. makanya minum energen ini solusi banget. ppraktis, bergizi, dan enak

      Delete
  9. Sarapan memang awal yg penting utk sebuah aktivitas, dan itu wajib,, suka energen varian coklat, sesekali dikasih ini klo.kesiangan bangun��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Utie Adnu

      setujuuuu, akupun suka yang coklat. makanya itu dia kenapa sarapan jadi penting banget ya mba

      Delete
  10. Wah enak ini buat sarapan pagi ya neng.
    Hangat dan langsung kenyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Tika Samosir,

      enak, praktis, dan simple kak.
      selain itu bergizi lagi

      Delete
  11. Saya setuju. Kalau sarapan itu punya peran penting dlm membentuk energi dan semangat untuk memulai hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Siti Nurjanah,

      makanya ga boleh ketingalan sarapan ya mba. sebisa mungkin harus sarapan. dan segelas energen juga udah cukup

      Delete
  12. Setuju banget, kalau anak ga ketinggalan sarapan pasti bersemangat untuk belajar dan akan berprestasi di sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Anisa Deasty

      Iya Mba, makanya kadang ada anak yang suka lemes di sekolah ya karena ga sempet sarapan. aku sendiri selalu nyetok biar ga terlwat momen sarapan hehe

      Delete
  13. Aku juga biasa minum energen tapi kok laperan mulu ya Sis. Keknya perlu dua bungkus energen cokelat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Helena Mantra,

      wah wah, kamu makannya banyak juga yaa.
      oke dua bungkus energen pun ga ada masalah sis, yang penting ga lupa sarapan dan kenyang hehe

      Delete
  14. Wah ternyata sarapan itu penting ya... Berkat energen sarapan praktis jd terpenuhi y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bunda Novitalevi

      betul bun, sarapan itu penting banget. makanya ga boleh terlewat. segelas energen juga udah cukup lho

      Delete
  15. Aku suka energen rasa vanila & coklat bikin kenyang setiap pagi dan selalu semangat untuk meraih cita-cita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kakak Sifora,

      aamiin aamiin, akupun demikian kaka sif. makanya harus semangat setiap pagi dan ga lupa sarapan

      Delete
  16. Ini andalanku banget pas masih kuliah dulu di Jogja. 😋

    ReplyDelete
  17. Heheh samaaa energen andalan aku klo kang sayur belum dateng jadi anak2 sarapan pake ini.

    ReplyDelete
  18. energen emang sarapan yg praktis, aku suka makan tanpa diseduh...

    ReplyDelete
  19. bener banget kalau sarapan praktis di pagi hari membantu anak-anak konsentrasi di kelas.

    ReplyDelete
  20. Anakku suka energen, kalao lago buru2 sarapannya energen

    ReplyDelete
  21. bner banget kak, aku selalu sarapan krn utk suplai kerja otak di pagi hari, apalagi minum energen pun udah mengenyangkan dan bergizi :D

    ReplyDelete
  22. Aku ngerasain banget tuh bedanya memulai hari dgn sarapan vs tanpa sarapan. Duuuhhhh gak bisa ngapa2in jadinya. Karena kepala jd kliyengan gak jelas sampe sore.

    ReplyDelete
  23. benerrr.. aku tuh tipe yang laperan dan gak konsen kalo gak sarapan, makanya dulu jaman sekolah kalo nggak sarapan, ya di sekolah pun jadi gak berenergi, jadi ngaruh dong ke prestasi di sekolah.

    ReplyDelete
  24. AKu nggak pernah melewatkan yang namanya sarapan, Wajib, Kudu Pakai banget. Soalnya ini energy penting, buat menunjang aktivitas seharian. Thanks tambahan ilmunya

    ReplyDelete
  25. Yes, sarapan memang penting. apalagi baiknya sebelum jam 9.

    ReplyDelete
  26. Sarapan penting banget buatku! Soalnya kalau nggak sarapan, sampai kantor aja udah lemes banget :(

    ReplyDelete
  27. Energen rasa coklat aku suka, dlu pas masih sekolah klao gk smpet sarapan biasanya nyesuh energen.

    ReplyDelete
  28. Hahahahahha, cara konsumsi energen nomor 4 lucu juga, macam minum kopi dulu kak. Kalau saya suka energen yang coklat.

    ReplyDelete
  29. Iya banget. Energen penolong lapar. Sekarang anakku krn udh 2 tahun, kasoh ajalah energen kalau kepepet. Mayan buat ganjel dl

    ReplyDelete
  30. Saya termasuk yang gak bisa sarapan dengan menu berat, sehingga Energen ini pernah jadi pilihan buat sarapan, praktis dan cepat pula hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D