Friday, February 23, 2018

Mengenal iCar Asia Indonesia, Si Nomor Wahid di Portal Online Otomotif

Bicara soal industri otomotif online, siapa sih yang nggak kenal dengan iCar Asia yang merupakan pemilik jaringan nomor wahid di portal otomotif se-ASEAN. Bukan hanya itu, sejumlah pencapaian luar biasa pun berhasil ditorehkannya. 

Di tanggal 23 Februari lalu, iCar Asia mengumumkan hasil pencapaian tingkat pertumbuhan pendapatannya pada tahun 2017, yang sukses meraih angka 87% year on year dan peningkatan 21% EBITDA Loss pada paruh kedua 2017 untuk bisnisnya di Indonesia yaitu Mobil123.com dan Otospirit.com

Regina Glamouria, Country Manager iCar Asia Indonesia


“Hasil yang dicapai merupakan indikasi yang jelas bahwa pembeli mobil memilih website Mobil123.com untuk mencari, membeli atau menjual mobil mereka. Pengunjung website dan jumlah leads menguat sepanjang tahun dan masing-masing mencapai 38% dan 16% year on year pada bulan Desember 2017”.

Statment Regia Glamouria, selaku Country Manager iCar Asia, Indonesia seolah makin menegaskan eksistensi mobil123.com di industri otomotif online di Indonesia. Hal ini tentu membantu memberikan dampak pada pertumbuhan jumlah dealer berbayar setiap bulannya untuk mempromosikan iklan mereka, yang melonjak sebesar 77% di bulan Desember lalu dibandingkan tahun sebelumnya.

Pendapatan iCar Asia di Indonesia tumbuh 87% year on year seiring dengan berjalannya strategi monetisasi. Pertumbuhan sebesar itu juga didapat karena strategi yang sangat fokus dalam menyediakan solusi teknologi inovatif dan terus menjadi market leader di Indonesia.

Nah, dengan menjadi mitra pemasaran yang tepat bagi para pelanggan, iCar juga memastikan dengan platform sederhana dan efektif bagi konsumen telah membantu mencapai pertumbuhan ini. Hasil ini tentunya akan menambah keyakinan iCar Asia di Indonesia di tahun 2018 ini.


sumber mobil123.com

Dan menurut data yang ada, pertumbuhan year on year tahun 2017 menempatkan mobil123.com pada posisi terdepan portal jual beli otomotif Indonesia. Hal ini menunjukkan pertumbuhan jumlah listing mobil123.com 4,3 kali lebih banyak dari pesaing vertikal terdekatnya dan 1,1 kali lebih banyak dari pesaing horizontal terdekat di industri serupa.

Hal ini sudah pernah aku bahas sebelumnya dear, karena memang mobil123.com menyediakan berbagai kemudahan dalam proses jual beli mobil.


Kini, makin banyak produsen dan dealer mobil yang sadar akan manfaat digital berserta kemudahan sistem online untuk masyarakat, nggak heran kalau sekitar 19% produsen mobil dan 14% dealer mobil baru saat ini telah berbayar untuk beriklan di iCar Asia di Indonesia.

Outlook 2018: Momentum Hebat dan Jalur Pertumbuhan yang Jelas bagi iCar Asia di Indonesia

Hamish Stone, selaku CEO iCar Asia Limited menjelaskan,

Hamish Stone, CEO iCar Asia Limited

“Dengan hasil akhir yang baik di 2017, di tahun 2018 Perusahaan telah siap untuk memperoleh keuntungan dari kondisi ekonomi yang positif di kawasan ASEAN dan pemulihan industri otomotif di semua pasar di mana iCar Asia beroperasi."

Mr. Stone mengatakan bahwa, secara Grup iCar Asia Limited (Perusahaan) juga memiliki hasil YoY yang membanggakan. Hasil keuangan dicapai bersamaan dengan memberikan pertumbuhan yang baik di semua metrik operasional utama Perusahaan di semua negara.

Highlight di seluruh Grup iCar Asia Limited untuk bulan Desember 2017 meliputi:

  • 48 % pertumbuhan YoY jumlah pengunjung website menjadi 11,2 juta pengunjung unik.
  • 42 % pertumbuhan YoY leads dengan menghasilkan lebih dari 1 juta total leads
  • 23 % pertumbuhan YoY total akun berbayar yaitu lebih dari 5,900 akun berbayar
  • 52 % peningkatan jumlah sundul iklan di seluruh Perusahaan (catatan: ‘sundul’' adalah produk berbayar yang mempromosikan iklan ke hasil pencarian yang relevan teratas) menjadi 247.000 sundul
  • Total jumlah iklan aktif bertumbuh YoY 12% menjadi 479,000 iklan aktif


Ke depannya iCar Asia akan terus mengembangkan core businessnya, sebagai marketplace mobil bekas dan media beriklan digital, serta memanfaatkan posisinya sebagai market leader untuk berkembang lebih jauh memberikan pelayanan untuk industri mobil baru, events, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan layanan jual beli kendaraan.

Dan menurutku, sebagai marketplace terbesar dan terpercaya di kawasan ASEAN, iCar Asia tentunya berada dalam posisi yang bagus untuk meraih keuntungan karena kawasan ini terus berkembang di dalam transformasi dunia digital. Menurut kamu gimana dear?


For more information you can contact:

Regia Glamouria
Country Manager
iCar Asia Indonesia
Mobile: +62 816 805 926
Email: regia.glamouria@icarasia.com


Hamish Stone
Chief Executive Officer
iCar Asia Ltd
Mobile: +6017 473 3778
Email: hamish.stone@icarasia.com






8 comments:

  1. Pencapaian yang luar biasa di bidangnya. iCar dengan portal otomotifnya Mobil123.com dan Otospirit.com melaju kencang untuk portal otomotif penjualan mobil online di Indonesia dan ASEAN. Salut.

    ReplyDelete
  2. Berbicara mengenai otomotif, banyak bermunculan di Indonesia, semoga dengan adanya Otospirit.com penjualan mobil Online Indonesia dan ASEAN semakin meningkat dan menjaga kualitas serta kepercayaannya.

    ReplyDelete
  3. Keren lah portalnya bisa mendunia. Kita jadi punya referensi kendaraan terbaik.

    ReplyDelete
  4. OO jadi mobil123 itu bagian dari iCar ya?pantes keren banget dan pencapaiannnya cukup menakjubkan. Makasih sharing infonya ya.

    ReplyDelete
  5. Semakin pesatnya teknologi, informasi mengenai otomotif semakin banyak dan up to date. Yg psti lebih memudahkan bagi yg membutuhkan informasinya

    ReplyDelete
  6. Hebat ya.. baru icar bagian dari mobil123

    ReplyDelete
  7. Keren banget ya semakin berinovasi terus neh Mobil123. Pelayanannya memang full service dengan memunculkan system iCar.

    ReplyDelete
  8. Keren bisa jadi best refrensi kita untuk mendapatkan kendaraan yg terbaik.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D