Thursday, February 15, 2018

Tips Cantik Merawat Kesuburan dan Kesehatan Organ Reproduksi


Ibu adalah yang terhebat di dunia sebab ia melahirkan kehidupan dan memberi nyawa pada kata cinta

Jadi ibu dan calon ibu, itu berat, bahkan Dilan saja nggak bakal sanggup. Karena dari seorang ibu-lah kehidupan bermula, dan masa depan bangsa dipertaruhkan. Ibu yang sehat tentunya akan menghasilkan generasi yang kuat. Makanya penting banget bagi ibu dan calon ibu untuk menjaga kesehatan dan kesuburan organ reproduksinya.

Bicara soal kesuburan organ reproduksi biasanya, wanita mengalami 3 fase yang harus diperhatikan, yaitu memiliki momongan pasca menikah, menjaga kesehatan selama hamil, dan bagaimana agar cepat hamil setelah ber-KB.

pic by: caracaracepathamilmudah.blogspot.com

Nah, berdasarkan sharing dengan banyak teman yang sudah menjadi ibu, dan membaca beberapa artikel kesehatan, berikut aku rangkum, tips cantik merawat kesuburan organ kewanitaan agar cepat hamil:

1. Mulai dengan berdoa dan memohon kepada Allah

Langkah paling awal yang dapat kita lakukan ketika ingin memiliki momongan adalah berdoa. Kita tidak boleh meremehkan kekuatan doa, jika ditilik dari sisi psikologis, doa dapat membantu kita agar selalu berpikir positif. Dengan doa harapan-harapan kita akan terus dipertahankan.

Bahkan menurut pernyataan dr. Somporn Kantharadussadee Triamchaisri, berdoa dapat membantu kita meningkatkan kesehatan fisik. Secara tidak langsung berdoa dapat menjadi meditasi yang menjaga fisik dan mental kita.

2. Bekali diri dengan pengetahuan tentang program hamil

Ketika berdoa sudah menjadi rutinitas, maka langkah berikutnya adalah melengkapi diri dengan pengetahuan seputar kehamilan. Di zaman sekarang ini banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan, salah satunya buku, majalah, buletin, youtube, dan lain-lain. Tak ada salahnya memperkaya diri dengan ilmu dari sana.

Selain itu, kita juga bisa mengikuti berbagai forum kehamilan dan bertukar pikiran dengan orang lain yang mungkin sudah berpengalaman, atau mengalami masalah serupa.

3. Kenali masa subur

Mengetahui kapan masa subur kita adalah kunci keberhasilan program hamil. Masa subur atau yang biasa disebut dengan ovulasi adalah masa di mana lepasnya sel telur matang dari folikel ovarium, untuk menuju tuba falopi. Dan masa-masa menjelang ovulasi (2-3 hari sebelumnya) inilah sel telur sangat tepat untuk dibuahi.

pic by mamahmuda.com

4. Berhubungan saat masa subur

Berhubungan saat masa subur adalah langkah paling tepat dalam mempercepat kehamilan. Hal tersebut bisa dilakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.


5. Hindari kebiasaan yang mengganggu kesuburan

Banyak banget, hal yang terkadang sering kita lakukan namun ternyata memiliki dapat yang buruk bagi kesuburan, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, makan makanan cepat saji, konsumsi terlalu banyak kafein, berolahraga terlalu keras dan stress. Hal-hal tersebut sebisa mungkin kita kurangi agar kesuburan organ reproduksi tetap terjaga.

6. Rutin minum vitamin yang membantu kesuburan

Langkah lain yang dapat kita lakukan untuk membantu kesuburan reproduksi adalah rutin mengonsumsi vitamin khusus. Banyak sekali vitamin di luar sana yang memiliki manfaat demikian. Namun penting untuk kita tahu agar jangan sampai salah memilih vitamin atau suplemen. Salah-salah bukan kesehatan yang didapat, malah ternyata merugikan kesehatan.

Banyak temen-temenku yang sharing tentang vitamin yang mereka konsumsi untuk menjaga kesuburan, salah satu rekomendasinya adalah Harvest Suplemen.
Setelah tips berikut dilakukan, dan ovum telah sukses dibuahi alias mengandung, maka langkah berikutnya adalah menjaga kesehatan kandungan. Banyak cara yang bisa dilakukan dan sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter kandungan yaaa.

Moga tips di atas bisa membantu kamu yang sedang program hamil ya dear. Kalau kamu punya tips lain seputar kehamilan atau tips cepat hamil setelah KB, jangan lupa sharing di kolom komentar ya ^_^

2 comments:

  1. Noted, nanti bisa dipraktekkan kalau sudah waktunya

    ReplyDelete
  2. Wah ilmu baru nih.. thanks for sharing

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D