Friday, March 9, 2018

Tips Bijak Belanja Online


Perempuan dan belanja online itu ibarat mpek-mpek dan cukonya, satu kesatuan yang nggak bisa dipisahin. Begitupun denganku. Belanja online bukan lagi hobi tapi rutinitas yang selalu dilakuin tiap invoice cair hehe.

Nah, ngomongin soal belanja online, dulu aku beberapa kali punya pengalaman buruk soal itu, mulai dari ketipu, barang nggak sesuai pesanan dan zonk alias dapet barang yang kualitasnya jelek atau kw.

Waktu itu ketipu, karena tergoda akan promo murah yang menggiurkan, padahal belom kenal sama CS dari online shopnya. Selain itu juga, profil online shopnya terbilang cukup meyakinkan, dan sudah banyak yang pesen juga. Tapi ternyata, setelah transfer, ia menghilang bak ditelan bumi. Barangku nggak pernah kedengaran kabarnya. Kesel? Pasti, tapi aku ikhlasin, anggap saja sedekah. Dan dari situ belajar lebih bijak lagi.

Pengalaman kedua, barang yang dikirim nggak sesuai pesenan. Pernah beli baju di online shop, aku pesen rok panjang dengan warna toska, tapi yang dikirim warna biru dengan model berbeda walau sedikit mirip. Kecewa? Pasti, tapi alhamdulillahnya, masih bisa kepake dan warnanya juga masih cocok di aku.

Pengalaman ketiga, zonk alias dapat barang kw. Waktu itu, aku beli lipstik yang lagi booming-boomingnya. Lip matte berbentuk pensil. Sebelumnya sudah coba merk lip matte itu punya teman, dan ngerasa enak dan cocok di bibir. Tapi pas aku beli di online shop. Barang yang sampai ke aku, malah yang kw alias palsu. Lip mattenya kering banget, sampai susah dipulas di bibir. Udah gitu nggak lama patah >_<. Dasar nasib, ingin cantik malah rugi.

sumber: mediakonsumen.com

Belajar dari tiga pengalaman burukku di atas, sekarang aku punya tips bijak, yang bisa diterapkan sebelum memutuskan belanja online biar kejadian-kejadian buruk itu nggak terulang lagi.

1. Harus tahu produknya

Sebelum memutuskan untuk membeli, kita harus tahu betul tentang produk yang mau kita beli. Seberapa pentingkah itu, dan apakah dengan membelinya kebutuhan kita akan terpenuhi?

Selain itu, coba pertimbangkan dampak positif dan negatifnya dari produk tersebut. Hal itu dapat mencegah kita dari pemborosan dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

2. Lihat spesifikasi Produknya

Cocok dan bagus di orang lain, belum tentu bagus dan cocok di kita lho. Karena itu, penting untuk memperhatikan spesifikasi produk yang ingin kita beli sebelumnya. Terlebih produk yang mau kita beli adalah baju atasan wanita yang memiliki banyak model, bahan dan detail-detail lainnya. 

Selain itu juga, perhatikan gambar yang dipajang si penjual dalam toko onlinenya. Sebisa mungkin, pilih yang real picture. Agar produk yang diterima nantinya, sama dengan yang dipajang di toko onlinenya.

3. Cari online shop yang aman dan terpercaya

Jika tips pertama dan kedua sudah diterapkan, dan kita yakin untuk membeli produk tersebut. Maka tips yang ketiga adalah cari online shop yang aman dan terpercaya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kita dari kerugian atau penipuan, seperti: uang sudah ditransfer tapi barang tidak dikirim dan sebagainya.

Lebih bijak dan lebih aman adalah bertransaksi di webstore atau di toko online yang sudah terpercaya, seperti Tokopedia, dan lain-lain. Karena ketika kita bertransaksi di toko onlne yang sudah terpercaya, jika produk yang kita pesan tidak sampai hingga berminggu-minggu atau lebih, maka kita dapat mengajukan komplain di webstore toko online tersebut, dan insya allah akan ditinjau dari bukti-bukti yang telah kita kirimkan.

4. Cek harga

Tips selanjutnya adalah cek dan lihat harga pasaran produk yang ingin kita beli. Sekiranya terlalu mahal, bandingkan produk tersebut di toko online lainnya. Atau manfaatkan promo yang diberikan webstore. Aku sendiri suka memanfaatkan promo-promo yang diberikan Tokopedia, seperti cashback dan sebagainya.

5. Lihat review usernya

Biasanya di tiap webstore dalam sebuah halaman deskripsi produknya, ada sebuah kolom ulasan/review dan rating dari para pelanggannya. Nah, lihat dan cermati dengan baik, apakah ulasannya semuanya positif atau justru sebaliknya.

Kalaupun ada keluhan dan ulasan negatif, apakah si penjual menindaklanjutinya dengan baik atau tidak. Hal itu tentu bisa menjadi pertimbangan sebelum kita membeli produknya.

6. Komunikasi dengan penjualnya

Jika, tips sebelumnya sudah semua dilakukan, dan kita yakin ingin membeli produknya. Makan yang harus kita lakukan berikutnya adalah komunikasi dengan penjual. Tanyakan ketersediaan stok barang, warna yang kita inginkan dan sebagainya. Karena terkadang. Ada juga produk yang masih nongol di halaman webstore tapi ternyata produknya sedang kosong.

Jika si penjual cepat memberikan respon balasan yang cocok dan sesuai dengan pesanan kita, makan kita dapat langsung melakukan order produk yang kita inginkan. Ingat juga untuk segera melakukan pembayaran, dan jangan mengantung penjual dengan ketidakpastian pesanan kita.

sumber: bloktuban.com

Nah, berikut adalah 6 tips yang bisa kita terapkan sebelum belanja online. Agar terhindar dari penipuan, pemborosan dan berbagai hal buruk lainnya. By the way, kamu ada pengalaman buruk seputar belanja online nggak? share di kolom komen dong ^_^




1 comment:

  1. Alhamdulillah belum pernah kena yang namanya penipuan. Terakhir beli macbook pun ga ketipu. hehehe. Tapi kalau ke php-in pernah banget dan itu dilakukan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di jasa pengiriman barang. Katanya sehari sampe, eh nyatanya 3 hari barangnya baru nongol :p

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D