Tuesday, March 20, 2018

Tidak Jadi Bunuh Diri Setelah Bertemu Onggy Hianata


Onggy Hianata: “When i open my door to give some space for people to move and act, they will open their space for me”

Kata-kata pak Onggy Hianata di atas benar-benar masuk ke dalam hati saya. Saya jadi berkaca, apakah selama ini saya sudah memberi ruang pada orang-orang di sekitar saya? Atau justru menutup ruang itu, dan memaksa mereka untuk bergerak sesuai keinginan saya?

Jawabannya saya temukan saat saya menghadiri acara gathering beberapa waktu lalu di Ev Hive D’Labs. Bertemu dengan pak Onggy Hianata juga seolah merefleksi hidup saya kembali. Sudah bahagiakah saya selama ini? Sudahkah saya membuat orang-orang di sekitar saya bahagia? dan saya bisa bilang Belum.

Berkenalan dengan Onggy Hianata

dok by: Boghaisan
Jujur awalnya saya nggak kenal dengan Pak Onggy Hianata. Tapi setelah bertemu dengannya, Masya Allah saya kagum luar biasa. Beliau bukanlah motivator atau trainer yang sering wara-wiri di televisi. Tapi sosok beliau memberikan manfaat dan dampak positif yang luar biasa bukan hanya bagi masyarakat Indonesia tapi juga dunia.

Semua itu bermula dari kisah hidupnya yang cukup menyedihkan. Pak Onggy Hianata lahir di Tarakan, Kalimantan timur. Dibesarkan dengan kondisi serba kekurangan dan ketidakpastian dari masa kecil hingga beranjak dewasa. Hal itu tidak membuat beliau putus asa. Beliau justru berjuang mengubah keadaan, tak peduli berapa banyak aral melintang yang menghadang.

Di usia muda, beliau sudah berkali-kali membangun usaha untuk bertahan hidup. Kegagalan demi kegagalan pun harus dilalui, tetapi beliau mencoba berdiri dan berjalan lagi bahkan berlari mengejar impiannya.

Dan kini, beliau menjadi contoh dan inspirasi banyak orang yang merasa hidupnya gagal dan tidak berarti. Berkat kemauan dan keyakinan yang kuat serta kerja keras pantang menyerah, kondisi kehidupannya kini bisa dibilang berbalik 180 derajat penuh. Pencapaian beliau bukan hanya kebebasan finansial dan waktu, tapi juga nilai kehidupan.

Beliau menyadari bahwa kunci menuju kesuksesan hidup sesungguhnya terletak pada pola pikir yang kemudian membangkitkan motivasi dan membangun karakter pribadi.

Baca Juga : Karena Bahagia Bukan tentang Kemampuan tapi Kemauan

Value Your Life – A Life Changing Bootcamp

Value Your Life – A Life changing Bootcamp adalah program pembinaan mental utama yang dimiliki oleh Edunet Global dengan memotivasi, menggali potensi dan mengembangkan karakter individu sebagai kegiatannya.

Value Your Life – A Life changing Bootcamp ini sudah terselenggara sejak tahun 2003 dan telah sukses membina ribuan orang di lebih dari 75 negara dari 5 benua.

Awalnya, sempet kepikiran, apakah bootcamp ini sama seperti seminar atau training motivasi lainnya. Maklum saya agak skeptis soal itu, karena biasanya seminar motivasi hanya bertahan 2-3 hari saja semangatnya (pengalaman). Tapi ternyata Value Your Life – A Life changing Bootcamp ini berbeda.

Batal Bercerai dan Tidak Jadi Bunuh diri Setelah Ikut Value Your Life – A Life Changing Bootcamp

Di acara kemarin, hadir alumni dari Value Your Life – A Life Changing Bootcamp yang berbagi akan pengalamannya setelah mengikuti A Life Changing Bootcamp.

Pak Onggy Hianata berfoto bersama para alumni Bootcamp

Seorang wanita karier yang memiliki suami seorang direktur di perusahaan minyak internasional bercerita, tentang pengalamannya. Sebelum mengikuti bootcamp, ia dan suami hampir saja bercerai. Alasannya tidak ada masalah yang serius. Hanya ia merasa hubungannya dan suami sangat renggang dan dingin.

Belum lagi ia merasa anak-anaknya tak lagi dekat dengannya. Anaknya merasa ia terlalu keras sehingga tak menganggapnya sebagai ibu yang seharusnya. Pulang dari bootcamp, ia sadar. Ia harus berubah. Akhirnya ia meminta maaf pada suami dan anaknya. Lalu menata kembali hidupnya dan hubungan keluarganya. Kini ia dan suami tampak bahagia, anak-anaknya pun tumbuh menjadi pribadi yang sukses dan memiliki banyak teman.

Kisah lain juga dituturkan seorang pengusaha muda yang memiliki trauma ditinggal ayahnya sejak kecil. Usahanya bangkrut dan terlilit hutang di usia muda membuatnya ingin bunuh diri. Saat itu, ia hampir saja menabrakkan dirinya ke kereta. Tapi sesaat sebelum itu, ia terbayang wajah ibunya dan ilmu yang ia dapat di bootcamp. Sampai akhirnya ia survive dan bisa sukses dengan usahanya dan telah membuka cabang di beberapa negara.

Mendengar sharing alumni bootcamp itu, aku makin yakin untuk ikutan bootcampnya. Agar trauma masa lalu bisa segera terobati, dan memiliki sudut pandang baru dalam memandang kehidupan.

Kisah Perjalanan Hidup Pak Onggy Hianata dalam Layar Lebar ‘Terbang Menembus Langit’

pi by: bioskoptoday.com

Selesai gathering, ada kejutan baru untuk para bloggers yang hadir, kami di ajak ke Plaza Indonesia, untuk mengikuti gala premier film Terbang Menembus Langit. Di kesempatan itu, kami juga sedikit berbincang dengan sutradara dan para cast. Dan amazingnya, kami menjadi salah satu dari orang pertama yang menyaksikan film itu.

Filmnya benar-benar kental akan pesan moral. Bagaimana kerasnya perjuangan pak Onggy Hianata menggapai impian dan cita-citanya. Bumbu cinta, dan humor juga banyak terselip di dalamnya. Ahh, pokoknya wajib ditonton untuk keluarga-keluarga yang mau hidupnya bahagia.

By the way, kamu ada punya pengalaman seputar survive dari masalah yang pernah kamu alami nggak? share di kolom komen yaa ^_^




10 comments:

  1. Sosok yang inspiratif ya. Beruntung ya mba bisa bertemu langsung dan mengambil pelajaran dari beliau.

    ReplyDelete
  2. Ahhh jadi tak sabar pengen ikut bootcampnya. Semoga bisa merubah mindset

    ReplyDelete
  3. Menginspirasi y kisahnya, ini yg buat oenSaran justru bootcamp bisa ngerubah karKter org2 tehnikny apa yg d gunakn pak ongy mdh2an bneran d und,y

    ReplyDelete
  4. Iya aku baru tahu tentang Bp. Onggy Hianata ini mbak setelah membaca blog mu .... meng inspirasi sekali sharing2 beliau jadi mau ikutaaan bootcamp nya

    ReplyDelete
  5. Acaranya sangat menggugah. Apalagi kalau bisa ikutan bootcampnya ya.

    ReplyDelete
  6. Sempat liat traillernya. Film terbang memang cukup inspirasional, ternyata diangkat dari kisah Bpk motivator itu ya

    ReplyDelete
  7. Sukses di pekerjaan belum tentu orang tersebut bahagia. Ternyata ada saja yang kurang puas seperti di kehidupan pribadinya. Seneng deh Sis bisa dapat inspirasi dari kisah para peserta bootcamp dan langsung dari Pak Onggy.

    ReplyDelete
  8. Senang ya bisa ketemu orang yang menginspirasi dan memotivasi...

    ReplyDelete
  9. Kalau menurutku bahagia adalah pilihan. Tergantung orgnya aja gmn menyikapinya. Duh penasaran ma bootcamp

    ReplyDelete
  10. Motivasi nyata terkadang kita perlukan untuk semangat menyongsong hari esok

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D