Saturday, April 21, 2018

3 Aktivitas yang Bikin Kamu Tetap Langsing dan Sehat

source: baca.berita.co.id

Langsing dan sehat bisa dibilang adalah impian semua wanita di dunia ini. Tapi langsing dan sehat itu adalah sesuatu yang sulit banget untuk di capai. Ibarat pepatah jauh sekam dari api. Hampir mustahil lah. Karena makin bertambah usia, bukan makin langsing dan sehat, justru makin membengkak dan sering sakit.

Hal ini terjadi tentunya bukan tanpa sebab. Yang melatarbelakangi semua itu tentunya adalah pola hidup kita yang kurang tepat sehingga memicu terjadinya berbagai penyakit dan tumpukan lemak di mana-mana.

Berbekal info yang aku dapat di acara Fun and Healthy with Inti Gandum beberapa waktu lalu, aku berkomitmen untuk memulai gaya hidup yang tepat, menuju bentuk tubuh yang ideal dan tentunya sehat. Dan simpulannya adalah, ada 3 aktivitas yang harus kita lakukan yang bikin kita tetap langsing dan sehat, yaitu:



1. Zumba

Zumba merupakan sebuah latihan kebugaran yang berasal dari Columbia yang isinya mengedepankan antara kebugaran tubuh, musik dan tarian. Perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari. Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan.



Nah, manfaat Zumba di antaranya:

• Membakar kalori

Rata-rata, satu kali latihan zumba dapat membakar 400-600 kalori per jam. Hal tersebut tentu saja kabar yang membahagiakan bagi kita yang menginginkan tubuh kecil dan langsing. Manfaat zumba juga bisa kita dapatkan dengan gerakan tarian beat merengue atau melakukan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric.

• Seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih

Selain membakar kalori, zumba punya manfaat untuk kesehatan jantung. Gerakan zumba menawarkan gerak menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh. Untuk gerakan bagian atas biasanya mengedepankan tangan bahu dan kepala untuk bergerak seirama.

Sedangkan untuk bagian tengah hingga bawah tubuh, latihan zumba ini akan membuat perut, pantat, pinggul dan kaki kita semuanya bergerak secara bersamaan.

• Olahraga yang menyenangkan, sehingga tidak berat dilakukan

Mengapa zumba begitu disukai? Karena zumba pada dasarnya menyajikan musik dan tarian. Nah, musik dan tarian ini dianggap juga sebagai bahasa universal yang dapat dikaitkan dan dinikmati oleh semua orang di dunia.

Olahraga yang terasa menyenangkan tentu saja baik, karena ini membuat kita bersemangat melakukannya. Jadi untuk kalau kita sering malas pergi ke gym atau berolahraga, melakukan zumba mungkin bisa membuat kita lebih termotivasi.

• Zumba mencegah stress dan memperbaiki mood

Salah satu manfaat zumba yang paling terasa adalah dapat mengatasi stress dan penat, karena pada saat latihan zumba, akan diiringi lagu-lagu yang penuh semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema upbeat . Jika kita sedang dilanda stress, cobalah untuk melakukan latihan zumba

Dengan musik upbeat yang mengiringi, tentu saja hal ini dapat membuat mood kita menjadi lebih baik. Sehingga selain untuk kesehatan, latihan zumba juga dapat memberikan pengaruh positif bagi kita yang sedang stress ataupun bad mood .

2. Yoga

Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Jika sebelumnya yoga lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, kini, yoga dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan beberapa olahraga lainnya.


Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Di mana manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Tapi, yoga juga dapat membantu kita dalam mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah.

Mengurangi stres

Pada dasarnya hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang yang sedang dalam keadaan depresi, begitu juga dengan yoga. Sebagian studi menunjukkan bahwa dengan melakukan yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta meningkatkan mood maupun kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami schizophrenia dan gangguan tidur.

 Meningkatkan kebugaran

Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya untuk tubuh kita adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan keseimbangan tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.

 Membantu mengatasi masalah kesehatan

Jika kamu memiliki risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Karena yoga dapat membantu tubuh untuk mengurangi risikonya. Yoga juga dapat meringankan gejala nyeri, gangguan cemas, insomnia, dan depresi.

 Sakit punggung

Bagi yang mengalami sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Alasannya adalah karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu kita melenturkan tubuh.

 Mengurangi masalah asma

Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Guna mengatasinya, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma dewasa ringan hingga sedang menunjukkan, beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan seperti Pranayama dapat membantu meringankan gejala asma.


3. Camilan Sehat

Siapa bilang jika kita nggak boleh ngemil saat diet? Memang selama ini banyak orang yang menganggap bahwa ngemil adalah kebiasaan yang buruk dan bisa menyebabkan berat badan melonjak. Tapi tahukah kamu bahwa ngemil justru harus dilakukan setiap hari, entah itu sedang diet atau tidak?

Seperti apa kebiasaan ngemil yang dianggap sehat?
Sebenarnya, yang membuat kebiasaan ngemil tidak baik adalah jenis makanan yang kita camil. Tentu saja kebiasaan ngemil tidak baik jika kita menjadikan permen, makanan manis, atau makanan kemasan sebagai menu camilan. 


Kebiasaan tersebut malah dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, sebab semua makanan tersebut mengandung banyak gula, lemak, serta garam hanya akan membuat kadar kolesterol dan gula darah kita naik.

Lalu bagaimana dengan camilan yang sehat, seperti buah-buahan atau makanan lain yang penuh serat namun rendah kalori? Tentu saja ngemil makanan seperti itu termasuk dari bagian hidup sehat. Tidak percaya bahwa ngemil bisa membuat kita sehat? Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan ngemil.

Manfaat ngemil bagi kesehatan:

1. Mencegah perut keroncongan

Pada dasarnya perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali? Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan kita akan terus bekerja. Sehingga jangan heran jika terdengar suara ‘keroncongan’ dari perut, itu adalah tanda bahwa perut kita sedang bekerja walaupun dalam keadaan kosong.

Kita bisa mengakali perut yang keroncongan itu dengan mengonsumsi camilan. Kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat keroncongan. Kita bisa memakan kudapan sehat pada waktu-waktu tertentu seperti waktu menjelang makan siang serta waktu setelah makan siang menjelang makan malam.

2. Menjaga gula darah stabil dan normal

Terkadang aktivitas yang berat dapat menguras energi serta gula dalam darah kita dan camilan mampu menolong kita jika hal tersebut terjadi. Kebiasaan ngemil ini bahkan sangat membantu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal.

3. Menekan nafsu makan

Kebiasaan ngemil dapat menghindarkan kita dari makan yang terlalu berlebihan dan banyak. Karena, camilan membuat perut kita selalu penuh sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut yang kosong pun berkurang.

Selain itu, ketika waktu makan datang, kita masih terasa kenyang akibat sudah ada makanan yang masuk sebelumnya. Hal ini akan membuat kita mengambil porsi makan sedikit dan makan dengan terkendali.

4. Tubuh mendapatkan berbagai macam zat gizi

Dengan nyemil sehat, tentunya akan semakin banyak zat gizi yang kita dapatkan. Misalnya dengan menjadikan buah-buahan atau gandu sebagai camilan, maka sekali makan buah atau camilan sehat saja kita sudah mendapat beragam vitamin, mineral dan serat. Oleh karena itu sebaiknya pilih camilan yang sehat.

Inti Gandum, Camilan Sehat yang Kaya Serat


Inti Gandum dari Indofood ini merupakan sandwich gandum madu pertama di Indonesia. Bisa dibilang, Inti Gandum adalah biskuit sehat yang penuh serat dan baik untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga. 

Sesuai dengan namanya, Inti Gandum terbuat dari gandum alami yang membuat kita kenyang lebih lama. Kini tersedia 2 varian rasa, yaitu Chocolate dan Honey Banana.

Aku paling suka yang rasa chocolate, paduan coklat dan gandumnya terasa sangat pas. Manis dari coklat dan sedikit gurih dari gandum. Kalau keluarga suka yang honey banana, karena begitu kemasannya dibuka harum dari banana-nya sangat terasa.

Uniknya lagi, keponakanku punya cara khusus menikmati Inti Gandum, ia meletakannya di wadah lalu mencampurkannya dengan susu. Aku yang melihatnya cuma bisa geleng-geleng kepala, dan jadi ingin coba.

Selain sehat dan kaya serat, rasa dari inti gandum ini sendiri juga enak. Jadi, siapa bilang camilan sehat itu rasanya nggak enak? Mungkin kamu belum cobain Inti Gandum, hehe.

Inti Gandum juga sudah tersedia di minimarket sekitar tempat tinggal, jadi mudah untuk di dapatkan. Ngemil sehat? Ya, Inti Gandum aja ^_^




19 comments:

  1. Gak khawatir, lah, kalau makan biskuit ini :)

    ReplyDelete
  2. Aku sm anakku doyan banget biskuit ini mbak. Enak dan manis madunya bikin nagih

    ReplyDelete
  3. Baca tulisan ini semacam diingatkan lagi dengan janji pada diri sendiri untuk rutin zumba/yoga. Thanks for sharing ya, Mbak! :)

    ReplyDelete
  4. Aku udah coba, enak banget dan bikin gampang bab hehehe

    ReplyDelete
  5. inti gandum ini enak yah, jadi cemilan wajib

    ReplyDelete
  6. akh suka nih aku sama paduan zumba dan yoga. Pas buat aku yoga bisa mengolah tubuh kalau zumba funnya dapat deh hahaha...sudah saatnya ya ngemil itu bukan asal ngemil tapi pilih yang sehat adalah keharusan.

    ReplyDelete
  7. Wah ini mah asyik ngemil enak, mengenyangkan, bergizi, nggak takut soal kandungannya.

    ReplyDelete
  8. Aku suka ini biskuit ini mba, cokelatnya itu loh enak bangt apalgi biskuit gandumnya renyah sukaa

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyobain. Tapi setelah baca ini jadi pengen beli dan nyobain langsung. Kebetulan aku penggemar biskuit. Penasaran sama rasanya. Berarti sudah tersedia di alfa/indomaret kan ya kak?

    ReplyDelete
  10. Dulu rajin aerobik..tapi sekarang udah nggak pernah. Pantes aja nggak langsing-langsing. Semoga puasa ntar jadi bisa berkurang berat badan.

    Belum pernah nyoba zumba sampai sekarang

    ReplyDelete
  11. Berarti ini gandum ini masuk kategori camilan sehat yang gulanya gak banyak kali ya mbak?
    Wah seru zumba dan yoga bareng2 bikin semangat olahraga kalau bareng2 gtu.

    ReplyDelete
  12. dulu pernah ikut Zumba bareng temen karena pengen langsing, sekarang jarang karena banyak kegiatan. Jadi kangen ikutan Zumba lagi hehe
    BTW, kalau pas diet dan pengen langsing, aku juga biasanya gak makan nasi. Hmmm. makan Sari gandum rekomended banget nih :)

    ReplyDelete
  13. aku malas bgt kalau ikut Zumba dan Yoga karena waktu kuliah itu udah cukup menguras banget. kayanya harus mengurangi ngemil yang gak sehat dan inti gandum ini cocok banget nih kayanya buat mgemil di waktu senggang

    ReplyDelete
  14. nah ini kadang mo kurus tapi malas olahraga dll tapi setidaknya nyemil inti gandum bisa nahan lapar

    ReplyDelete
  15. Sis, zumba bareng dong biar makin semangat. Ini perut udah melebar kemana-mana. Kalau olahraga sendiri, kurang greget.

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget ngemil di tas selalu sedia, tapi suka galau dan serba salah.. Mau coba gandum ini ah.. Kya serat dan vitamin

    ReplyDelete
  17. Gandum memang jadi bahan dasar panganan yg peran manfaatnya serupa padi. Dan di implementasikan ke dlm snack sehat, inovasi bgt nih

    ReplyDelete
  18. Penting untuk m3njaga asupan makanan yang baik serta gerak tubuh yang cukup ya mba agar selalu sehat...

    ReplyDelete
  19. Aku pengen langsing seperti dikau.... Diet dan olahraga sudah loh,, malah sampe cape sendiri tetapi hasilnya nol besar. Sedih sekali deh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D