Friday, April 6, 2018

...

Rahasia Sehat dan Awet Muda Ala Orang Bulgaria


In the Rhodope Mountains of Bulgaria we will find beautiful happy people living longer and looks younger than their age. They claim the secret is to live a simple life, have no stress, breathe clean air and to eat healthy. When asked what they eat regularly, it turns out that Bulgarian yogurt is a large part of their diet.

Kalau liat orang Bulgaria itu kagum luar biasa, mereka kelihatan begitu sehat, enerjik dan awet muda. Bahkan di sejumlah penelitian menyebutkan orang-orang Bulgaria yang tinggal di kaki Gunung Rhodope rata-rata panjang umur, sampai dinobatkan sebagai penduduk berusia 100 tahun terbanyak di dunia. Mereka yang berusia lebih dari 100 tahun itu pun masih tetap sehat dan aktif bekerja memerah susu sapi.

Hal ini tentunya membuat banyak orang berdecak kagum dan juga penasaran apa sih rahasianya dibalik semua itu. Ternyata, rahasia mereka ada pada 4 hal berikut ini:

1. Hidup Sederhana

The good life is the simple life, salah satu gagasan filosofis tentang bagaimana harus menjalani hidup, yang disampaikan oleh Socrates. Masyarakat Bulgaria memahami simple life yang diajarkan Socrates dan mampu menjalani hidup modern tanpa menghilangkan sisi tradisional.

2. Hindari Stress

Hidup di bulgaria, bisa dibilang nggak ada macet dan stress. Beda banget dengan kehidupan di sini, yang serba macet dan rentan stress, itu jadi salah satu alasan orang Bulgaria sehat dan awet muda.

3. Hirup udara segar

Masyarakat Bulgaria dikenal berumur panjang karena udara di sana bersih dan segar. Hal ini bisa terjadi karena mereka memahami pentingnya menjaga lingkungan alam dengan baik. Selain itu, menurut Nadine Chandrawinata, yang sudah pernah traveling ke sana, sungguh luar biasa. Udaranya sangat bersih, hutannya bagus, pemandangannya juga indah.

4. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat adalah salah satu kunci awet muda, tapi ada satu hal yang berbeda dari orang-orang Bulgaria, yaitu resep turun menurun mereka, yang rutin dikonsumsi setiap hari, yaitu: Yogurt.


KIN Bulgarian Yogurt is #TheSecretToLivingYounger

Nah, bicara soal Yogurt, beberapa waktu lalu aku berkesempatan hadir di peluncuran KIN Bulgarian Yogurt. Bertempat di Rumah Maroko, aku dibuat takjub luar biasa, ternyata yang spesial dari Bulgaria bukan cuma yogurtnya, tapi juga budayanya.

Begitu masuk, aku disambut kakak-kakak yang mengenakan busana khas Bulgaria berwarna merah dan putih. Sebelum masuk aku diberikan gelang Martenitsa berlabel namaku, yang nantinya akan digantungkan di pohon harapan.


Menurut budaya Bulgaria, martenitsa digunakan sebagai penanda musim semi tiba, dan begitu kuncup bunga pertama kali mekar, mereka akan mengantungkannya di pohon seraya melafalkan harapan mereka.

Saat ini, bisa dibilang gaya hidup sehat sedang menjadi tren di kalangan millenial, dan menyambut baik hal itu PT. ABC Kogen Dairy meluncurkan KIN Bulgarian Yogurt sebagai minuman yogurt pertama di Indonesia.

dr. Diana - Nadine Chandrawinata - MC - Anton Budiharjo
(sumber: @kindairyid)

Kin #BulgarianYogurt dibuat dengan kultur bakteri asli dari Bulgaria dengan bahan baku susu segar yang dihasilkan dari peternakan sapi KIN sendiri, untuk menghasilkan produk yogurt berkualitas tinggi dengan rasa yang nikmat.

Alexandria Guigova, selaku Wakil Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia menjelaskan, dalam sejarahnya, yogurt Bulgaria sudah ada sejak ratusan tahun silam. Yogurt ini biasanya diproduksi sendiri di rumah-rumah warga. Hingga pada awal 1900-an, seorang peneliti dr. Stamen Grigorov berhasil mendapatkan kultur yang ada di dalam yogurt Bulgaria yang kemudian diberi nama lactobacillus bulgaricus.

Kemudian peneliti lain, Dr. Ilya Mechnikov membuat penelitian untuk mengungkapkan korelasi yogurt Bulgaria dengan umur panjang para penduduknya.

Dr. Ilya Mechnikov yang juga seorang pemenang hadiah Nobel mendedikasikan karirnya untuk membuktikan khasiat yogurt dan kaitannya dengan banyaknya penduduk di Pegunungan Rhodope Bulgaria yang hidup hingga lebih dari seratus tahun. Sejak itu, yogurt Bulgaria disebut sebagai makanan ajaib yang tidak hanya bisa dikonsumsi penduduk Bulgaria, tapi semua orang di dunia.

KIN Bulgarian Yogurt Bisa Bikin Sehat dan Awet Muda, Bener nggak Sih?


Menurut dr. Diana F. Suganda. Kes, SpGK, Dokter Spesialis Gizi dari RSPI Bintaro Jaya, KIN Bulgarian Yogurt atau susu fermentasi telah terbukti dapat menyehatkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan kesehatan dengan mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh, karena memiliki kandungan-kandungan berikut ini:

๐Ÿ’™Probiotik, Lactobacillus Bulgaricus
Probiotik alias bakteri baik yang ada di yoghurt, yaitu Lactobacillus bulgaricus,, dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh, khususnya terhadap penyakit yang menyerang saluran cerna. Penelitian membuktikan, dengan mengonsumsi yoghurt setiap hari selama 2 minggu, kesehatan saluran cerna bisa jauh lebih baik.

๐Ÿ’™Asam laktat
Senyawa ini dapat membuat kulit menjadi lembut, bersih dan bercahaya. Asam laktat dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga pori-pori wajah yang tersumbat menjadi lebih bersih. Zat gizi ini juga mampu mencegah terjadinya keriput pada kulit.

๐Ÿ’™Zink
Zink dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Zink mampu mengatur produksi minyak dari kelenjar sebasea, yaitu kelenjar yang sering memicu terjadinya jerawat.

๐Ÿ’™Vitamin B
Yoghurt memiliki kandungan vitamin B2, B12, dan B5. Keluarga vitamin B tersebut dapat menjaga hidrasi kulit dengan baik, juga melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

๐Ÿ’™Kalsium
Kalsium yang ada di dalam yoghurt terbukti dapat mencegah kulit kering dan menjaga keremajaan kulit. Di samping itu, kalsium juga sangat baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau tulang keropos di kemudian hari.

๐Ÿ’™Zat gizi lainnya
Kombinasi zat gizi yang ada di dalam yoghurt dapat mencegah terjadinya intoleransi laktosa, diare, konstipasi atau sembelit, kanker usus besar, dan peradangan usus.


#KINYogurt Aman untuk Penderita Maag dan Alergi Laktulosa

Kultur bakteri dalam kandungan KIN yogurt membantu proses fermentasi dengan mengubah laktosa menjadi asam laktat sehingga yogurt juga dapat dikonsumsi oleh mereka yang alergi terhadap laktulosa atau tidak bisa mengonsumsi susu.

Selain itu, KIN yogurt juga aman dikonsumsi oleh penderita maag atau gastritis, menurut dr. Diana F. Suganda. Kes, SpGK walaupun yogurt rasanya asam, tapi asam yang dimaksud adalah sour bukan acid. Dan justru baik untuk penderita maag.

Tiffany Pratiwi Suwandi, selaku Brand Manager KIN juga menjelaskan bahwa KIN yogurt bebas bahan pengawet dan kemasan diproses dengan teknologi aseptic filling untuk kemasan botol PET sehingga menjaga KIN Yogurt tentap fresh walau tanpa bahan pengawet.

#LiveYounger and Slim Nadine Chandrawinata

sumber @kindairyid

Walau usianya sudah menginjak 32 tahun, tapi Nadine Chandrawinata tetap kelihatan langsing dan cantik. Ternyata rahasianya, rajin olahraga dan konsumsi yogurt setiap hari.

"Yoghurt sudah pasti ada di rumah dan menjadi salah satu favorit aku. Tiap pagi kalau bagun tidur, sesudah minum air putih aku minum yoghurt, terus imbangin juga dengan olahraga”.

Selaras dengan yang dilakukan Nadine, Anton Budiarjo, selaku Marketing Manager KIN mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan senantiasa awet muda dengan rutin mengonsumsi KIN Bulgarian yogurt setiap hari.

Now #TheSecretIsOut

Pulang dari acara kemarin, aku jadi makin sadar untuk terus menjalankan pola hidup sehat dan rutin mengomsumsi yogurt. Aku juga inginlah bisa sehat dan awet muda seperti orang-orang Bulgaria.

By the way Kin Yogurt mengeluarkan 3 varian rasa, yaitu Strawberry, Orange dan Original, yang semuanya sudah bisa didapatkan di minimarket terdekat, seperti Alfamart, Indomaret, dll. Untuk informasi lebih detail, kamu bisa kunjungi www.kindairy.com dan sosial media Kin Yogurt, Instagram: @kindairyid, FB: KINdairyId, dan Youtube: KINdairyId

Varian yang paling aku suka sih orange dan strawberry, perpaduan asam yogurt dan seger dari sari buahnya bikin fresh dan semangat beraktivitas.


Kamu sudah cobain Kin Yogurt belum? Rasa favoritmu apa sih? Share di kolom komentar ya ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D