Thursday, April 5, 2018

Tidur Sehat dengan Matras SERTA Berkualitas


::Sleeping for a starting the day not for end of the day::

Bisa dibilang, waktu yang paling banyak kita habiskan dalam hidup ini ya tidur. Itu karena tidur memiliki peranan yang amat penting untuk kesehatan. Tidur yang cukup dan berkualitas tentunya akan membuat tubuh jadi sehat, bugar dan pastinya lebih produktif dalam bekerja.

Dulu, aku punya masalah dengan tidur. Tidur nyenyak buatku itu suatu yang mewah dan langka. Bisa dibilang aku kena insomnia. Pola tidur berubah, kalau dipaksa tidur pun jadinya gelisah. Bangun pagi jadi lemes dan nggak semangat, padahal harus tetap beraktivitas.

Hal ini cukup lama aku rasain. Efeknya ternyata dahsyat lho, berat badan bertambah, mata panda (alias lingkaran hitam di mata) membesar, dan bikin nggak produktif. Berbagai cara udah aku coba, mulai dari dengerin musik instrumental pengantar tidur, baca buku sebelum tidur, dan lain-lain. Tapi tetep aja belum ada pengaruhnya.

Makanya, begitu Serta ngadain acara “The Essentials of Healthy Lifestyle” aku semangat banget buat ikutan. Terlebih memang, masalah ini yang sedang aku alami.

Good Sleep on Your Good Mattress

Matras merupakan faktor utama penunjang tidur. Kalau matras yang kita gunakan sudah nggak enak, tidur pasti jadi nggak nyenyak. Nah, saat ini banyak banget pilihan matras atau tempat tidur yang bukan cuma sebatas empuk, tapi juga ada yang dilengkapi Wi-Fi, tivi, berlapis emas, berbulu angsa, sutera bahkan dijahit langsung oleh tangan pengrajin. Matras-matras seperti itu, harganya jangan ditanya ya, pastinya nguras kantong cukup dalam.

Tapi, bener nggak sih matras seperti itu yang bisa bikin tidur kita berkualitas?
Menurut Terry Cralle, pakar tidur bersertifikat, ‘matras yang mahal mungkin akan meningkatkan kualitas tidur, hanya jika hal itu membuat kita nyaman. Harga bukan jadi patokan, tapi kenyamanan.

Senada dengan Terry Cralle, Bapak Mukti Argo, selaku Group Brand Manager PT. Duta Abadi Primantara (DAP) juga mengatakan, untuk menentukan kenyamanan suatu matras, bukan dilihat dari harganya, tapi harus dicoba rasanya. Makanya beliau menyarankan kepada seluruh hadirin, untuk jangan ragu-ragu mencoba tidur di kasur Serta selama 5 menit dan tubuh kita akan memberikan jawabannya.

Nah, bicara soal kenyamanan tidur memang tidak lepas dari proses tidur itu sendiri. Ada beberapa tahapan yang dilalui dalam proses tidur seseorang, yaitu:

NREM: Non-Rapid Eyes Movement Sleep

NREM adalah tahap tidur yang tenang. Indikasi tidur NREM adalah denyut jantung dan frekuensi pernapasan yang stabil dan lambat serta tekanan darah yang rendah. Tidur NREM dikelompokkan dalam 4 tahap berdasarkan pola gelombang otak yang muncul, yang terjadi selama 30-45 menit.

Tahap ke-1

Gelombang otak kita menjadi kecil dan tidak beraturan. kita merasa berada pada ujung kesadaran dan dalam keadaan tidur ringan. Bila dibangunkan kembali maka kita masih dapat mengingat fantasi-fantasi atau beberapa gambar visual yang dibayangkan.

Tahap ke-2

Otak kita terkadang menghasilkan rentetan singkat gelombang yang cepat dan memiliki puncak gelombang yang tinggi. Hal ini disebut sebagai sleep spindle dan gangguan suara kecil mungkin tidak akan mengganggu tidur.

Tahap ke-3

Otak kita akan menghasilkan gelombang delta yang sangat lamban dengan puncak yang cukup tinggi. Pernapasan detak jantung akan melambat dan otot akan melemas atau rileks. Pada tahap ini mungkin kita menjadi susah untuk dibangunkan.

Tahap ke-4

Gelombang delta sudah mengambil alih sebagian besar aktivitas dan kita akan berada dalam tidur panjang.


REM: Rapid Eyes Movement Sleep

REM adalah periode tidur yang ditandai dengan pergerakan mata, hilangnya kekuatan otot, dan muncul mimpi yang tampak nyata. Indikasi lain berupa tekanan darah, denyut nadi, dan frekuensi pernapasan yang luas. REM disebut juga aktivitas otak yang tinggi dalam tubuh yang lumpuh atau paradoks. Pada saat inilah mimpi-mimpi yang jelas lebih sering muncul.

Mimpi merupakan hasil dari neuron-neuron bagian bawah otak atau yang disebut dengan pons yang bekerja secara spontan selama tidur REM. Saraf-saraf ini mengatur pergerakan mata, wajah, keseimbangan dan juga postur tubuh dan serta mereka juga mengirimkan pesan kepada bagian sensorik maupun motorik yang bertanggung jawab atas pemrosesan visual dan perilaku selama kita terjaga.

Untuk mencapai kualitas tidur seperti di atas, maka penting bagi kita memilih matras terbaik dan ergonomis, sesuai dengan bentuk topangan tubuh.

Menurut Gaby Badre, Seorang peneliti tidur, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan kita ketika memilih matras tidur:

1. Tingkat kekerasan

Ada matras yang terbuat dari kapuk, busa, lateks, bulu angsa, atau bahkan udara, masing-masing memiliki tingkat kekakuan dan kelembutan berbeda. Matras yang ideal seharusnya memungkinkan kita bergerak dengan mudah dan juga bisa menyesuaikan dengan posisi tidur tanpa kita harus terbangun.

Matras yang terlalu empuk akan membutuhkan energi lebih besar untuk bangun, tetapi yang terlalu keras juga menyebabkan tekanan tertentu pada otot atau pembuluh darah. Orang yang langsing mungkin akan lebih mudah membuat penyesuaian posisi tidur di matras yang empuk, tapi orang yang kegemukan mungkin akan "tenggelam" di matras semacam itu.

2. Posisi berbaring ternyaman

Posisi berbaring berbeda dengan kenyamanan tidur. Saat akan membeli matras, cobalah berbaring selama beberapa menit untuk menguji apakah kita akan nyaman tidur di atasnya. Banyak orang lupa bahwa tidur kita akan berubah mengikuti tahapan hidup. Tidur juga dipengaruhi oleh faktor hormonal, otot dan persendian, dan masih banyak lagi.

3. Perhatikan aspek kesehatan

Aspek kesehatan di sini meliputi bahan matras dan perawatannya. Pilih matras dengan bahan terbaik dan tentunya bergaransi.

Pas, kemarin main-main ke Living Soul Plaza Indonesia, aku sempet cobain tiduran di matras Serta. Dan asli rasanya nyaman banget. Nggak kebayang kalau aku punya matras Serta di rumah, mungkin masalah tidurku selama ini dapat teratasi. Okelah mulai saat ini Serta masuk dalam salah satu wishlistku.

Menurutku matras Serta ini, sesuai dengan kriteria matras yang baik, seperti yang dikatakan Gaby Madre. Matras Serta didesain khusus sesuai dengan bentuk topangan tubuh kita, selain itu juga Serta diproduksi dari bahan-bahan berkualitas seperti Lateks dan kain spring.

The World’s Best Mattresses is SERTA

Bukan hanya itu saja, matras Serta adalah salah satu dari top 3 penjualan kasur terbaik di Amerika. Sejak berdirinya matras SERTA di Amerika, pendiri SERTA sudah mengerti bahwa untuk mendapatkan tidur yang nyenyak diperlukan matras terbaik untuk menopang tidur. 

Jadi seiring dengan waktu dan pengalaman membuat "The World's Best Mattresses" atau "kasur terbaik di dunia" (sesuai dengan motto SERTA), SERTA telah melengkapi semua jenis kasur yang dibuat untuk memperbaiki kualitas hidup kita agar lebih nyenyak, lelap dan membuat kita lebih sehat.

Serta meraih penghargaan Womne's Choiche Award dan America's Most Recommended

Makanya nggak heran, kalau Serta terpilih selama 5 tahun berturut-turut sebagai merek matras nomor satu di Amerika Serikat dan juga mendapatkan The Women’s Choice Award sebagai matras pegas dan bantal terbaik.

Menurutku, ada 5 kelebihan matras Serta yang menjadi nilai plus tersendiri:

1. Pressure Relieving Comfort
2. Balance Sleeping Temperature
3. Prevent Roll Off or SAG
4. Proper Back Support 
5. Undisturbed Sleep

Good Sleep = Good Metabolism A la Alvin Hartanto

Ketika malam hari hormon kita akan mencapai puncaknya dan terjadi proses pembakaran lemak yang disebut dengan ‘liposis’


Ketika kita cukup tidur, kita akan membakar lemak lebih banyak daripada saat kurang tidur. 


Proses liposis yang tidak efektif bisa meningkatkan trigliserida dalam darah yang nantinya bisa menaikkan kolesterol kita.

Alvin, banyak bercerita pada undangan yang hadir, bahwa selama ini, ia selalu bangun pagi tanpa alarm, karena sudah memiliki jam biologisnya sendiri. Tubuhnya selalu tahu kapan ia harus bangun dan kapan ia harus tidur. Bukan hanya itu saja, ia juga mengatakan bahwa, setiap bangun tidur ia selalu merasa segar dan bersemangat.

Sebagai seorang nutritionis, Alvin juga aktif menulis buku, dalam bukunya yang berjudul ‘Bukan Buku Diet’, Alvin Hartanto menjabarkan apa rahasianya hidup sehat dan bahagia, yaitu melalui SMS (Sleep, Meal, Sport)

Alvin Hartanto - Mukti Argo - Diana Elsa - Team Serta

Sleep

Alvin menjelaskan, tidur memiliki peranan yang sangat penting dalam pola hidup sehat. Selama ini banyak orang yang hanya mementingkan asupan makanannya saja dan menghiraukan jam tidurnya. Padahal tidur cukup waktu dan berkualitas juga faktor penentu kesehatan kita. Menurut Alvin, tidur memiliki peranan penting, untuk:

1. Istirahat otak sehingga meningkatkan kreativitas
2. Mengurangi stress
3. Istirahat fisik (otot, sendi, tulang)
4. Istirahat organ (detox)
5. Meningkatkan hormon di tubuh
6. Meremajakan sel-sel di tubuh
7. Memberikan efek "self healing"

Sebenarnya, setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda. Bayi baru lahir misalnya, membutuhkan waktu 14-17 jam, dan seiring bertambahnya usia, maka waktu tidur kita akan berkurang. Di usia dewasa seperti ini, waktu yang kita butuhkan untuk tidur kurang lebih 7-9 jam perharinya.

Tapi, seperti yang aku alami saat ini, mau tidur saja kok susah banget ya. Bisa dibilang, kalau insomniaku kumat, jam tidurku hanya 3-4 jam sehari padahal keesokan harinya harus beraktivitas. Bahaya banget kan? Nah, menurut Alvin, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa tidur lebih cepat, yaitu:

• Hindari kafein di atas jam 4 sore
• Mandi dengan air hangat
• Atur suhu ruangan dengan tepat
• Hindari olahraga di malam hari
• Hindari blue light
• Saat tidur pastikan 100% lampu padam

Meal

Alvin juga bilang, selama ini banyak yang salah kaprah tentang hidup sehat, sehingga pola hidup sehat terkesan menyiksa. Padahal jika dilakukan dengan tepat, pola hidup sehat justru amat sangat menyenangkan dan membahagiakan.

Contohnya dalam mengatur pola makan, banyak orang yang melakukan diet ketat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Padahal itu salah, pada dasarnya semua makanan itu baik. Hanya yang perlu kita lakukan adalah, kenali diri kita dan apa yang sesungguhnya kita butuhkan.
Kuncinya adalah tanyakan pada diri sendiri, apa makanan yang kita butuhkan dan batasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Sport

Rutin melakukan olah raga, juga merupakan salah satu kunci hidup sehat. Lakukan olahraga minimal 2-3 kali seminggu. Jenis olahraganya macam-macam, sesuaikan saja dengan kesukaan kita. Kunci suksesnya hanya satu, yaitu: konsistensi.

HypnoSleeping A la Diana Elsa


Beberapa kegiatan yang sering aku lakukan sebelum tidur, memang tidak sepenuhnya salah, walau tidak memberikan manfaat yang berarti. Kata mba Diana, selaku Yoga Expert dan Hypnoterapist, sah-sah saja mendengarkan musik instrumental pengatar tidur, hanya sebelum melakukan itu, penting untuk self hipnosis, dengan tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan sembari tenangkan pikiran.

Hal itu memberikan dampak yang besar pada proses tidur kita. Sehingga tidak ada lagi drama gelisah dan tidur nggak nyenyak. Saat ini aku sudah coba menerapkan apa yang mba Diana, ajarkan. Alhamdulillah, pelan-pelan, proses tidurku menjadi cukup mudah dan menyenangkan.

Bagaimana dears, biasanya kamu melakukan apa sebelum tidur, dan matras favoritmu yang seperti apa sih? Share di kolom komentar dong ^_^



24 comments:

  1. sebelum tidur aku harus memastikan anak2 sudah pada tidur semua hehehe.. matrasnya ini bikin pengen banget ya, keliatannya nyaman banget kalau tidur disitu

    ReplyDelete
  2. Bener y mba, tidur berkualitas itu penting. banget sama halnya dgn mkn dn olh raga juga tmpat tdur sbg asset

    ReplyDelete
  3. Nyaman banget kayaknya tidur di kasur serta, berasa tidur di kasur hotel. Makanya lebih nyenyak tidurnya.

    ReplyDelete
  4. Tingkat kekerasan pada matras biasanya buat penunjang bagi yg sakit punggung sehingga matras nya agak keras

    ReplyDelete
  5. Kalau aku sih asal kasurnya empuk aja udah nyenyak tidurnya hehe

    ReplyDelete
  6. Tidur nyaman dan pulas bisa kita dapatkan kalau kerjaan rumah dan DL menulis kelar ��

    ReplyDelete
  7. Sissss kamu kok boboan di kasur orang gitu. Emang nyaman sih ya pakai Serta. Udah terkenal tuh dari US

    ReplyDelete
  8. saya punya kebiasaan buka hape sebelum tidur, bukan kebiasaan bagus he he

    ReplyDelete
  9. Betul banget ya tidur itu harus berkualitas. Supaya bangun seger dan istirahatnya pun cukup dan baik.

    ReplyDelete
  10. Wis wis poko'e bobo ngimpi indah, ueenakk tenan

    ReplyDelete
  11. Bener banget! Kalau tidurnya nyenyak dengan kasur yang nyaman, badan juga rasanya lebih fresh pas bangun ya. Siap beraktivitas lagi deh~~

    ReplyDelete
  12. Saya termasuk orang yang sulit tidur.. Kadang bisa sampai 2 hari gak tidur, namun aktivitas tetap lancar dan tidak lemas. Tapi yang sangat terlihat itu adalah aktivitas hormon tidak baik yg ditandai dengan haid tdk lancar. Saya sudah lakukan beberapa cara utk memperbaiki, namun belum berhasil juga. . Hehehe.. Kalau utk beli matras ini, kayaknya kemahalan bagi saya, maklum lah anak rantauan saya mba... Hehehe

    ReplyDelete
  13. Tidur yang berkualitas memang hasilnya akan terlihat pas bangun ya. Aku dari dulu selalu usahakan bangun awal dan tidur awal. Matrasnya keren ya ada harga ada kualitas yang nyaman.

    ReplyDelete
  14. Duh padahal aku sering banget begadamg nih kalau ada tulisan yang deadline. Jadi mu gkins aja kolesterolku meningkat. Naudzubillah.

    ReplyDelete
  15. Kalau pakai Serta bawaannya mau bobok terus ya

    ReplyDelete
  16. Bisa ga bangun aku bobok di sana Mak, nyaman apalagi AC idup

    ReplyDelete
  17. Kualitas matras tentu akan mempengaruhi kualitas tidur ya kak

    ReplyDelete
  18. tidur aku makin pules dah kalo disini.. tapi ada yang kecil ga?? aku jomblo soalnya

    ReplyDelete
  19. memang kalau kasurnya enak tidur pun jadi berasa lebih nyaman yaa. kalau kasurnya keras sudah tidur nggak nyaman bangun pun badan rasanya sakit

    ReplyDelete
  20. Aku biasanya gak terlalu cek �� penting harganya pas dan bisa tidr nyenyak ���� karena sudah biasa ngemper hahaha

    ReplyDelete
  21. Penting ya perhatian sama matras biar tidur nyenyak dan nyaman, berkualitas juga.

    ReplyDelete
  22. Matrasnya nyaman paraaahhhh
    aku juga mauuu mba karena tidur berkualitas itu super urgent bgt
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  23. Tidur makin berkualitas dg matras serta

    ReplyDelete
  24. Manfaat tidur memang sangat penting, terutama tidur malam. Apalagi pakai matras ini yah ..nyenyak nih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D