Tuesday, May 22, 2018

Sembutopia Ajak Masyarakat Wujudkan Takdir Kejayaan Indonesia 2020


Seorang pemikir pernah mengatakan bahwa visi adalah sebuah penglihatan yang nyata bagi seorang pemimpin – yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Dan visi adalah salah satu kualitas pemimpin besar (Jonathan Swift).

Bagi saya, apa yang Jonathan Swift katakan 100% benar. Salah satu pemimpin besar dalam hidup saya adalah nenek. Nenek yang saya panggil dengan sebutan ‘Ibu’ kerap mengajarkan saya akan visi besar sebuah kehidupan yang kadang tak dilihat orang lain.

Sejak kecil, beliau sering kali mengajarkan saya akan bagaimana menjadi enterpreneur sejati. Beliau yang berprofesi sebagai pedagang ikan asin di pasar, sering mengajak saya berbelanja ikan asin di daerah Marunda.

Bukan hanya itu saja, Ibu juga sering mengajak saya berdagang di pasar pagi-pagi buta. Sambil menahan kantuk saya ikut melihat proses tawar menawar hingga proses transaksi antara pembeli dan penjual.

Sejujurnya, yang saya pikirkan saat itu, kenapa yang ibu jual adalah ikan asin? Apakah nggak ada yang lebih keren dan lebih laku dari ikan asin?

Dan ternyata, jawabannya saya dapat di acara Buka Puasa Bersama Blogger dan Komunitas Sembutopia. Di acara itu saya betul-betul menyadari bahwa ikan asin merupakan bagian dari takdir kejayaan Indonesia.

Filosofi Ikan Asin Oleh Kafi Kurnia, Pemrakarsa Sembutopia


Hampir 30 tahun yang lalu Pak Kafi Kurnia diberi oleh-oleh sebungkus ikan asin oleh seorang temannya. Konon ikan asin itu adalah oleh-oleh khas dari kota Tegal. Karena tidak tahu nilainya, Pak Kafi memberikan ikan asin itu pada pembantunya. Dengan wajah berbinar-binar bak melihat harta karun, pembantunya menerimanya dan kemudian memasakkan makanan yang lezat berbahan ikan asin itu.

Pak Kafi kaget bukan main ketika disuguhi makanan berbahan ikan asin itu, kelezatannya sungguh luar biasa. barangkali itu adalah makanan terlezat yang pernah dimakan Pak Kafi. Pembantunya lalu bercerita bahwa itulah ikan asin Kuro yang legendaris dan masyhur.

Bahkan ketika ia berkunjung ke Hongkong, Jepang dan Italia, Pak Kafi menemukan makanan lezat berbahan ikan asin di sana. Kisah tentang ikan asin ini kemudian berlanjut, hingga Pak Kafi diajak berdiskusi dengan seorang ahli kuliner. Ahli kuliner tersebut mengatakan ikan asin ada hampir di semua budaya dan kultur, karena ikan asin ini kaya akan cita rasa umami. Umami dalam dunia kuliner dikenal sebagai cita rasa dalam MSG, yang membuat sebuah hidangan menjadi sangat gurih dan lezat.

Sayangnya, banyak dari kita yang memandang remeh ikan asin. Kita menganggap ikan asin adalah makanan orang miskin dan tidak berkelas. Padahal sejak abad 9 dan 10, banyak prasasti yang ditemukan di berbagai wilayah Nusantara sudah ditemukan bukti-bukti tentang adanya industri ikan asin. Bukti ini juga didukung dengan bukti-bukti lain tentang industri pembuatan garam.

Cerita ini kemudian menjadi bukti sejarah bagaimana nenek moyang kita berhasil secara naluri mengembangkan sebuah kearifan lokal. Karena mereka berhasil memanfaatkan nilai geografis kita yang berupa kepulauan dan kaya dengan hasil ikan-ikan lalu memadukannya dengan keahlian mengawetkan ikan dengan pengembangan industri garam. Sehingga mampu menjadi kekayaan kuliner dan budaya yang sangat luar biasa.

Sembutopia Ajak Masyarakat Wujudkan Takdir Kejayaan Indonesia 2020


Indonesia 2020 adalah sebuah Grand Vision yang bertujuan untuk memotivasi kita semua agar berpartisipasi dalam rangka mewujudkan Kejayaan Indonesia. dengan harapan visi ini bisa diambil oleh para pemimpin kita dan menghantarkan Indonesia ke takdir kejayaannya.

Kita tidak bisa pungkiri bahwa Indonesia memiliki begitu banyak jejak kejayaan mulai dari tradisi, budaya, sejarah, dan kearifan lokal. Jejak kejayaan ini sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen.

Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat menjadi takdir kejayaan. Misalnya saja Indonesia tahun 2030 diramalkan akan menjadi ekonomi terbesar ke 5 di dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun.

“Saya yakin Indonesia akan mencapai takdir kejayaannya. Bukankah nenek moyang kita pernah juga memberi wangsit dan warisan, bahwa Indonesia akan ‘Gemah Ripah Loh Jinawi Tata Tentrem Kerta Raharja’”, ungkap Pak Kafi.

Di Hari Kebangkitan Nasional tahun 2018 ini, Sembutopia memberanikan diri mengusung sebuah ide sederhana INDONESIA 2020 – SEBUAH TAKDIR KEJAYAAN.

Sebenarnya 2020 memiliki sejumlah makna, yang pertama adalah penglihatan yang sangat sempurna yang diistilahkan dengan 2020. Yang kedua bisa jadi 2020 adalah angka tahun 2020. Yang terpenting adalah mengobarkan semangat Indonesia 2020, bahwa sebagai bangsa kita punya takdir kejayaan yang harus kita wujudkan bersama-sama dengan segenap rakyat Indonesia.

Setelah peluncuran ide Indonesia 2020—Sebuah Takdir Kejayaan, ide ini akan Sembutopia gelorakan ke seluruh Indonesia. pertama dengan mengadakan kegiatan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan. Kedua dengan merekrut para profesional untuk memvisualisasikan ide Indonesia 2020 ke dalam karya dan prestasi, entah itu seni, budaya, atau karya lainnya seperti sastra dan kuliner.


Gimana dears, setujuhkan kamu dengan Indonesia 2020 - Sebuah Takdir Kejayaan? Yuk Bantu Wujudkan ^_^

2 comments:

  1. Setuju dears, suatu saat saya mau juga ah mengadakan peluncuran ide. Ide saya banyak lhoo....persoalannya apa yang mau diluncurkan itu aja. He

    ReplyDelete
  2. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D