Friday, August 3, 2018

SGM dengan Complinutri Dukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju


Menjadi panutan adalah tugas orang tua untuk semua anak ~ Adithya Mulya dalam Sabtu Bersama Bapak

Pernah baca novel Sabtu Bersama Bapak? Aku pernah dan rasanya tidak cukup sekali.
Aku baca novel itu berkali-kali, karena banyak hikmah dan pelajaran yang aku dapat. Bagaimana caranya menjadi anak yang berbakti pada orang tua, pasangan yang terbaik, serta orang tua yang menjadi panutan untuk anak.

Rasa-rasanya aku masih jauh dari kata ‘panutan’ tapi hal itu tentu bukanlah alasan. Tugasku adalah terus belajar dan belajar agar bisa semakin baik dari hari ke hari. Belajar tentang parenting, dan sharing dengan orang tua lainnya, tentu tidak boleh terlupa.

Makanya begitu aku mendapat undangan untuk hadir di acara “SGM Eksplor dengan Complinutri Mendukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju dan Memberikan Beasiswa Pendidikan 1 Milyar”, aku happy luar biasa. Di acara itu, aku bukan hanya bisa bertemu dan berbagi cerita dengan ibu lainnya, tapi juga mendapat informasi seputar complinutri dan generasi maju dari pakar ternama.



Di acara itu, aku makin sadar, setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang. Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua adalah memahami kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang sesuai dengan usianya, serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya. Pemenuhan nutrisi dan stimulasi dapat mendukung anak memiliki masa depan yang lebih baik dan membangun generasi maju.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen SGM Eksplor terhadap anak-anak Indonesia agar dapat tumbuh menjadi Anak Generasi Maju, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018, SGM Eksplor menggelar kegiatan Grand Final Sahabat Generasi Maju dan meluncurkan inovasi lengkap SGM Eksplor Compinutri di Summarecon Mall Bekasi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak orang tua dan anak Indonesia untuk kembali mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat untuk mengasah 5 potensi prestasi Anak Generasi Maju yaitu Cerdas, kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.

Ternyata, pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan anak juga merupakan hal yang penting untuk mengasah potensi dan bakatnya agar berkembang optimal. Hal tersebut aku tahu dari Dokter gizi Klinis, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK.

“Selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan si kecil dalam jumlah besar atau makronutrien seperti karbohidrat, protein, atau lemak, orang tua juga harus memperhatikan kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti beragam jenis vitamin, dan mineral. Selain itu, anak di atas 1 tahun juga membutuhkan prebiotik dan probiotik.”

Bukan hanya itu saja, agar anak dapat tumbuh menjadi cerdas dan kreatif, dibutuhkan Omega 3, omega 6, serta zat besi. Selain itu, fosfor, seng, yodium, kalsium dan vitamin D juga dibutuhkan agar anak dapat tumbuh tinggi, kuat dan memiliki gigi yang sehat. Dan yang tidak boleh kita lupa, pencapaian imunitas anak dapat tumbuh optimal tentunya didukung dengan asupan vitamin A, C, dan E, seng, dan zat besi.



Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, juga mengingatkan para orang tua agar tidak hanya memperhatikan asupan gizi si kecil, tetapi juga terus menstimulasi potensi si kecil dengan menggali 5 aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu sama lain agar dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial. Hal itu diperlukan karena 5 potensi Anak Generasi Maju tidak tumbuh instan melainkan perlu dikembangkan sejak dini.

Dalam acara itu, hadir juga salah satu aktris favoritku, yaitu Alyssa Soebandono yang kini telah menjadi ibu dengan dua orang anak. Sebagai seorang ibu, Alyssa selalu memastikan anak-anaknya memiliki tumbuh kembang optimal. Bukan hanya itu saja, Alyssa juga menghargai wujud komitmen oleh SGM Eksplor karena melalui acara seperti Festival Sahabat Generasi Maju ini, para orang tua dapat mengajak si kecil untuk mencoba berbagai permainan edukatif untuk mengembangkan potensi dan menstimulasi tumbuh kembangnya.

“Saya selalu memperhatikan asupan gizi anak saya, agar mereka dapat tumbuh dengan sehat. Makanan bergizi seimbang, air putih yang cukup, aktivitas fisik yang memadai haruslah saya perhatikan agar si kakak dan adek dapat tumbuh menjadi anak generasi maju dan memiliki masa depan yang lebih baik.”

Pulang dari festival sahabat generasi maju, aku semakin berkaca diri, sudah benarkah asupan yang aku berikan selama ini? Sudah tepatkah aku menstimulasi potensi si kecil?



Sudah baik atau belum bukanlah masalah, yang penting mulai saat ini, aku jadi makin berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk mereka, seperti apa yang dr. Nurul dan Psikolog Anna sampaikan.

Aku juga berharap, semoga festival sahabat generasi maju ini, terus diadakan di seluruh daerah di Indonesia, agar semakin banyak orang tua yang tercerahkan dan bisa memberikan yang terbaik untuk si kecil.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D