Sunday, September 2, 2018

Serunya Abadikan Momen Tak Terlupakan Asian Games 2018 dengan Samsung J Series

Sports teaches you character, it teaches you to play by the rules, it teaches you to know what it feels like to win and lose, it teaches you about life.” – Billie Jean King

Olahraga sejatinya mengajarkan kita bagaimana caranya mengikuti aturan yang berlaku, mengajarkan kita rasa lega ketika menang dan kecewa ketika kalah. Hal seperti ini yang tentunya akan bermanfaat dalam kehidupan kita.

Pada dasarnya, olahraga dan kehidupan memiliki konsep yang sama. Selalu ada perjuangan dan mimpi untuk mencapai apa yang kita inginkan. Pertandingan olahraga bukan hanya tentang kompetisi untuk meraih kemenangan tetapi juga banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan tentu memberikan makna kehidupan.

Hal itulah yang aku rasakan saat aku diajak VIVA.co.id #1newstainment dan Samsung untuk menyaksikan pertandingan salah satu cabang olahraga favoritku, yaitu atletik.

Sebelum menonton, aku dan teman-teman blogger yang lain terlebih dahulu berkumpul di FX Sudirman. Di sana kami diberi pengarahan dan tantangan seru. Untuk mengerjakan tantangan itu, para blogger yang hadir dikelompokkan dalam tim. Satu tim terdiri dari 2 orang. Aku bersama Natara tergabung dalam kelompok 9.

Challenge yang diberikan merupakan tantangan tersendiri untukku dan Natara, karena memang kami masih belajar bagaimana caranya memotret layaknya profesional. Tapi kami tidak khawatir, karena kami dibekali bagaimana caranya memotret layaknya profesional oleh Kak Rino.

Mobile Photography Like A Pro with Samsung J Series by Syahrino Putama



Syahrino Putama atau yang akrab dipanggil Kak Rino merupakan salah satu tim kreatif dan fotografer Viva.co.id. hasil dan kualitas fotonya luar biasa keren. Tapi menurut penuturannya, hasil fotonya lebih sering ia ambil menggunakan kamera smartphone. Mendengarnya aku kaget luar biasa.

Kamera HP? Kok bisa sekeren itu. Aku aja yang terkadang menggunakan kamera tidak bisa sekeren itu. Rasa penasaranku pada akhirnya terjawab sudah. Menurut kak Rino ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar gambar yang kita ambil melalui smartphone bisa sebagus profesional.

7 Step Mobile Photography Like A Pro by Kak Rino:



1. Kunci utama mobile photography terletak pada kualitas kamera smartphone yang digunakan. Kak Rino merekomendasikan Samsung J Series. Karena seperti kita ketahui bersama, kualitas kamera Samsung memang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu banyak fitur-fitur pada kamera Samsung J Series yang bisa kita optimalkan.

2. Buat shootlist terlebih dahulu. Apa yang akan kita ambil, bagaimana konsepnya, bagaimana situasi di lapangan/latar foto yang akan kita ambil, harus kita ketahui terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memudahkan kita dalam proses pengambilan gambar.

3. Selalu pastikan kamera HP yang kita gunakan dalam keadaan bersih. Agar foto yang kita ambil jernih.

4. Perhatikan angle, komposisi, pencahayaan, latar (background), gradasi warna.
  • 📷Angle adalah sudut pengambilan gambar saat memotret suatu objek. Untuk mendapatkan foto yang bagus, kita harus bisa menentukan dari sudut mana objek sebaiknya dipotret.
  • 📷Komposisi; selain angle yang tepat, yang harus juga kita perhatikan adalah komposisi. Dengan mengatur komposisi, foto yang kita ambil akan lebih menarik dan eye catching.
  • 📷Pencahayaan; dalam fotografi, pengaturan cahaya merupakan salah satu kunci utama mendapatkan foto yang bagus. Pencahayaan yang kurang tentunya akan menghasilkan gambar yang kurang baik. Namun menggunakan Samsung J Series, kita tidak perlu khawatir akan pencahayaan yang kurang baik, karena kita bisa mengatur ISO yang terdapat pada fitur PRO.
  • 📷Latar (background), dalam mengambil foto, bukan hanya objek yang harus kita perhatikan, tetapi juga latar foto. Jangan sampai foto yang kita ambil menjadi kurang bagus, karena banyak ‘kebocoran’ dalam foto tersebut.
  • 📷 Gradasi warna sangat penting diperhatikan dalam mengambil foto, karena pada dasarnya setiap warna pada foto menghadirkan makna dan pesan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Untuk itu, kita harus memperhatikan gradasi warna, agar orang yang melihatnya dapat menangkap pesan dalam foto tersebut.

5. Sesuaikan ISO dan WB pada fitur PRO kamera. Dalam Samsung J Series terdapat fitur PRO pada kamera. Hal ini membuat kita bisa mendapatkan foto sebaik profesional. Jika cahaya gelap kita bisa menaikkan ISO sesuai dengan kebutuhan. Dan jika cahaya terang, kita bisa menurunkan ISO sampai mendapatkan gambar yang diinginkan.

6. Hal yang tidak boleh lupa saat mengambil gambar adalah pengaturan napas. Baiknya tahan napas sebelum menekan tombol shoot agar foto yang kita dapatkan tidak goyang atau blur.

7. Edit foto sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi edit foto. Namun yang perlu diperhatikan, jangan sampai mengubah hasil foto itu sendiri. Saat ini sudah banyak aplikasi edit foto yang tersedia di playstore, seperti snapseed, Pixlr, Picsart, dsb.

Serunya Abadikan Momen Asian Games 2018 dengan Samsung J Series

source: www.telkomsel.com

Setelah mendapat bekal yang cukup dari Kak Rino, setiap tim diperkenankan hands on Samsung J Series untuk mengabadikan langsung keseruan nonton pertandingan Atletik Asian Games 2018.

Begitu memegang langsung Samsung J6, dalam hati aku langsung berharap bisa bawa pulang Samsung ini, soalnya nyaman banget dan pas dalam genggaman tangan. Layar premium Super AMOLED dengan desain Infinity Display diagonal 5,6 inchi yang dilengkapi dengan bezel tipis menjadikan Samsung J6 ini makin elegan dan mampu mengakomodir kebutuhan visual kita. Jadi, nyaman saat digunakan dalam keadaan minim cahaya.

Daya pikat Samsung J6 ini menurutku terletak pada 3 hal yaitu kamera, desain dan display. Dan aku sendiri sudah buktiin hal itu. Desainnya yang elegan dengan 3 pilihan warna Black, gold dan blue. Displaynya yang friendly user membuatku tidak kesulitan mengoperasikannya walau baru pertama kali memegangnya. Selain itu, Samsung J6 juga dilengkapi dengan 13 MP pada kamera belakang, 8 MP pada kamera depan dan bukaan lensa f / 1.9 dan flash LED.

Aku dan rekan setimku, memaksimalkan fitur kamera Samsung J6 yang diberikan. Mulai dari HDR, Fokus Selfie, Selfie, Pro, panorama, rangkaian foto dan sebagainya. Bukan cuma itu saja, dalam kamera Samsung J6 terdapat stiker-stiker lucu yang bisa kita gunakan, jadi nggak perlu lagi download aplikasi stiker foto deh.

• Fokus Selfie 
Fitur ini membuat fokus pada foto selfie kita dan menghasilkan efek blur pada sekelilingnya. Aku dan rekan setimku suka banget dengan fitur ini, karena efek bokeh yang dihasilkan terlihat natural.

foto diambil dengan menggunakan fitur fokus selfie pada kamera Samsung J6

• Selfie dan Wide Selfie
Selain terdapat stickers yang bisa kita gunakan saat selfie, pada Samsung J6 juga terdapat fitur wide selfie untuk membuat foto selfie dengan beberapa orang sekaligus. Mode efek beauty juga bisa kita gunakan untuk mempercantik wajah secara digital. Di momen Asian Games kemarin, aku juga mengabadikan keseruan nonton pertandingan bersama teman-teman dan euforia suporter yang hadir.


foto diambil dengan menggunakan wide selfie pada kameras Samsung J6

• PRO
Dalam mode ini, kita bisa mengatur sendiri ISO, Exposure Value, White Balance, dan Metering.

Pada dasarnya ISO ukuran tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Untuk mendapatkan hasil foto layaknya fotografer kita harus padai mengatur ISOnya.

Aku sendiri terselamatkan dengan fitur ini, maklum begitu sampai GBK hari sudah sore, bahkan matahari sudah perlahan tenggelam. Otomatis cahaya yang ada kurang mendukung untuk mendapatkan gambar yang baik. Dan berbekal pengetahuan dari Kak Rino, aku mengatur ISO pada kamera Samsung J6. Aku mengatur ISO nya diangka 1000 untuk agar foto yang didapat lebih terang dan bagus.


Foto diambil dengan menggunakan mode PRO pada kamera Samsung J6

• HDR (Rich Tone)
Fitur ini menjadikan foto yang kita ambil memiliki contras warna yang pekat. Cocok banget untuk foto landscape pemandangan GBK kemarin. Terlebih di dalam stadion, karena cahaya dalam stadion sudah cukup terang. Aku menggunakan fitur HDR untuk mengabadikan momen di dalam sana.


foto diambil dengan menggunakan mode HDR pada kamera Samsung J6

• Rangkaian Foto
Fitur ini membuat kita mampu mengambil gambar dengan objek bergerak. Aku memanfaatkan fitur ini untuk mengambil gambar atlet yang sedang berlari. Caranya juga cukup mudah, cukup tekat fitur rangkaian foto, dan tekan shooter sebanyak foto yang ingin kita ambil, sambil arahkan kamera pada objeknya.


foto diambil dengan menggunakan mode rangkaian foto
pada Kamera Samsung J6

• Selain itu, Samsung J6 juga dilengkapi dengan fitur kamera lain, seperti mode auto, panorama, night, dan lain-lain.

Terimakasih VIVA dan Samsung atas Momen yang Tak Terlupakan


Menonton pertandingan Asian Games kemarin, memberikanku pengalaman yang tak terlupakan. Banyak hal yang aku pelajari dan aku rasakan secara langsung.

foto diambil menggunakan Samsung J6

Betapa Asian Games 2018 membawa banyak perubahan, mulai dari GBK yang kini jauh lebih cantik dari biasanya, merah putih menghiasi sudut-sudut stadion, masyarakat yang bersatu padu mendukung atlet Indonesia yang tengah berjuang, serta sportivitas yang dijunjung tinggi dalam pertandingan.

Walaupun dalam pertandingan kemarin, atlet Indonesia tidak mendapatkan medali, namun ia tetap menang di hati kami, masyarakat Indonesia. Karena sejatinya, seperti kata Vince Lombardi, “Winners never quit and quitters never win”. Pemenang adalah orang yang tidak pernah menyerah menggapai apa yang mereka impikan.




Ahh, rasanya kata terimakasih saja tidak cukup aku sampaikan pada Viva.co.id atas kesempatan yang diberikan. Aku bisa menyaksikan salah satu momen langka dan bersejarah, menonton pertandingan langsung di GBK di mana Indonesia sebagai tuan rumah.

Terimakasih juga kepada Samsung, yang telah memberikan kenangan indah dan tak terlupakan, yang aku abadikan melalui Samsung J6. Keseruan Asian Games 2018 itu kini terpampang indah di Sosial Mediaku ^_^




29 comments:

  1. Seruuuu... Kapanlagi ya kita bisa belajar sekaligus seseruan bareng macam ini... Gegara ikut acara ini aku jadi ngidam Samsung J series ini euy... Kira kira harganya berapa sih mbak...?

    ReplyDelete
  2. Banyak cara menuju roma, banyak belajar biar makin ok hasil jepretan kamera.

    Menghasilkan foto seperti profesional adalah idaman.

    ReplyDelete
  3. Seru ya bisa secara langsung menyaksikan Asian Games 2018. Secara Indonesia jadi tuan rumah

    ReplyDelete
  4. Kebetulan aku lagi cari hp baru mba, tapi ini gak cepat panas kan ya

    ReplyDelete
  5. Wahh.. Samsung J6 kameranya keren ya, secara 13 MP Kamera belakang fan 8 MP kamera depan, pasti pkeh hasilnya. Tapi, emang siy kalau Samsung sudah terbukti kamera ponselnya okeh..

    ReplyDelete
  6. Klo soal hp memang samsung udah terbukti mba gk ada yg ngalahin masalahnya udah coba smua jenis hp klo foto ya samsung ahlinya

    ReplyDelete
  7. Keren booo kamera nya benar-benar takjub deh sama si Samsung ahlinya foto nya.

    ReplyDelete
  8. Seru banget ya mba, bisa dapat kesempatan buat nonton pertandingan Asian Games 2018. Trus bisa selfie pake kamera yang kece pula. Aduh itu hasil fotonya ko cakep cakep ya mba.

    ReplyDelete
  9. Wah asik banget ya bisa nonton Asean Games langsung tuh, eh btw itu selfie - selfie nya kece banget .

    ReplyDelete
  10. itu ekspresi bun Fika jadi photobomb :))
    btw cakep yaa hasilnya yang J6 ini. wajah mulus paripurna.

    ReplyDelete
  11. wuaaahhh... senang banget mbak bisa langsung lihat pertandingan asian games.. aku liat dirumah aja bisa nya kemaren hihihi

    ReplyDelete
  12. Wah cantik-cantik fotonya, samsung memang oke.

    ReplyDelete
  13. Seru banget yes bisa nonton langsung apalagi di pinjemin HP samsung yang oke punya heuheu.

    ReplyDelete
  14. Wah, asyiik banget bisa nonton langsung. Coba ya samsungnya bisa dibawa pulang hehe

    ReplyDelete
  15. Aku sdh lama bgt loh ngga denger Nokia. Bentar bentar yg kedengeran launching brand lain wkwkwk kirain dah colaspe loh.

    ReplyDelete
  16. Serunya bisa menyaksikan dan merasakan euforia pertandingan Asian games secara langsung.Terlebih ketika pengambilan gambar di moment2 penting wuah..dengan gadget berkualitas jadi lebih bagus

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah pengalaman komplit banget bareng Viva ini.. dapat workshop, dapat nobar.. sekaligus praktek

    ReplyDelete
  18. Setuju pengalaman yang tak terlupakan bisa nonton langsung atlet Indonesia. Dapat nonton, dapat ilmu dan dapat bahagianya.

    ReplyDelete
  19. Waah keren banget, hasil foto menggunakan handphone jangan jenis yang satu ini jernih ya, kepengen punya deh. Sayang uangnya belum cukup...

    ReplyDelete
  20. Wah banyak juga nih yang harus diperhatikan dalam mobile photography, yang kadang sering aku abaikan

    ReplyDelete
  21. Bagus ya Samsung seri yang J ini? Saat malam jg oke ya fotonya?
    Aku lg nyari2 gadget jg keebtulan dan butuh yang kam eranya oke.
    Makasih reviewnya ya mbak :D

    ReplyDelete
  22. Kamera selfienya bagus banget ya. Makin terlihat cantik deh.

    ReplyDelete
  23. Samsung J6 bagus banget ya, haisl fotonya jadi bagus-bagus, moment Asian GAmes 2018 bisa tercaptured dengan indah

    ReplyDelete
  24. ini aku pakai seri J3 ya . Ganti akh hahaha

    ReplyDelete
  25. kakak tambah rajin deh ya ambil moment2 tak terlupakan, apalagi saat Asian Games kemarin.. sungguh pengalaman yang bersejarah dalam hidup ya ka.. apalagi moment mengabafikannya dengan samsung J series yang emang udah ngga diragukan lagi kualitasnya

    ReplyDelete
  26. Asyik bisa mengikutinya secara langsung pasti moent tak terlupakan ya hehe.. Samsung J series emang keren, di keluargaku ada yg pake juga .. jadi tau lah hehe..

    ReplyDelete
  27. Wah... boleh-boleh nih tipsnya dicoba. Dengan kamera yang keren dan tips yang tepat, hasil jepretan foto bisa kayak kamera profesional, ya.

    ReplyDelete
  28. Cakep....
    Makasih bund postingannya....

    ReplyDelete
  29. Serruu.. pengen balik lagi deh seru2an kayak kemarin itu. Ikut bangga ya Indonesia bisa jadi tuan rumah Asian Games 2018 dan bisa meraih peringkat ke 4.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D