Friday, October 12, 2018

4 Sehat 5 Sempurna, Tak Lengkap Jika Tanpa Susu Sapi A2


Sejak kecil kita diajarkan oleh guru dan orang tua bahwa minum susu sangat baik untuk kesehatan. Bahkan susu merupakan salah satu yang disebutkan dalam 4 sehat 5 sempurna. Namun, makin kesini aku jadi makin paham, bahwa tidak semua susu itu baik dan cocok pada tiap orang.

Seperti yang dialami oleh temanku. Susu adalah minuman yang paling tidak disukainya. Alasannya adalah rasa eneg dan mual bahkan kadang diare setelah minum susu yang jadi penyebabnya. Usut punya usut ternyata ia mengalami gejala mirip seperti intoleransi laktosa.

Menurut Pakar Gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc., “Gejala mual, kembung atau diare setelah mengonsumsi susu terjadi karena kandungan protein beta casein A1 dalam susu bereaksi dengan protein pencernaan di dalam tubuh. Sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu.”

Senada dengan hal itu, Anton Budiharjo, selaku Marketing Manager KIN juga menekankan bahwa rasa kembung, eneg bahkan mulas yang timbul setelah minum susu bukanlah hal yang normal. Susu seharusnya tidak menimbulkan respon seperti itu. Terkadang sebagian dari mereka menganggap hal itu disebabkan karena mereka lactose intolerant (intoleran laktosa), padahal bisa jadi karena tubuhnya tidak dapat mencerna protein A1 yang terdapat dalam susu.

Kembung, eneg, dan mulas bukan berarti intolerant lactosa

Apa yang dikatakan dr. Rizal dan Pak Anton, kemudian membuat aku berpikir dan mencari informasi lebih jauh tentang Protein A1 dan A2 yang terdapat dalam susu. Susu sapi pada umumnya memiliki kandungan protein A1 sebesar 40% dan protein A2 sebesar 60%. Pada awalnya sapi di seluruh dunia hanya menghasilkan protein A2 saja, namun seiiring berjalanya waktu dan adanya mutasi genetik, sehingga menyebabkan semakin banyak sapi yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A1.


Hal itulah yang kemudian menjadi alasan untuk menghadirkan terobosan baru dalam pengembangan industri susu sapi perah yang lebih baik untuk tubuh manusia. Melalui kemajuan penelitian dan teknologi akhirnya ditemukanlah sapi jenis A2 yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2.
Saat ini, susu A2 tengah mendapat perhatian dari dunia kesehatan karena potensinya dalam menjadikan susu sapi lebih baik dari segi nutrisi maupun dari segi toleransi oleh sistem pencernaan. Susu yang hanya mengandung protein A2, dipercaya lebih mudah dicerna oleh tubuh dan nutrisinya lebih mudah diserap. Sapi A2 didapat dari proses seleksi alami dengan melalui seleksi tes DNA, tanpa rekayasa genetik.



Melalui komitmennya memberikan nutrisi terbaik dari alam untuk masyarakat, PT. ABC Kogen Dairy menghadirkan terobosan baru melalui KIN Fresh Milk, susu segar dari sapi A2. Dan untuk menjamin kualitas susu yang dihasilkan, peternakan yang dikelola PT. ABC Kogen Dairy hanya memelihara sapi A2, yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2 saja.

Bukan hanya itu, seluruh sapi di peternakan KIN juga menjalani pemeriksaan ketat, mulai dari kualitas kesehatan, kondisi hidup, hingga pemeriksaan DNA untuk memastikan susu yang dihasilkan tidak mengandung protein A1. Makanya nggak heran, kalau peternakan KIN merupakan satu-satunya peternakan sapi terintegrasi yang menghasilkan susu sapi A2 secara eksklusif di Indonesia.

KIN Fresh Milk, Protein Susunya Bersahabat di Perut


KIN Fresh Milk adalah 100% susu segar dari sapi A2 yang hanya mengandung protein A2 (tanpa protein A1) sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut. KIN Fresh Milk merupakan produk susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2 dan terdiri dari 100% susu segar, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi pada kandungannya.

Karena hanya mengandung protein A2 maka KIN Fresh Milk lebih bersahabat untuk perut, dan lebih mudah dicerna dan diserap dalam tubuh. Seperti apa yang diungkapkan Brand Manager KIN, Tiffany Pratiwi Suwandi, “KIN Fresh MILK merupakan pilihan yang terbaik bagi konsumen karena tidak menimbulkan rasa eneg atau kembung akibat minum susu.”

KIN Fresh Milk tersedia dalam 3 rasa Original, Chocolate dan Coffee. KIN Fresh Milk juga merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UV light barrier untuk menjamin kualitas produk tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi anak usia 2 tahun ke atas.

Tips Asik Konsumsi KIN Fresh Milk


Menurutku KIN Fresh Milk lebih enak dikonsumsi dalam keadaan dingin. Biasanya aku menyimpannya dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Selain itu, aku juga punya tips asik konsumsi KIN Fresh Milk – Susu Berkelas dari Sapi Teratas, yaitu dengan mencampurnya dengan sereal saat sarapan.

Paduan sereal dan segarnya KIN Fresh Milk membuat sarapan menjadi lebih nikmat dan tentunya sehat. Tinggal pilih rasa kesukaan, original, chocolate atau coffee menurutku semua sama enaknya. Dan untuk mendapatkannya juga mudah karena sudah tersedia di minimarket ataupun supermarket terdekat.

KIN Fresh Milk
www.kindairy.com
@kindairyid

1 comment:

  1. Wuoo produknya bikin nagih... enak dan bergizi lagi...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D