Friday, October 12, 2018

Pentingnya Perencanaan Kehamilan Demi Kebahagiaan Masa Depan


Sebagai seorang wanita, perjalanan menuju kehamilan adalah momen yang tidak dapat dilupakan. Seperti halnya diriku. Namun perjalanan menuju kehamilanku sepertinya berbeda dengan istri lainnya.

Menikah di usia muda, membuatku belumlah cukup mempersiapkan segalanya. Termasuk soal mental memiliki momongan. Aku yang perfeksionis ini, ingin semuanya terencana dengan matang. Termasuk soal mengurus anak kelak.

Kala itu aku ingin mempersiapkan semuanya dulu, mulai dari ekonomi, mental dan keterampilan mengurus anak. Makanya, aku memutuskan untuk menunda kehamilan dan menikmati momen berdua bersama suami, sembari mendewasakan diri masing-masing untuk menerima kehadiran buah hati.

Tapi apa daya, Allah memberi kami rezeki, selang 3 bulan menikah aku hamil. Jika para istri yang lain amat bahagia menerimanya. Jujur aku sedikit kecewa. Aku merasa, aku belumlah siap. Terlebih aku memiliki sedikit trauma dalam keluarga.

Perceraian kedua orang tua sedikit banyak meninggalkan kesedihan di hatiku. Rasanya, takut sekal hal itu terjadi kepadaku dan berimbas pada anakku nanti. Tapi, apa mau di kata, kehamilan haruslah aku jalani dengan sebaik-baiknya.

Sebenarnya, bukannya aku tidak mencegah kehamilan. Aku sudah mencegahnya dengan mengonsumsi pil KB. Namun, sepertinya pilnya tidak cocok di badanku. Sehingga berefek mual, eneg, dan lemas. Malah terasa seperti orang hamil. Sementara KB suntik aku tidak berani hehehe.

Alhamdulillah, rasa kecewa itu sebentar saja kualami. Kemudian berubah menjadi bahagia. Terlebih suami sangat perhatian dan siaga. Hingga lahirlah buah hati yang lucu menggemaskan, juga sangat pengertian.

Perjalanan kehamilan itu terasa seperti baru saja kualami, saat aku sharing dengan teman-teman blogger lain. Ya, beberapa waktu lalu aku dan teman blogger lainnya menghadiri acara bertajuk Sensitif Journey with Ovutest.


Dari sharing itulah, aku tahu memang kehamilan haruslah direncanakan. Karena dengan merencanakan kehamilan para orang tua tentunya bisa memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

Lalu bagaimana sih cara merencanakan kehamilan?

Saat merencanakan kehamilan ada beberapa hal yang harus kita ketahui, yaitu:

1. Apa itu ovulasi?

Ovulasi atau masa subur adalah masa terjadinya pelepasan sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Ovulasi terjadi 1 kali dalam 1 bulan (pada siklus normal). Dan dalam masa subur, sel telur akan bertahan selama 24 jam.

2. Apakah saya mengalami ovulasi?

Untuk mengetahui apakan kita mengalami ovulasi, pastikan dulu apakah masa subur/ovulasi kita teratur atau tidak. Yang perlu kita ingat adalah, masa subur jatuh pada 14 hari sebelum hari haid berikutnya.

3. Bagaimana ciri masa subur?

Ada 3 ciri yang menunjukkan masa subur yaitu:
• Perubahan suhu tubuh basal
• Perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks)
• Indikator minor: nyeri perut, perubahan payudara

4. Bagaimana cara deteksi masa subur?

Cara mendeteksi masa subur, bisa kita ketahui dengan alat deteksi. Saat ini aku menggunakan Ovutest Strip Uji Kesuburan. Alat ini bekerja dengan cara mengukur kadar LH pada urine.


Ovutest ini juga sangat praktis dan mudah digunakan. Caranya hampir sama dengan menguji kehamilan. Ovutest strip uji kesuburan juga menggunakan urine atau air seni sebagai media pengecekannya. Hasilnya dapat kita ketahui melalui reaksi perubahan warna pada strip. Dan hasilnya 99,9% akurat lho.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan Ovutest Scope. Alat tes masa subur ini juga praktis, dan cepat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air liur dan hasil tes dapat diketahui dalam waktu singkat. Tingkat keakuratannya juga tinggi, yati 98%. Keunggulannya Ovutest Scope adalah bisa digunakan berulang kali. Cukup bersihkan setiap habis pemakaian. Dan kita bisa menggunakannya lagi.


Aku percaya, perjalanan kehamilan adalah momen yang penting dan tentunya tidak dapat kita lupakan. Nah, aku mau ajak kamu, para pembacaku untuk sharing gimana sih serunya perjalanan menuju kehamilanmu. Nanti akan dipilih komen terbaik dan tentunya ada hadiah dong. Komen terbaik akan mendapatkan spesial hampers dari Sensitif.
Yuk saling sharing ^_^


4 comments:

  1. Ovutest scope paling mudah untuk mengecek masa subur yaaaa, cukup dengan air liur ajaaa. Bisa dipake berulang kali pulaaaa. Harus sedia ovutest scope nih dirumaaah

    ReplyDelete
  2. ngitung-ngitung masa ovulasi wanita emang lebih ribet dari neraca keuangan bulanan yaa hehehe, itu kalo belum paham bener gimana cara ngitungnya, tapi kalo udah paham mah jadi gampil trus bisa test juga pake Sensitif Ovutest deh

    ReplyDelete
  3. Aq termasuk yg blm mudeng buat cek masa subur untung ada Ovutest scoope ya

    ReplyDelete
  4. Ovutest menjadi pilihan tepat untuk perencanaan kehamilan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D