Wednesday, October 10, 2018

SCG Investment Forum 2018: A Passion for the Digital Business



Setiap pebisnis tentu menginginkan bisnisnya sukses, produk/jasa yang ditawarkannya dapat dirasakan banyak orang. Bisa dibilang itu semua adalah tolak ukur kesuksesan seorang pebisnis.

Lalu pertanyaannya bagaimana untuk mencapainya?
Banyak orang bilang bahwa untuk bisa meraih kesuksesan, “You have to follow your passion”. Menurutku memang hal itu benar adanya. Namun yang perlu diingat, walau passion dari setiap kita berbeda, tapi ada satu hal yang mau tidak mau harus menjadi passion untuk kita, apalagi kalau bukan soal digital.

Nah, bicara soal digial passion, beberapa waktu lalu aku menghadiri SCG Investment Forum 2018. Bertempat di Ritz Carlton, SCG yang merupakan konglomerat terkemuka di ASEAN menyelenggrakan Investment Forum 2018 dengan tema #DigitalPassion: Transformations that Change You. Dalam forum ini, SCG memperkenalkan AddVentures, sebagai salah satu anak perusahaan untuk memperluaskan bisnis ke dalam sektor teknologi digital.

Selain itu, SCG juga menunjukkan inovasi digital pada banyak aspek bisnis, terutama peluang untuk mendukung startup yang potensial berkembang cepat dan mendorong pertumbuhan untuk era industri 4.0. Menghadirkan para CEO muda di bidang digital, SCG investment Forum 2018 semakin mengukuhkan transformasi digitalnya.


Hadir sebagai pembicara:
  • Addventures by SCG, Mr Joshua Pas
  • Chief Executive Officer Dekoruma, Mr. Dimas Harry Priawan
  • Head of Corporate Development Go-Jek, Mr. Justin Choi
  • Chief Strategy Officer Bukalapak, Mr. Teddy Oetomo


Dalam paparannya, Mr. Teddy selaku Chief Officer Bukalapak menjelaskan, bahwa Bukalapak hadir bukan hanya memenuhi kebutuhan masyarakat, akan tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Senada dengan hal itu, Mr. Justin Choi juga menyatakan hal yang sama. Saat ini masyarakat dituntut untuk serba cepat. Rasanya 24 jam dalam sehari tidaklah cukup, dan untuk mengatasi itu semua perlu transportasi yang cepat dan efisien seperti Go-Jek.

Tema Investment Forum tahun ini menekankan pada pentingnya transformasi digital utnuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Berdasarkan IDC- pusat data terbesar di Indonesia, pada tahun 2021, transformasi digital akan menambahkan sekitar USD 1,16 triliun kepada GDP Asia Pasifik dan meningkatkan pertumbuhan sebesar 0,8% per tahun.

Indonesia diprediksi akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan nilai pasar sebesar US $ 130 Miliar pada tahun 2020. Memasuki tahun 2021, setidaknya 40% GDP Indonesia akan menjadi digital dengan pertumbuhan di setiap industri didorong oleh kemajuan secara digital, operasi, dan hubungan. Teknologi adalah kunci untuk pertumbuhan industri di masa depan.

SCG Memperluas Transformasi Digital


SCG memperluas investasinya melalui salah satu anak perusahaannya “AddVentures”. Perusahaan ventures capital SCG ini telah diluncurkan pada Juni 2017 dan telah menyediakan 3 cara kerja sama dengan startup yaitu venture capital fund, kemitraan ekosistem, dan investasi langsung. Tahun ini, ada 11 startup di Asia Tenggara yang telah bekerja sama dan menjadi bagian dari AddVentures by SCG. Selain ASEAN, perusahaan ini juga melakukan investasi skala dunia seperti Sillicon Valley dan China.

Khusus untuk SCG selama 3 tahun terakhir ini telah berfokus pada transformasi digital dalam 5 bidang utama, yaitu pasar untuk bahan bangunan, platform pembayaran untuk B2B E-Commerce, platform logistik, platform pencocokan kontraktor, serta otomatisasi bisnis dan proses manufaktur.

Semua aspek transformasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dari 3 unit bisnis utama SCG di Indonesia yaitu Cement-Building Material, Packaging, dan Petrol-Chemical. Dengan teknologi digital, SCG dapat memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan dan mitra. Selain itu, SCG juga yakin bahwa digitalisasi adalah kunci untuk masa depan pembangunan berkelanjutan dari operasi SCG di Indonesia.

Salut untuk SCG atas transformasinya ke dunia digital dan mendorong era indutri 4.0 Indonesia. Nah, menurut kamu seberapa penting sih digital passion untuk perkembangan bisnis dan ekonomi kita? Share di kolom komentar ya ^_^












1 comment:

  1. Buka usaha sesuai passion akan bertahan lama . yang akan semangat mengembangkan bisnis dari biasa menjadi digital. Apalagi dapat sokongan scg

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D