Friday, November 9, 2018

Kini, Belanja Online Nggak Pake Drama


I love ordering things online because when they arrives it’s like a present to me, from me.

Kalau ditanya apa hobiku, dengan lugas aku langsung jawab ‘belanja online’. Nggak tahu kenapa, setiap terima paket yang aku pesan dari belanja online, rasanya happy aja. Seperti dapat hadiah, walau hadiahnya dari diri sendiri. Momen satisfy saat unboxing paket itulah yang bikin aku bahagia.

Saat ini berbagai e-commerce lagi getol-getolnya ngadain flash sale. Dan ibarat kesempatan emas, aku nggak mau melewatkannya begitu aja dong. Namanya perempuan, bohong banget kalau nggak suka harga murah atau sale gede-gedean.

Item favoritku kalau belanja online adalah beauty stuff dan makeup. Saat ini memang trend makeup Korea lagi hype banget di Indonesia. Dan kosmetiknya juga laris manis walau harus PO terlebih dahulu.

Tapi, sedihnya aku sering kali mengalami pengalaman yang nggak menyenangkan soal belanja online. Dan hal itu berkaitan dengan masalah pengiriman atau delivery-nya. Ibarat sudah spend uang lumayan dan nunggu waktu PO yang nggak sebentar, lalu barangnya tiba dirumah dalam kondisi tidak prima itu rasanya seperti nunggu dilamar pasangan, eh tau-tau dia bawa gandengan lain T_T sedih akutuh.

Begitu kira-kira, kosmetik Korea yang aku tunggu-tunggu sering kali tidak utuh begitu sampai rumah karena di lempar oleh kurir melalui pagar. Atau bahkan balik lagi ke pengirimnya. Hal itu karena rumahku sering kali tidak ada orang, karena semuanya sibuk beraktivitas.

Berkaca dari pengalaman sedihku itu, aku membayangkan kapan ya, kita bisa bebas belanja online, tanpa perlu khawatir barangnya datang saat kita nggak dirumah. Terlebih untuk perempuan yang hobi beli kosmetik atau barang pecah belah yang produknya sensitif kalau delivery nggak benar.


source: @C2Live

Bak gayung bersambut, beberapa waktu lalu, aku hadir di acara “Tips Sukses Blogger Bekerjasama dengan Brand” yang terselenggara berkat kerjasama apik C2Live dengan PopBox. Dari acara itu, aku jadi tahu kalau ternyata ada sebuah sistem loker otomatis di mana kita bisa mengambil barang sendiri di manapun dan kapanpun.

PopBox adalah sebuah startup asal Indonesia yang menawarkan solusi teknologi platform loker otomatis. Didirikan oleh Adrian Lim dan Greta Bunawan di tahun 2015. Jadi, PopBox itu seperti PO Box Pribadi yang membuat proses pengiriman dan penerimaan barang menjadi lebih mudah.

Nyesel Baru Kenal PopBox

Loker PopBox di Superindo Kaliabang, Persis di samping gerbang Komplek Rumah, jadi deket deh 

Aku sendiri udah coba, beberapa waktu lalu, aku order produk kosmetik di Lazada dan memilih pengirimannya via JNE kemudian menuliskan alamatnya di loker PopBox terdekat dengan rumahku. Bersyukur banget, di supermarket depan gerbang komplekku ada PopBox yang cukup besar dan buka sampai malam. Jadi, aku nggak khawatir kejauhan atau spend waktu banyak untuk ke loker PopBox.

Sebenernya agak nyesel sih, kenapa baru tahu PopBox sekarang-sekarang ini, padahal PopBox sendiri sudah ada sejak tahun 2015 dan udah jadi solusi utama millenials yang hobi belanja online tapi punya mobilitas tinggi. Bahkan bukan cuma itu sih, PopBox juga jadi solusi, untuk kamu yang alamatnya susah dijangkau oleh kurir.

Seperti yang dialami temanku yang juga bekerja sebagai blogger. Ia sering kali mendapat paket yang berisi produk yang akan ia review. Namun, alamat rumah yang tidak terdeteksi maps, atau sulit dijangkau kurir, cukup membuat ia keki. Pernah ia harus berdebat panjang dengan kurir yang sepertinya sudah frustasi mencari alamatnya yang nggak ketemu.

Akhirnya, sebagai solusi ia meminta izin pak RT, yang rumahnya lebih mudah dijangkau sebagai alamat tujuan paket. Sekali dua kali mungkin oke, tapi kalau terlalu sering, pak RT mungkin lelah juga hehehe. Nah, begitu tahu tentang PopBox, ia sumringah luar biasa.

Kini, ia nggak bingung dan dilema lagi kemana paketnya akan dikirimkan. Karena PopBox seperti penyelamat hidup yang mempermudah pekerjaannya. Aku dan temanku mungkin hanya segelintir orang yang merasakan manfaat PopBox tapi di luar sana, aku yakin banyak juga punya masalah yang sama dan ingin mendapatkan solusinya. Nah, berikut ini aku jabarkan detail fitur apa saja yang bisa kita manfaatkan melalui PopBox dan bagaimana cara menggunakannya.

cara belanja online dengan PopBox sabagai alamat pengiriman


Fitur-fitur PopBox dan Cara Menggunakannya


Untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di PopBox, terlebih dahulu kita harus download aplikasinya di Google store atau Apps store. Jangan lupa untuk create akun dan isi profil dengan benar. Yang perlu diingat adalah masukkan nomor handphone aktif, karena notifikasinya akan kita terima melalui SMS.

Ada 4 Fitur PopBox yang bisa kita manfaatkan, yaitu:

1. PopSend
Fitur pengiriman barang atau paket dari alamat pengirim atau loker dengan tujuan ke loker PopBox atau alamat penerima. Fitur ini sering dimanfaatkan oleh online shop dan orang-orang yang hobi belanja online tapi sering tidak di rumah. Atau bahkan yang alamat rumahnya tidak terdeteksi dan sulit dijangkau kurir.



Cara menggunakan PopSend juga mudah, yaitu:
• Buka aplikasi PopBox Asia dan klik PopSend

• Letakkan di Loker atau Jemput Paket
Pilih lokasi asal paket, pengirim dapat meletakkan sendiri di loket terdekat atau kurir akan mengambil ke alamat pengirim. Lalu diantar ke loker atau alamat penerima.

• Pastikan data Lengkap
Isi detail data yang dibutuhkan untuk memastikan barang sampai ditujuan dengan cepat

• Dapatkan notifikasinya
Setelah Order dibuat, kita akan mendapatkan notifikasi via SMS


2. PopSafe
Fitur yang memberikan kemudahan untuk menyimpan barang bawaan di loker PopBox dengan aman. Fitur ini dapat kita manfaatkan untuk menyimpan barang bawaan kita yang dirasa merepotkan jika kita harus membawanya.

Cara menggunakan PopSafe:
  • Buka aplikasi PopBox Asia, klik PopSafe
  • Pilih lokasi loker terdekat
  • Pilih ukuran loker yang sesuai dengan barang yang ingin disimpan
  • Datang ke loker dan buka loker menggunakan nomor order pesanan
  • Kemudian PopBox akan mengirimkan PIN Code untuk mengambil barang yang valid sampai 1x24 jam setelah order dibuat.


3. OnDemand
Fitur yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan baju, sepatu kotor, memperbaiki tas yang rusak dan sebagainya menggunakan loker PopBox. Jadi nggak perlu bingung, kalau sepatu kita basah karena hujan, cukup manfaatkan fitur ondemand di PopBox saja.



Cara menggunakan OnDemand:
  • Buka aplikasi PopBox Asia dan klik OnDemand
  • Pilih partner dan layanan yang kita inginkan, pilihannya terdiri dari laundri, perbaikan dan perawatan sepatu
  • Simpan barang yang ingin dibersihkan atau diperbaiki di loker sesuai dengan nomor order
  • Baju atau sepatu kita kemudian akan diproses oleh partner PopBox
  • Lakukan pembayaran
  • Ambil barang dengan cara memasukan PIN Code yang diberikan PopBox jika proses pengerjaannya telah selesai dilakukan.


4. Free Gift
Nah, ini yang ditunggu-tunggu oleh Poppers (sebutan untuk Pengguna PopBox) yaitu Free Gift. Jadi PopBox akan memberikan bingkisan menarik untuk setiap partisipasi kita.

Cara menggunakan Free Gift
  • Buka aplikasi PopBox Asia, klik Free Gift
  • Isi survey, dengan menjawab pertanyaan yang disediakan
  • Masukkan data diri lengkap
  • Jika beruntung kita akan mendapatkan hadiah dari PopBox, dan akan dikirimkan PIN Code untuk mengambil hadiahnya

Nggak Usah Khawatir, PopBox Aman dan Terjaga


Aku sendiri udah coba beberapa fitur PopBox, yaitu PopSend dan PopSafe. Menurutku, aplikasinya gampang banget kita gunain. Aku juga nggak khawatir soal keamanannya, karena memang PopBox sendiri dirancang sedemikian rupa sehingga lokernya hanya akan terbuka jika kita memasukkan kode yang sesuai. Jadi, nggak ada cerita tuh bakal dibobol atau dimalingin.

Bukan cuma itu aja, di tiap PopBox juga terpasang cctv di mana jika terjadi apa-apa dapat terlacak melalui rekaman cctv. Kita juga nggak perlu khawatir soal barang kita yang masih tersimpan dalam loker kalau kita lupa. Karena notifikasi remindernya akan dikirimkan oleh PopBox.

Begitupun saat kita di luar kota dan nggak bisa mengambil barang dalam waktu relatif lama, tinggal kontak Customer Services PopBox untuk minta perpanjangan waktu. Sejauh ini, Costumer servicesnya ramah dan responsif melayani segala macam permintaan dan pertanyaan customer. Untuk detail informasinya bisa mampir ke http://popbox.asia atau juga bisa cek-cek instagramnya @PopBox_Asia

FYI, pengalamanku ini bukan cuma sekedar narasi di blog semata lho. Tapi memang testimoni setelah aku menggunakan PopBox. Nggak percaya? Coba aja sendiri! ^_^


4 comments:

  1. Inovasi yang keren juga nie,.makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  2. Kemarin aku hanya ambil tiket nonton aja. . Susah berburu diskonan

    ReplyDelete
  3. Sekarang apa2 enak ya..hanya melalui smartphone segala aktifitas bisa dilakuin. Dengan konsep pengiriman loker, bisa terjaga privacy nya

    ReplyDelete
  4. Paxel , wah kapan lagi punya po box sendiri dan aman dengan keamanan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D