Friday, November 30, 2018

Menuju Indonesia Maju Bersama Sekretariat Kabinet




Mengulas tentang pemerintahan menurutku gurih-gurih sedap. Di satu sisi tema itu begitu berat untuk digarap. Tapi di sisi lain, aku merasa amat tertantang. Masa generasi muda buta soal pemerintahan. Mau jadi apa negara Indonesia ke depannya, ya nggak?

Makanya beberapa waktu lalu waktu Sekertariat Kabinet mengadakan lomba media sosial aku semangat bukan main. Selain memang mau berkontribusi untuk kemajuan negeri, aku juga merasa harus ambil bagian demi masa depan bangsa. Siapa tahu kan konten yang aku buat bisa menjadi aspirasi yang sangat berarti untuk pemerintah.

Nah, ngomongin soal lomba media sosial, sebenarnya bukan tanpa sebab Sekertariat Kabinet mengadakan berbagai lomba seperti ini, selain menampung aspirasi generasi millenial, Sekertariat Kabinet juga ingin berbagai program yang tengah dijalankan dapat diketahui oleh seluruh masyarakat.

Memang nggak bisa dipungkiri sih, melalui konten atau tulisan para blogger, berbagai program kerja pemerintah baik yang telah terlaksana ataupun yang baru akan dilaksanakan, dapat terpublikasi secara luas. Itu karena para blogger mengulasnya dengan sentuhan personal experience. Sehingga apa yang mereka ulas lebih mudah diterima oleh masyarakat.


Lomba media sosial dengan tagline #MenujuIndonesiaMaju sebenarnya merupakan rangkaian kompetisi yang digelar oleh Sekertariat Kabinet di berbagai kanal media sosial, mulai dari Twitter, Instagram, Facebook, Youtube, sampai Blog. Lomba yang berlangsung kurang lebih 8 bulan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Kabinet Bapak Pramono Anung pada tanggal 26 Maret 2018 lalu.

Hadiahnya kece badai, total 107 juta untuk semua kategori. Gils banget kan??? Hadiah yang segitu besarnya adalah bentuk apresiasi pemerintah akan kekuatan konten media sosial yang dibuat oleh peserta. Hal itu juga sebagai sebuah gerakan Anti Hoax.

Adapun Rules Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju adalah:

1. Platform Twitter
Lomba #MenujuIndonesiaMaju di twitter sendiri cukup mudah, caranya kita hanya membuat tweet dengan hastag tertentu yang nantinya akan dibuat menjadi kultweet/chipstory. Selain itu juga ada lomba teka-teki silang yang harus dijawab dalam bentuk tweet.


2. Platform Instagram
Melalui instagram, peserta lomba bisa mengupload video dengan durasi 1 menit dan mencantumkan hastag #MenujuIndonesiaMaju. Selain itu juga peserta bisa mengupload meme dengan tema pahlawan masa kini versi kita sendiri.

3. Platform Facebook
Di platfrom facebook kita seperti bermain games dengan menemukan kata-kata yang hilang dari pidato Pak Jokowi dalam suatu rapat. Kemudian juga ada lomba teka-teki silang seperti di Twitter.


4. Platform Youtube
Platform ini tentunya membutuhkan skill khusus nih, karena peserta yang ingin berpartisipasi dapat membuat vlog atau film pendek dengan tema yang sudah ditentukan dan tentunya menyertakan hastag #MenujuIndonesiaMaju dan #PembangunanMaju. Spesialnya, lomba vlog ini bisa dilakukan sendiri ataupun berkelompok dengan maksimal 5 orang, jadi bisa dikerjakan bareng-bareng.

5. Platform Blog
Melalui platform blog, peserta bisa menuliskan aspirasi dan pendapatnya tentang Indonesia Maju. Kemampuan menulis dan memaparkan gagasan, tentunya menjadi point utama dalam lomba ini.

Ini Dia Para Pemenang Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju


Bagi peserta yang ikutan lombanya, pasti udah harap-harap cemas menanti siapakah yang keluar sebagai jawaranya. Dan Pemenangnya adalah......

Pemenang Instagram

Pemenang Twitter

Pemenang Facebook

Congratz to all winner. Moga makin semangat berkarya dalam memajukan Indonesia. Semoga lomba seperti ini dapat terus diadakan lagi yaa. ^_^


For More Information:
Fanpage : @Setkabgoid atau SetkabRI
Twitter : @setkabgoid
Instagram : @sekretariat.kabinet
Youtube : Sekretariat Kabinet RI
Website : www.setkab.go.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D