Wednesday, December 19, 2018

Dukungan Mineski, Esport Indonesia Jadi Semakin Berkembang




Dulu nih ya, yang aku tahu olahraga itu ya sepak bola, badminton, panahan, sepeda, basket dan sejenisnya. Tapi ternyata sekarang olahraga itu semakin berkembang ya, nggak melulu suatu aktivitas di luar ruangan yang bercucuran keringat.

Di era digital seperti sekarang berbagai permainan game juga memiliki fungsi sebagai olahraga, atau istilah kerennya esport. Berbagai game online yang seru dan menantang memang layak jika dijadikan sebagai bagian dari olahraga/esport.

Nah, ngomongin soal esport, beberapa waktu lalu aku hadir ke acara MET Launching. Bertempat di Hotel Pullman Jakarta, aku bersama teman blogger lainnya menyaksikan sendiri keseruan MET Launching.

Perkembangan industri game di Indonesia bisa dibilang sangat pesat terutama dalam beberapa tahun belakangan ini. Dilansir dari Newzoo tahun 2017, Indonesia bahkan menempati posisi ke-16 dari daftar negara dengan pasar game besar. Dengan sekitar 43 gamers di Indonesia, total pendapatan yang dihimpun dari industri ini mencapai USD 879 juta. Secara global, pasar games dunia diprediksi masih terus bertumbuh pesat dan mencapai pendapatan tahunan hingga 80 miliar di tahun 2021.

Hal itulah, yang kemudian menjadi salah satu alasan Mineski, salah satu organisasi esport terbesar di Asia Tenggara untuk semakin memperkuat posisinya di Indonesia. Kehadiran Mineski seperti membawa angin sejuk dalam ekosistem esport di Indonesia, baik melalui kompetisi, infrastruktur, serta dukungan para gamers. For your information, saat ini Mineski telah memiliki tiga cabang bisnis utama, yaitu: Mineski Infinity, MET, dan Mineski Profesional Team.

Keseruan acara MET Launching


Masuk ke lantai G, Hotel Pullman aku dibuat takjub dengan jejeran banner atlet-atlet esport. Ternyata ada perempuannya lho. Aku kira awalnya, paling atlet esport cuma laki-laki aja. Secara kan, perempuan paling gamenya yang ringan dan menyenangkan. Tapi ternyata aku salah. Banyak juga perempuan yang menjadi atlet esport dan mendukung perkembangan games di Indonesia.

Sekitar pukul 13.00 acara dibuka dengan sambutan dari Agustian Hwang, Country Manager MET Indonesia. Dalam sambutannya, Agustian mengatakan, MET akan membuktikan keseriusannya dengan berencana untuk menyelenggarakan event-event raksasa di Indonesia, di antaranya Garuda Cup, Indonesia Professional Gaming League (IPGL), dan Jakarta Masters.


Bukan hanya itu, di Indonesia Mineski juga menjalin kemitraan yang kuat untuk menciptakan ekosistem esport yang tak terbatas. Saat ini, Mineski bermitra dengan Telkomsel, Tencent, Go-Jek, dan Tokopedia yang tentunya akan memberikan pengalaman terbaik untuk seluruh gamers dan esport enthusiast di Indonesia.

Kiprah Mineski sendiri sudah sangat teruji di kawasan Asia Tenggara, Mineski memberikan dukungan kepada gaming profesional untuk berkembang menjadi raksasa. Nah, hal itu yang kemudian diterapkan Mineski di Indonesia yang bisa dibilang sedang mengembangkan industri esport. Sejauh ini, Mineski dikenal memiliki tim esport terbaik di berbagai game, seperti League of Legends, CS:GO, dan DOTA 2. Makanya nggak heran, kalau Mineski dijuluki sebagai tim esport primer di kancah dunia.


FYI, selain dari tim gaming, Mineski juga memiliki fokus untuk mengembangkan cybercafe, melalui Mineski Infinity di Indonesia demi mendukung hadirnya banyak talenta gaming baru. Awalnya aku nggak paham sih, Cybercafe itu apa. Kupikir semacam coffeshop tempat ngumpulnya para gamers hihihi. Ternyata salah. Jadi, cybercafe itu seperti ‘markas’ bagi para gamer-gamer lokal yang ingin berkembang ke arah profesional.

Bukan cuma Cybercafe, Mineski indonesia juga memiliki MET yang terdiri dari 2 lini produk utama, yaitu MET Event dan MET Entertainment. Di Indonesia, MET Events telah memproduksi lebih dari 20 event esport berskala nasional dan internasional sejak kehadirannya tahun 2017 lalu. Begitu juga dengan MineskiTV Indonesia yang telah menayangkan lebih dari 500 jam konten live streaming yang disaksikan puluhan juta penonton setiap tahunnya.


Melalui MET Entertainment, MET berupaya mendukung talenta muda yang memiliki potensi untuk semakin berkembang di industri esport. MET Entertainment ini bergerak di bidang talent management yang berfokus bagaimana membina dan mengasah bakat dan kemampuan para talent sehingga dapat berkembang dan sejajar dengan talent esport internasional.

Sekarang aku paham bahwa industri game esport ini bisa sangat menghasilkan sesuatu yang bemanfaat. Terimakasih Mineski, dengan supportmu, industri esport Indonesia menjadi semakin berkembang ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D