Friday, December 14, 2018

Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama dan Lebih Baik dengan AIA


Kesehatan, satu hal yang dianggap remeh tapi sesungguhnya krusial. Kadang aku suka abai sama yang namanya kesehatan. Merasa tidak ada masalah dalam tubuh, lantas berbuat seenaknya. Padahal pola hidup yang cenderung abai itu bisa jadi bom waktu yang suatu saat bisa meledak.

Coba deh, berapa banyak dari kita yang berani untuk menjalani medical check up keseluruhan? Pasti jarang banget, termasuk aku sendiri belum berani. Alasannya sepele, sadar bahwa selama ini belum bergaya hidup sehat, jadi pasti hasinya juga akan tidak memuaskan.

Nah, kira-kira begitulah yang terjadi. Banyak dari kita yang sadar bahwa selama ini menjalani pola hidup yang tidak sehat dan takut untuk melakukan medical check up. Padahal ya, kalau sudah sadar belum bergaya hidup sehat ya dirubah. Bukan malah takut untuk menjalaninya.


Beberapa waktu lalu aku menghadiri acara AIA Healthy Living Day. Dari situ, aku makin paham bahwa sebenarnya semakin banyak orang yang sudah sadar untuk memulai gaya hidup sehat. Duh, lantas aku kok belum yaaa? Sedih aku tuh.

Terbukti dari hasil riset AIA Healthy Living Index 2018 mengungkapkan tingkat kepuasan masyarakat di Asia terhadap kesehatan mereka menurun dari 84% di 2016 menjadi 81% di 2018. Walaupun merasa kurang puas dengan kesehatan mereka, gaya hidup sehat yang dijalankan masyarakat di Asia Pasifik meningkat dari 4,7 di 2016 menjadi 5,0 di 2018.

Namun, kondisi berbeda justru ditunjukkan di Indonesia, di mana skor AIA Healthy Living Index 2018 naik menjadi 62 dibanding 2016 dengan skor 58 dan 2013 dengan skor 55. Sebanyak 96% orang Indonesia merasa puas dengan kesehatannya, meningkat 3% dibandingkan tahun 2016 dan menempatkan Indonesia di peringkat 11 dari 16 negara Asia Pasifik. Sebelumnya Indonesia menduduki peringkat 14 di tahun 2016 dan peringkat 15 di tahun 2013.

Ibu Kathryn Monica Parapak, selaku Head of Brand and Communication, PT. AIA Financial mengatakan bahwa AIA Helathy Living Index adalah survei yang AIA lakukan di Asia Pasifik untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai kesehatan dan harapan mereka untuk hidup lebih baik. Nah, menurut survei ini, AIA jadi paham tren kesehatan saat ini jadi bisa membantu mansyarakat untuk hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik.

Survei ini juga menjadi dasar pendekatan AIA untuk mengembangkan produk dan layanan serta berbagai inisiatif untuk memotivasi mayarakat menjalankan pola hidup sehat.


Bener banget sih aku merasakannya sendiri. Apa yang AIA lakukan dan berikan kepada masyarakat itu terbilang mengena dan bermanfaat. Seperti kemarin, aku dan teman-teman blogger lainnya diajak Zumba bareng. Asli aku happy banget. Udah lama nggak olahraga dan sekarang diajak zumba bareng temen-temen plus dipandu langsung oleh profesional lagi.

Ternyata zumba itu menyenangkan ya. Selain membakar kalori dan bikin seger badan, aku merasa zumba juga bisa sedikit melepaskan emosi. Hanya memang untuk yang baru ikutan zumba kaya aku gini, agak kagok ngikutin gerakannya yang cepat. Tapi no problemo, yang penting bahagia.

Laila Munaf, Instruktur Zumba dan Owner Sasa Studio yang memandu zumba kami juga menjelaskan memang olahraga itu penting demi hidup sehat dan berkualitas. Dan nggak perlu repot kok, olahraga sekarang begitu mudah dilakukan bahkan sudah banyak sarana pendukungnya.

Selain itu, olah raga juga bentuk antisipasi kita dari penyakti kritis lho. Rata-rata penyakit kritis itu nggak terlalu terasa gejalanya, tapi tahu-tahu begitu terdeteksi sudah parah. Penyakit kritis ini bukan hanya berdampak serius pada kesehatan tapi juga pada keuangan. Coba bayangin, seberapa tinggi biaya pengobatan untuk penyakit kritis? Banyak contoh mereka yang akhirnya mengalami kesulitan keuangan saat mengalami sakit kritis kan? Duh, mudah-mudahan kita diberikan kesehatan oleh Allah ya dear.

Tapi yang namanya sakit tetep aja kita nggak tahu ya. Bisa aja kita terkena. Makanya penting banget punya proteksi. Tentunya agar tidak ada kesenjangan antara kebutuhan finansial yang harus disiapkan saat menghadapi kondisi penyakit kritis dengan biaya yang mungkin muncul.

Merespon kekhawatiran masyarakat akan hal itu, AIA secara konsisten berupaya untuk membuat perubahan positif dalam hidup masyarakat dengan menyediakan produk proteksi dan rencana keuangan jangka panjang serta secara aktif menyerukan gaya hidup sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai inisiatif hidup sehat diluncurkan oleh AIA, salah satunya adalah program ‘AIA Sepak Bola untuk Negeri’, untuk mengajak masyarakat menjalakan gaya hidup sehat melalui partisipasi aktif dalam olahraga. Melalui program ini, AIA mendonasikan 10.000 bola anak-anak Indonesia dan menggelar coaching clinic sepak bola di berbagai kota bersama International Development Coach Totteham Hotspur dan tokoh sepak bola Indonesia.

Menurutku apa yang AIA lakukan adalah sebuah langkah nyata yang amat membantu masyarakat untuk terus hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik. Terimakasih AIA ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D