Wednesday, December 12, 2018

Indonesia.go.id; Saatnya Indonesia Semakin Dikenal Dunia


Apa yang pertama kali akan kamu lakukan sebelum pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi?
Yup, jawabannya pasti browsing. Mengenal dan mencari tahu daerah yang akan kita kunjungi. Tujuannya macam-macam, untuk tahu peraturan di daerah tersebut, untuk tahu tranportasi yang bisa kita gunakan, sampai tempat wisata yang bisa jadi destinasi pilihan.

Hal itulah yang kemudian dipikirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam rangka meluncurkan portal berita www.indonesia.go.id beberapa waktu lalu. Portal berita itu seolah menjadi pintu dunia dalam memperkenalkan Indonesia.



Sebenarnya, Indonesia.go.id yang diluncurkan kemarin merupakan wajah baru dari tampilan yang sebelumnya. Seiring dengan peluncuran ini, portal berita indonesia.go.id hadir dengan data terbaru dan terlengkap beserta navigasi serta pengkanalan yang juga telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Ke depannya portal berita ini akan menjadi sebuah wadah yang memaparkan informasi tentang segala kekayaan Indonesia kepada masyarakat, baik domestik maupun mancanegara secara akurat dan lengkap.


Dalam relaunching Indonesia.go.id yang aku hadiri beberapa waktu lalu, aku mendapat paparan yang begitu lengkap dari pakar-pakar hebat tentang Indonesia. Bahwa betapa bangganya, Indonesia telah banyak berubah beberapa tahun belakangan ini.

Pak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi menjelaskan bahwa Indonesia memiliki pesona yang luar biasa, dan rasaya akan sia-sia jika tidak disebarluaskan ke publik tanah air dan warga dunia. Untuk itulah indonesia.go.id hadir sebagai halaman depan NKRI di dunia digital sekaligus memberikan gambaran secara utuh tentang Indoensia dan sebagai upaya nation branding.

Pak Rudi juga menuturkan, membangun branding yang kuat di era media digital membutuhkan strategi yang jelas dan terukur. Oleh karena itu jangan hanya terfokus di dalam negeri tapi juga perlu memperkuat nation branding Indonesia ke publik Internasional.

Senada dengan hal itu, Guru Besar Manajemen UI, Prof. Dr. Rhenald Kasali mengungkapkan rasa salutnya pada Menteri Pariwisata Indonesia, Pak Arief Yahya. Menurut Prof. Rhenald, ditangan Pak AY Indonesia semakin dikenal dunia. Sektor pariwisata semakin maju, dan banyak daerah Indonesia yang akhirnya dikenal dunia. Hal itu tentunya seiring sejalan dengan perekonomian nasional.

Prof. Rhenald menjabarakan kedudukan Ekonomi Indonesia terbilang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan lebih unggul dibandingkan dengan India.

Indonesia.go.id Hasil Kerja dan Sinergi seluruh Instansi Pemerintah


Yang perlu kita garisbawahi bersama terkait kehadiran www.indonesia.go.id adalah bukan semata-mata hasil kerja Kementerian Kominfo saja. Namun juga ada andil dan sinergi bersama seluruh instansi pemerintahan.

Oleh karena itu, Menteri Rudiantara mengharapakan ke depannya pengelolaan portal berita indonesia.go.id dapat dikerjakan bersama-sama antar kementerian mulai dari konten hingga aspek teknis.

"Ini adalah media platform. Kontennya dikelola bersama-sama oleh pemerintah. Yang punya domain dari Sekretariat Negara, sementara sisi sistem teknologi dari Kementerian Kominfo. Jadi kolaborasi semua kementerian atau lembaga dan institusi di Indonesia," kata Menteri Rudiantara.

Saat ini portal berita indonesia.go.id baru memiliki dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Namun kedepannya diharapkan menggunakan beberapa bahasa internasional lain, yang tentunya akan memudahkan orang asing mengenal Indonesia.

Terkait peluncuran kembali portal berita www.indonesia.go.id, Menteri Rudiantara menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkomitmen dan berdedikasi untuk menghadirkan lagi media sebagai branding Nusantara ke kancah global.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Setneg, KSP, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi dan lainnya. Portal beritanya akan diperbaiki terus. Jika dibandingkan portal berita sebelumnya, bagaikan langit dan bumi. Nanti akan kita tingkatkan ke langit ke tiga sampai ke tujuh," ujar Menteri Rudiantara.

Selain agenda peluncuran kembali portal berita www.indonesia.go.id, acara lainnya juga diisi dengan penghargaan kompetisi video Ini ‘Cerita Kami’ serta diskusi media bersama Menteri Rudiantara, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Guru Besar Manajemen UI Prof DR Rhenald Kasali dan moderator Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP.


Acaranya sendiri berlangsung hangat dan terbuka. Pak Johan Budi kerap melontarkan kalimat yang membuat gelak tawa undangan yang hadir. Pulang dari acara, aku sempatkan membukan www.indonesia.go.id dan merasa bersyukur ada sebuah ortal berita yang lengkap dan terpercaya agar harum Indonesia dapat dikenal dunia.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D