Wednesday, February 28, 2018

...

Berprestasi Karena Sarapan, Bener Nggak Sih?


Kalau ada pepatah yang mengatakan ‘posisi menentukan prestasi’, bisa dibilang aku sangat nggak setuju, nyatanya bukan posisi tapi sarapanlah yang menentukan prestasi. Aku ingat betul bagaimana, mama selalu mengingatkan pentingnya sarapan sejak sekolah dasar.

Sebenarnya sarapan adalah hal yang paling malas aku lakukan, Alasannya lucu, takut kebelet pup di sekolah, hehe.

Tapi, alasan itu nggak menghalangi mama untuk memberi anaknya sarapan, jadilah segelas sereal coklat yang praktis, lezat tapi kaya gizi yang dihidangkan di meja makan.

Alhamdulillah, karena konsistensi mama menjaga anaknya agar tetap sarapan berbagai prestasi aku raih selama di sekolah dulu.

Perbedaan Drastis: Sarapan vs Tidak Sarapan


Beberapa kali melewatkan momen sarapan membuat aku merasakan betul perbedaan drastis antara sarapan sebelum beraktivitas dan tidak.

Tugas dan pekerjaan yang cukup padat, membuat pola tidurku berantakan dan sering melewatkan momen sarapan. Hal itu, kadang membuat pagiku seolah nggak cerah, kantuk selalu melanda, dan emosiku kadang suka nggak terkontrol.

Makanya belajar dari, itu aku mulai menyemangati diri, untuk nggak melewatkan momen sarapan sebelum jam 9 pagi, karena menurut penelitian, banyak banget manfaat sarapan, yang bisa kita dapatkan:


1. Menjaga konsentrasi otak
Untuk menjaga konsentrasi, otak harus bekerja dengan baik, karena itu diperlukan asupan energi yang menjadi bahan bakar. Banyak penelitian yang menunjukkan hasil positif bahwa sarapan yang tepat dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir dan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita beristirahat.

2. Jadi sumber energi
Layaknya kendaraan yang membutuhkan bensin agar tetap jalan dan melaju, begitu pun dengan tubuh kita. Perlu diisi asupan sarapan yang tepat agar dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas sepanjang hari.

3. Metabolisme tubuh seimbang
Saat tidur, tubuh kita tidak mengonsumsi makanan sama sekali, sehingga pada pagi hari kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas. Namun, jika aktivitas sarapan ini terlewatkan, maka tubuh secara terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen.

Hal ini tentu akan membawa dampak buruk bagi tubuh, karena metabolisme yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag, lemas, tidak bertenaga, dan lain-lain.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang prima ditandai dengan selalu bersemangat melakukan segala aktivitas. Berbagai penelitian menyebutkan dengan memilih menu sarapan yang tepat. Daya tahan tubuh menjadi lebih prima dan terhindar dari rasa kantuk.

5. Sehat sampai tua
Faktor pendukung untuk memiliki tubuh sehat dari usia muda hingga tua dan terhindar dari berbagai penyakit seperti hipertensi, obesitas, jantung sampai diabetes adalah dengan melakukan sarapan pagi sebelum jam 9. Dengan sarapan pagi, kita dapat mengurangi berbagai risiko penyakit tersebut dan memiliki tubuh sehat sampai tua.


Tapi, Apakah Semua Menu Sarapan itu Baik untuk Tubuh?

Faktanya adalah tidak semua menu sarapan baik untuk tubuh, menu sarapan dengan kadar gula tinggi, dan makanan berlemak justru memiliki dampak buruk. Karena itu, penting untuk kita kenali, menu yang tepat dan sehat untuk sarapan.

Menurut sejumlah penelitian, makanan yang rendah lemak, tinggi protein, dan kaya serat adalah pilihan terbaik untuk sarapan.

Mungkin banyak yang merasa ribet memilih sarapan yang rendah lemak, tinggi protein dan kaya serat di pagi hari. Karena memang pagi hari adalah waktu paling hectic, di mana kita harus berkejaran dengan macetnya jalan raya. Terlambat sedikit saja, bisa berakhir dengan SP 1 atau tidak boleh masuk oleh dosen.

Don’t worry, dear, ada solusi sarapan praktis yang cepat dan juga sehat dari energen.

Sebenernya, energen ini adalah sarapan yang selalu dihidangkan mama sejak aku SD. Salah satu yang berperan mengantarkanku meraih sejumlah prestasi.


Sebungkus energen seperti paket komplit, yang berisi sereal dan susu dengan sigmavit, yang merupakan paduan vit. A, vit. B1, vit. B2, vit. B6, vit. B12, vit. D, vit. E, asam folat dan kalsium yang amat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi asupan gizi harian.

Energen juga hadir dengan banyak varian rasa dan khasiat yang berbeda-beda,
  • Energen Coklat: mengandung vitamin yang tinggi sehingga dapat menghilangkan stress.
  • Energen Vanila: dilengkapi dengan aroma vanila yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran
  • Energen Jahe: mengandung jahe yang berkhasiat menghangatkan tubuh dan memperkebal sistem imun.
  • Energen Jagung: dengan bulir asli jagung yang kaya kalori dan membuat kenyang lebih lama
  • Energen Kacang hijau: kacang hijau yang kaya serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, yang energen juga mudah banget didapat. Tersedia di supermarket, minimarket, bahkan warung kelontong juga ada. Sering kali stok energen habis di rumah dan akhirnya beli ke warung tetangga.


Tips Nikmat Minum Energen Saat Sarapan

Aku sendiri punya resep rahasia dalam menyajikan energen di pagi hari, yang bisa kamu coba di rumah:
  1. Minum energen sebelum jam 9 pagi, agar manfaat sarapan tidak terlewatkan.
  2. Sajikan dengan gelas kesayangan kamu. Hal itu akan menambah mood dan semangat kamu sebelum beraktivitas.
  3. Seduh dengan air hangat 150 ml, tapi aku lebih suka disajikan lebih kental agar susu dan gandumnya lebih terasa.
  4. Sebelum minum, hirup dulu aroma energen yang menguap dari gelas, hal itu dapat membuat tubuh kita lebih rileks.

Setuju nggak kalau aku bilang, sarapan itu bagai bahan bakat lokomotif yang mengantarkan kita menuju gerbang prestasi? Kalau kamu setuju dan punya pengalaman lain seputar sarapan, share di kolom komentar ya ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D