Thursday, March 23, 2017

Detergen Halal? Ya, Cuma Total Almeera, karena #HALALituharusTOTAL

Halal. Satu kata yang menjadi keharusan bagi setiap muslim dalam memilih produk. Awalnya, saya kira hanya makanan saja yang harus berlabel halal tapi ternyata, semua produk yang kita gunakan sehari-hari haruslah juga bersertifikat halal.


#HALALituharusTOTAL

Alhamdulillah, saya menjadi salah satu dari blogger perwakilan Wajah Bunda Indonesia, yang beruntung diundang menghadiri peluncuran detergen halal pertama di Indonesia, Total Almeera. Acara tersebut sekaligus menjawab pertanyaan yang menggelayut di benak saya selama ini. Akhirnya saya menyadari kesalahan dan kekeliruan saya tentang produk halal. 


Kenapa demikian?? 
Jujur, awalnya saya tidak begitu saja percaya dengan apa yang dijabarkan pada acara lauching. Namun, sebagai seorang mahasiswa pascasarjana yang terbiasa dengan riset dan penelitian, saya tertantang untuk meneliti sendiri. Bener ga sih sebegitu pentingnya kita menggunakan detergen halal. Kenapa kok detergen aja harus ada halalnya segala? Mungkin aja semua detergen itu halal tapi belum urus sertifikat halal MUI.


Dan betapa kagetnya saya, setelah membaca banyak literatur tentang produk yang memiliki kandungan tidak halal. Ada satu artikel, yang merupakan hasil riset dari seorang ilmuwan Belanda bernama Christein Meindertsma yang telah menghabiskan waktu selama 3 tahun lamanya untuk meneliti tentang kemana perginya bagian-bagian tubuh babi setelah dari rumah jagal. 

"Saya sangat terkejut ketika saya mulai mengetahui betapa luar biasa dan bervariasinya kegunaan dari seekor babi. Sepertinya pada masa sekarang ini, babi tidak lagi sekadar dipandang sebagai hewan, tapi lebih sebagai bahan baku mentah industri dengan jenis pemanfaatan berbeda yang jumlahnya tidak terbayangkan.", Ungkap Christein.
And you know what?? 

Ternyata ada 158 jenis produk yang memanfaatkan bagian tubuh babi sebagai komposisi pembuatannya. Dan salah satunya adalah detergen.




Asam lemak dari tulang babi, digunakan untuk mengeraskan serbuk pada detergen.

Speechless, gimana mungkin babi kok bisa jadi komposisi detergen?? 

Saya jadi mikir, jangan-jangan detergen yang saya pakai selama ini mengandung asam lemak babi??? 😰


Bagaimana mungkin saya mencuci pakaian dengan sesuatu yang bersifat najis??

Coba bayangkan, pakaian bahkan perlengkapan sholat yang saya cuci ternyata mengandung sesuatu yang tidak halal. Jangankan sah untuk beribadah, mungkin apa yang saya lakukan tidak mendatangkan berkah. Astagfirullahaladzim. 

Sebagai seorang muslim patutlah kita berhati-hati terhadap produk-produk yang kita gunakan sehari-hari. Saya sadar memang sulit sekali untuk menentukan mana yang halal dan mana yang tidak halal, jika kita hanya melihat dari komposisi bahan yang tentu tidak kita mengerti arti kandungannya. Tapi ada satu kunci bagi seorang muslim yang harus selalu diingat, bahwa yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya ada perkara yang samar-samar atau syubhat. Maka barang siapa yang menjaga diri dari perkara syubhat berarti ia telah selamat (Bukhari Muslim)

Launching Detergen TOTAL ALMEERA 

Sebelum mulai liputan acara, saya ingin mengenalkan sosok luar biasa dibalik tercetusnya detergen halal pertama di Indonesia, yaitu Bapak F. Gunawan. Beliau bukanlah seorang Muslim, tetapi toleransi dan impiannya menghadirkan fashion care detergent halal patut diacungi jempol. Suatu terobosan yang sangat berarti untuk muslim di Indonesia.


Pak F. Gunawan, CEO Deputi PT. Total Chemindo Loka (Pic by Anisa.Dee)
#HALALituharusTOTAL

Bertempat di Bebek Bengil Menteng, Jakarta Pusat, Pak Gun bercerita pada awak media dan blogger mengenai awal mula produk Total, yang dibeli dan diambil alih tahun 2005. Setelah itu, PT. Total Chemindo Loka melakukan inovasi besar terhadap produk Total. Jika biasanya detergen menjual wangi, lembut, busa melimpah, dan bersih. Kini terpikir oleh PT. Total Chemindo Loka menempatkan Total pada tempat yang lain, yaitu Halal sebagai fashion care detergent.


Saya rasa, itu sebuah inovasi yang luar biasa mengingat 87% penduduk Indonesia beragama Islam. Dan 23%-nya adalah wanita Indonesia berhijab artinya ada sekitar 20-30 juta target konsumen yang menjadi pangsa pasar detergen Total Almeera. Dengan adanya label halal pada detergen Total Almeera, tentunya akan memberikan rasa aman dan nyaman pada konsumen muslim.



Sertifikasi Halal MUI kategori A (Excelent) pada Total Almeera 


Bukan perkara mudah mengurus sertifikasi Halal MUI pada sebuah produk. Perlu waktu lama dan proses yang cukup rumit. Namun PT. Total Chemindo Loka berhasil mendapatkan label Halal dari MUI hanya dengan waktu kurang dari 3 bulan. Sebuah kerja keras yang harus diapresiasi.


Sebenarnya pemerintah telah mengatur jaminan produk halal untuk masyarakat. Dalam Undang-undang Nomor 33 tahun 2013: 'Makanan, obat-obatan, bahan kosmetik, kimia dan senyawa-senyawa yang digunakan dalam proses produksi haruslah memiliki JPA (Jaminan Produk Halal).' Namun, yang perlu kita sadari tidak semua produsen produk sehari-hari concern kepada jaminan halal produknya. 


Hal tersebutlah yang membedakan PT. Total Chemindo Loka dengan produsen-produsen lain. Dari hasil uji laboratorium MUI oleh LP POM pada semua pabrik PT. Total Chemindo Loka (Pulogadung, Citereup, dan Pasuruan) bahwa bahan/komposisi yang digunakan di pabrik semuanya aman dan halal. Lalu selama proses produksi, semua barang diperlakukan sangat baik, tidak terkena najis dan tidak diletakkan sembarangan. Hasil riset yang dilakukan LP POM itulah yang akhrnya mengantarkan Total Almeera sebagai detergen halal pertama di Indonesia. 


#HALALituharusTOTAL
Tentang Total Almeera

Kata 'Almeera' sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti Putri raja atau wanita cantik. sebuah kata yang tentunya memberikan kesan mendalam bagi konsumen wanita. 

#HALALituharusTOTAL
For your information, bahan dasar Total Almeera adalah surfaktan atau turunan dari minyak bumi yang sifatnya adalah pembersih. Selain itu, ditambah dengan zat aditif lain seperti parfum yang tentunya tidak mengandung alkohol. 


Total Almeera sendiri terdiri dari 2 variant, yaitu powder (bubuk) dan liquid (cair) dengan kemasan beragam ukuran, mulai dari 900 gram sampai 50 gram untuk bubuk dan 900 ml sampai 40 ml untuk cair. Total Almeera juga sudah tersedia di Carefour, Indomaret, AEON, TIPTOP dan supermarket lainnya.


Harga Total Almeera 


Sentuhan Rohani dalam TVC Total Almeera

Setelah bincang santai dengan Pak Gun, para undangan disajikan TVC Total Almeera. 
Tvc tersebut mengambarkan hubungan anak perempuan dan ayahnya. Deskripsi yang sangat apik untuk membangun chemistry konsumen, mengingat hampir semua tvc detergen menggambarkan sosok seorang ibu yang sedang mencuci pakaian.




Pak Firman dan Pak Jefri selaku tim creative advertising, ditantang oleh pak Gun untuk membuat iklan yang juga mengandung pesan positif pada masyarakat. Dan saya rasa itu sukses dilakukan. Karena s
esaat setelah menonton TVC itu ada perasaan haru yang menelisik relung hati saya. Teringat akan memori bersama ayah kandung saya, yang sudah 6 tahun lamanya tidak bersua. 



Pak Jefri dan Pak Firman, Selaku Team Creative Advertising Total Almeera
Lebih lanjut, Pak Jefri menjelaskan, dalam komunikasi kita harus memberikan USP (Unique Selling Proposition) yang tepat dan mengena. Tim advertising Total almeera menggunakan emosional sebagai USP-nya atau lebih tepatnya Emotional Selling Proposition dalam meng-create iklan ini. Karena mereka beranggapan jika sudah terjalin emosional kuat di mata konsumen maka mereka akan tutup mata pada produk lain.
Pak Jefri juga menuturkan, "melalui TVC ini juga saya jadi banyak belajar karena saya seorang Mualaf. Kenapa saya menggunakan tokoh ayah? Karena saya juga seorang ayah. Dan ingin memberikan yang terbaik kepada anak saya, terutama tentang jaminan produk halal."
Sebuah angel karakter yang saya rasa benar-benar berbeda dari produk lain.

Tausiyah Ustadz Aa Hadi tentang Pentingnya Produk Halal


Setelah berbincang ilmu dengan tim advertising para blogger dan media, diajak untuk sejenak menjernihkan rohani dengan mendengarkan tausiyah dari Ustadz Aa Hadi.


"Sesungguhnya Allah mencintai taubat dan orang-orang yang mensucikan diri (suci lahir bathin)." Aa Hadi membuka ceramahnya. 
Ustadz Aa Hadi juga menegaskan bahwa halal adalah sesuatu yang diinginkan keluarga muslim secara kaffah. Bersih itu harus lahir batin bukan hanya luar saja. Atau apa yang dipakai saja. Lebih lanjut Ustadz Aa Hadi menjelaskan tentang hikmah menggunakan produk halal, yaitu :
  1. Halal adalah kunci keberkahan hidup. Karena sesuatu yang halal pasti mengandung keberkahan.
  2. Nyaman dalam Beribadah. Jika produk yang digunakan sehari-hari sudah terjamin kehalalannya tentu akan mendatangkan kenyaman dalam beribadah.
  3. Halal juga menjamin keselamatan di dunia dan akhirat. Dalam sebuah hadist Riwayat Bukhari dan Muslim dikatakan, Barang siapa yang menjauhkan diri dari perkara yang tidak halal, maka baginya keselamatan.
Setelah tercerahkan mendengarkan tausiyah dari Ustadz Aa Hadi, acara lauching ditutup dengan sesi foto bersama PT. Total Chemindo Loka dengan para awak media dan blogger.
Foto bersama PT. Total Chemindo Loka


Foto Bersama Para Blogger Wajah Bunda Indonesia dengan
Ustadz Aa Hadi dan Cece Kirani

Kejujuran Dimulai dari Sebuah Pengalaman


Bohong besar rasanya jika saya katakan, selain halal Total Almeera juga bagus untuk mencuci pakaian, tanpa saya mencobanya. Beberapa hari setelah acara lauching, saya baru sempat menggunakan Total Almeera. Maklum, mesin cuci saya sudah sebulan ini rusak. Alhasil tumpukan cucian saya sampai satu bak besar.


Saya menggunakan satu sachet detergen Total Almeera cair kemasan 40ml untuk mencuci 25-30 potong pakaian. Waw,,, cukup hemat menurut saya. Berikut saya jabarkan proses saya mencuci dengan Total Almeera:


Awal pemakaian, saya larutkan Total Almeera pada 10 Liter air, kemudian saya kocok hingga berbusa. Busanya cukup banyak namun tidak berlebihan. Pas-lah untuk mencuci, karena jika terlalu banyak, pasti akan susah membilasnya.

Busanya pas, satu sachet 40 ml dapat mencuci 25-30 potong pakaian
#HALALituharusTOTAL
Niat hati hanya merendam 30 menit, tapi apa daya. Selang beberapa menit saya merendam pakaian, tiba-tiba saya mendapar telpon penting, yang mengharuskan saya segera meluncur ke lokasi yang diminta. Jadilah rendaman saya tidak akan sempat tercuci segera. Awalnya saya khawatir cucian saya akan bau apek. Tapi kemudian saya pikir, ah kenapa nggak saya coba aja ya, sekalian jadi bahan review di blog saya.

Dan akhir sebelum saya melangkah pergi, saya sempatkan memfoto rendaman cucian saya beserta jam yang tertera di hp. Sekitar jam 13.53 saya tinggalkan cucian dan baru tiba di rumah pukul 22.18. 

Begitu pulang tanpa babibu lagi, langsung saya eksekusi rendaman itu. Nggak nyangka karena rendaman yang sekitar 8 jam saya tinggalkan itu tidak bau sama sekali. Bahkan harum detergennya pun masih nempel. Dan yang bikin saya amaze lagi, air rendaman cucian saya keruh banget. Itu menandakan bahwa surfaktannya bekerja dengan baik sehingga kotorannya lepas sempurna dari serat kain. 


Kelebihan Total Almeera

Seperti yang sudah saya jabarkan di atas. kehadiran Total Almeera adalah sebagai solusi fashion care detergent halal yang hadir untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi muslim di Indonesia. Total Almeera patut menjadi pilihan utama untuk masyarakat muslim yang ingin memulai gaya hidup Halal dan meraih keberkahan.



  • Halal
Kehalalan produk tentu menjadi hal paling krusial bagi seorang muslim dalam memilih sebuah produk. Dan Total Almeera hadir dengan jaminan kehalalannya. selain itu, Total Almeera juga mudah didapat karena sudah tersedia di minimarket dan supermarket terdekat.
  • Hemat
Tidak bisa dipungkiri, harga menjadi salah satu tolak ukur ketika kita membeli produk. Dan Total Almeera menawarkan harga yang ramah di kantong. Selain itu, satu sachet kecil Total Almeera mampu mencuci 25-30 potong pakaian.
  • Lembut di Tangan
Bagi para Bunda, kulit merupakan aset penting yang harus tetap dijaga kelembutannya. Maka tak perlu khawatir, karena Total Almeera hadir dengan teknologi modern yang membuat tangan tetap lembut. 
  • Bersih Sempurna
Masih kurang yakin dengan foto air bekas rendaman saya yang keruh itu?? Saya juga nggak nyangka air rendamannya akan sekeruh itu. Padahal pakaian yang saya cuci adalah pakaian sehari-hari yang notabene tidak terlalu kotor hehe... tapi itu artinya Total Almeera mampu membuat pakaian kita menjadi bersih sempurna. 
Yuk, Bunda tunggu apalagi? Saatnya hijrah ke HALAL yang sempurna bersama Total Almeera, detergen HALAL pertama di Indonesia, karena #HALALituharusTOTAL 

Untuk bunda yang mau memulai hidup berkah dengan detergen Halal, bisa banget mampir ke link di bawah ini :





33 comments:

  1. Huwooowww tulisannya bun Novi,favorit akuh,lengkap informasinya,Almeera memang sdh melekat di hati kita yaa bund 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bun, semoga tercerahkan ya.. Saya juga kaget bun pas baca lahh kok detergen bisa punya kandungan yg nggak halal, tapi alhamdulillah sekarang sudah ada Total Almeera 😊

      Delete
  2. Huwooowww tulisannya bun Novi,favorit akuh,lengkap informasinya,Almeera memang sdh melekat di hati kita yaa bund 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bun, semoga tercerahkan ya.. Awalnya aku juga kaget, kok detergen bisa punya kandungan yg nggak halal.. Tp alhamdulillah swkrang ada Total Almeera, nyuci jadi tenang deh 😊

      Delete
  3. Waduh, detergen saya selama ini gimana ya kandungannya? Alhamdulillah ada Total Almeera yang udah jelas kehalalannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa bun, aku juga jd mikir gitu.. Tapi alhamdulillah sekarang udah ada Total Almeera nyuci jadi tenang deh 😊😄

      Delete
    2. Samaaa bun, aku juga jd mikir gitu.. Tapi alhamdulillah sekarang udah ada Total Almeera nyuci jadi tenang deh 😊😄

      Delete
  4. Senang sekali sudah ada deterjen halal, jadi ga was was lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bun.. Jd aman dan nyaman ya bun 😊😄

      Delete
    2. Iyaa bun.. Jd aman dan nyaman ya bun 😊😄

      Delete
  5. waduh, baca ini langsung kaget. Jangan-jangan, sabun yang aku pakai gak jelas formulanya.. aku mau coba yang ini deh. Trims sharingnya mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun.. Aku juga kaget sendiri pas baca literatur kandungan produk tidak halal, tp alhamdulillah sekarang ada terobosan baru detergen halal Total Almeera..

      Sama sama bun 😊 semoga bermanfaat

      Delete
  6. Duh, ngeri bacanya. Ternyata ada ya kandungan hewan dalam detergen kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu sih bun, tp yg jelas hadist bukhari itu bun, kalau kita harus meninggalkan sesuatu yg sifatnya syubhat, atau diragukan kehalalannya.. 😄 alhamdulillah skrg udah ada total almeera ya bun 😁

      Delete
  7. Asyikk nih ada detergen halal pertama di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull mba.. Asikk ya, sekarang nyuci jadi aman dan halal pastinya 😊😄

      Delete
  8. Wahh baru tahu saya mbak kalau detergen juga harus halal, tapi memang kalau menggunakan detergen berbahan baku beberapa bagian dari tubuh babi ya saya ogah gunainnya, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas.. Iyaa awalnya saya juga mikir gitu, tp ternyata beberapa literatur yg saya baca menunjukkan fakta yang serem gitu mas.. Ga tau juga sih detergen lain halal atau haram tapi yg jelas sesuatu yg sifatnya syubhat harus ditinggalkan mas.. Hehe.. Makasih udh mampir ya 😁

      Delete
    2. Salam mas.. Iyaa awalnya saya juga mikir gitu, tp ternyata beberapa literatur yg saya baca menunjukkan fakta yang serem gitu mas.. Ga tau juga sih detergen lain halal atau haram tapi yg jelas sesuatu yg sifatnya syubhat harus ditinggalkan mas.. Hehe.. Makasih udh mampir ya 😁

      Delete
  9. saya baru tahu ada deterjen yg ngak halal..kalau ragu mungkin bisa coba deterjen ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun,, bisa coba total almeera, top recommended lah pokoknya heheh 😊😊

      Delete
  10. Untung saya dah pake yg halal deterjen nya,ibadah jadi lebih mantapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bun..alhamdulillah ya.. Udah ada total almeera hehe

      Delete
  11. Wah lengkap bgt informasi nya, terima kasih ya mbak. Ayuk hijrah ke yang sudah jelas keHALALan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukkk bun. Karena halal pasti membawa keberkahan ya bunda 😊😁

      Delete
  12. Hah, masa sih detergent juga mengandung babi ckkkckckckckkkkkk

    Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya baca sih begitu bun, tp belom tau nih dgn detergen di indonesia, tp kalau sudah ada yg halal, knapa pakai yg syubhat heehehe

      Sama sama mba 😊😄

      Delete
  13. Macam saya mba, kalau ngerwndam cucian suka kelupaan.
    Alhamdulillah sekarang ada Total Almeera yang udah Halal dan ga bikin apek cucian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak,, suka lupa (a.k.a. tiba tiba males) hehe tp alhamdulillah skrg ada total almeera jd ga bau ya mba 😄😊

      Delete
  14. Saya suka wanginya
    adem bgt. makin tenang krna ada sertifikasi halal MUI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa aku juga suka.. Malahan ibuku juga suka.. Katanya wanginya beda, adem ya mba hehe

      Delete
  15. Saya juga sudah mencoba Almeera. Lebih tenang kalau semua produk yg kita gunakan bersertifikasi halal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba,, halal membawa berkah dan ketenangan ya 😊😄

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D