Wednesday, December 27, 2017

4 Langkah Jitu Maksimalkan Sosial Media agar Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah


SOCIAL MEDIA: Don’t use it to impress people, but use to IMPACT people.
Perkembangan dunia teknologi telah membawa banyak sekali perubahan dalam hidup kita. Bukan hanya kemudahan, namun juga hal yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Salah satu yang paling nyata yang bisa kita rasakan adalah sosial media. Sosial media memungkinkan kita untuk terhubung dengan banyak orang dan komunitas tanpa mengenal jarak dan waktu.

Ngomongin soal sosial media, sebenernya luas banget. Selain luas, sosial media juga seperti punya dua sisi yang saling berlawanan. Kalau kita bijak menggunakannya, sosial media bisa jadi sumber penghasilan yang menguntungkan, namun kalau kita tidak bijak menggunakannya, sosial media bisa jadi sumber malapetaka dan membawa kita pada kehancuran.

Bijak menggunakan sosmed itu kunci, tapi sepertinya bijak aja nggak cukup ya, tetap harus ada trik khusus biar sosial media kita berkembang dan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

pic by Ashari Yudha

Menurut penelitian, 80% millenial saat ini mengabadikan momennya saat traveling, 85% millenial menggunakan sosial media saat traveling, lebih dari 100 juta orang menggunakan sosial media dan internet di Indonesia, dan netizen sudah menggunakan media sosial sebagai sarana branding diri. Jadi, pantaslah kalau sosial media sekarang, begitu penting untuk dikembangkan.

Pas banget sama acara yang kemarin aku datengin, “How to Grow Up Your Social Media with Polytron PRIME 7 by Ashari Yudha”. Bertempat di Coffee Paste, aku dan peserta yang hadir diajak untuk mereview kembali, sudah sejauh mana sosial media menguntungkan kita. Jawabannya adalah belum optimal hehehe.

Ashari Yudha, sang travel blogger yang dikenal lewat Instagramnya @CatatanBackpacker membagi pengalaman dan tips perjalannya dari awal hingga seperti sekarang. Tips-nya dibagi dalam 4 chapter berikut ini:

Chapter 1: Photo Session

pic by Ashari Yudha

Bukan rahasia bahwa gambar atau foto yang menarik dan eye-catching akan membuat sosial media kita mendapat perhatian. Untuk itu, kita perlu mengembangkan branding dengan menggunakan visual. Nah ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar foto kita terlihat bagus dan menarik:

• Objek
pic by Ashari Yudha

Adanya objek akan membuat foto lebih hidup dan menarik.

• Komposisi dan angle
Komposisi dan angle sangat penting dalam fotografi. Komposisi merupakan teknik tata letak pengambilan dan menempatkan isi dalam frame, sedangkan angle atau sudut pemotretan adalah faktor lain dalam mengambil gambar. Beda sudut, beda pula prespektif yang dihasilkan. Mengambil lebih luas atau zoom, lebih rendah atau lebih tinggi akan menghadirkan sensasi hasil foto yang berbeda-beda pula.

• Rule of Third
pic by Ashari Yudha

The rule of third, dimana kita membagi frame menjadi 9 kotak kecil atau 3 bagian utama. Kita bebas menempatkan mana objek utama dan mana pendukung gambar. Hasil dari penempatan ini juga akan menghadirkan informasi yang berbeda.

• Symmetry
pic by Ashari Yudha

Selain keseimbangan, simetrisitas juga dapat dijadikan acuan dalam mengambil foto landscape.

• Perspective/Leading Lines
pic by Ashari Yudha

Ambillah keuntungan dari bentuk-bentuk yang membentuk garis, yang mengarahkan pandangan visual ke satu titik.

• Framing
pic by Ashari Yudha

Membuat frame pada foto akan memperjelas point of interests. Untuk membuat frame, kita harus cukup jeli melihat objek-objek yang dapat dijadikan frame.

• Potrait and etc
pic by Ashari Yudha

Potrait adalah genre di mana menjadikan manusia sebagai objek utama dalam foto. Dalam hal ini kita harus jeli melihat mana kelebihan orang yang menjadi objek foto kita yang harus ditonjolkan.

• Momen
Momen membuat foto jadi lebih bercerita. Dalam street photography, News, dan Human Insterest, momen menjadi hal utama. Tak jarang ada momen luar biasa dengan waktu yang sangat singkat dan itu akan menjadi hal yang langka namun memiliki arti yang luar biasa.

• Candid
Membuat momen foto jadi lebih natural.

Chapter 2: Magic Editing

pic by Ashari Yudha

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan sesuai dengan brand yang kita inginkan. Proses editing tidak bisa diabaikan. Menaikkan contrast, tonal, colour dan sebagainya, semua dapat dilakukan dengan beberapa aplikasi editing foto. Dan berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan:
• Snapseed
pic by Ashari Yudha

• VSCO
pic by Ashari Yudha

• Adobe Lightroom
pic by Ashari Yudha


Chapter 3: Konsep

pic by Ashari Yudha

Dalam membangun sosial media, kita memerlukan konsep yang berbeda dengan orang kebanyakan. Kak Ashari menjelaskan, sebagai seorang travel blogger, ia terlebih dahulu mencari apa sih perbedaaan ia dengan travel blogger lainnya. Sampai akhirnya ia menemukan konsep yang berbeda sekaligus spesial dari yang lain, yaitu sosial media yang informatif naratif.

Saat orang lain, malas memberikan caption panjang dalam foto yang diuploadnya di instagram, Kak Ashari Yudha justru senang bercerita dalam caption instagramnya. Ternyata banyak juga, millenial yang senang membaca caption yang lebih panjang dari tweet di twitter, namun lebih pendek dari postingan di blog. Dan caption di instagram adalah yang paling tepat. Selain konsep informatif naratif, ada juga artsy dan adventures. Konsep-konsep tersebut dapat disesuaikan dengan personal branding kita.

Chapter 4: Branding

pic by Ashari Yudha

• Unik, Kreatif dan Konsisten
Dalam membangun branding di sosial media diperlukan keunikan, kreativitas juga konsistensi. Caranya dengan memisahkan akun media sosial untuk branding dan pribadi. Jangan mencampurkan keduanya. Gunakan nama yang sama untuk semua sosial media, dan posting secara berkala dengan konten yang kreatif.

Online Merketing: Bio, Hastag, Business Profile, Connect to other socmed
Lengkapi sosial media kita dengan profil business, gunakan foto profil yang menarik dan sesuai dengan branding, berikan hastag yang tepat di setiap postingan kita, dan jangan lupa untuk saling menautkan akun sosmed kita, misalnya meletakkan link blog di profil instagram dan sebagainya.

Engagement: comment, likes, follow, direct message
Engagement dalam sosial media itu penting, karena rate card kita dapat ditentukan dari seberapa tinggi engagement setiap postingan kita. Sekarang kita nggak perlu repot menghitung engagement secara manual, cukup ubah profil instagram kita menjadi profil bisnis, maka kita akan dengan mudah melihat engagement setiap postingan kita.

Salah satu tips untuk meningkatkan engagement oleh Kak Ashari adalah kita wajib mengetahui jam aktif follower kita di sosial media. Karena itu turut menentukan jumlah likes, comment dan dm. Kak Ashari tahu betul bahwa jam 6 sore followernya banyak yang sedang online, karena itu ia usahakan untuk posting sesuatu di jam tersebut.

• Active Community Based

Aktif di media sosial aja nggak cukup, kita juga harus aktif di komunitas yang sesuai dengan branding kita. Karena itu juga turut menentukan rate card kita. Kak Ashari yang seorang travel Blogger misalnya, juga aktif dalam komunitas blogger dan komunitas traveler.

• Approach the Brand and be Awesome
Nggak ada salahnya mendekati brand terlebih dahulu, caranya ya kirim proposal berdasarkan rate card yang sudah kita buat. Perkara ditolak itu biasa. Yang terpenting terus berusaha perbaiki konten sosial media kita.

Tips dan trik dari Kak Ashari Yudha mulai aku terapakan di sosial media. Namun satu hal yang tidak boleh kita lupa juga, memperbaiki konten dan branding di sosial media itu penting, tapi menjaga attitude dalam keseharian kita tidak boleh sampai terlupa.

Kak Ashari Yudha bersama peserta workshop 
Pentingnya Smartphone Handal dalam Memaksimalkan Social Media

Di acara kemarin Kak Ashari Yudha juga sharing seputar smartphone yang biasa ia pake untuk mengabadikan momen travelingnya, yaitu Polytron PRIME 7. Mengusung tagline #BREAKRESISTANT Polytron PRIME 7 didesain khusus dengan konstruksi frame metal dengan teknologi nano molding yang presisi sehingga menghasilkan built quality yang tinggi, menjadikannya kuat sekaligus ringan digenggam. Pas banget dibawa traveling.

Bukan cuma itu, Polytron PRIME 7 juga dipadukan dengan layar IPS Retina display dan Gorilla Glass dengan native damage resistant yang dikenal dengan kekuatan pelindung display yang sudah teruji. Gorilla Glass juga memiliki kemampuan mentransmisikan spektrum warna secara luas sehingga kualitas layar tetap tajam dan kaya warna. 

Kelebihan lain Polytron PRIME 7 untuk mendongkrak sosial media kita adalah, kamera depan dan belakang Polytron PRIME 7 yang keren. 

Kamera depan 8MP (wide angle) menangkap gambar dengan terang dan tajam. Tampilan Ultra High Definition dengan resolusi tinggi 3264 x 2448 pixel dilengkapi dengan multilayer lensa optikal. Selain itu  sensor ISOCELL-nya juga menhasilkan komposisi warna dan kualitas gambar lebih tajam walaupun dalam kondisi minim cahaya. 

sumber: droidlime.com

13MP Rear Camera juga menghasilkan gambar optimal yang dilengkapi dengan dual tone bright led flash, yang memberikan cahaya secara merata dan foto yang lebih terang. PDAF sensornya juga mempermudah kita mengambil gambar dengan cepat, apalagi saat objek foto bergerak. 

Satu hal lagi yang menurutku spesial, pecinta bola kaya aku bakal dimanjain banget dengan FIRA Tv yang ada di Polytron PRIME 7, 24 jam nonstop video streaming dari channel bola, tv lokal berita, film, dan lain-lain. Nah, Polytron PRIME 7 lagi ngasih gratis berlangganan liga internasional dan live streaming bola seharga 750.000/tahun ini secara gratis. 

Gimana dears, kamu ada masukan atau pengalaman seputar branding di sosial media nggak? Share ke aku dong ^_^






5 comments:

  1. Catat jam enam sore posting. Hal kecil kaya gitu suka lupa bahkan suka suka saat posting

    ReplyDelete
  2. Konsep yang bikin bingung, selain peralatan yg harus memadai buat foto. Semoga bisa ke beli

    ReplyDelete
  3. Wah ini postingannya harus disimpan. Sangat bermanfaat deh.

    ReplyDelete
  4. Selain membawa dampak positif dan manfaat, sosial.media juga dapat membawa petaka untuk kita jika ngga bijak dalam bersosial media. Wah sptnya bagus hasil jepretan polytron prime itu

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget ya informasinya. Aplikasinya ga berat kan ya kalau diinstal di handphone.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D