Sunday, March 18, 2018

...

Hongkong Kasarung, Film Perdana Garapan Artomoro Pictures Sukses Pecahkan Tawa Penonton


Apa jadinya ya, kalau Sule adu jotos dengan Mafia Hongkong? Apakah akan sekeren Jackie Chan ataukah justru selucu Stephen Chow?

Itulah yang kali pertama terlintas dalam pikiranku ketika melihat trailer film Hongkong Kasarung di Youtube. Sebagai penggemar film komedi, kehadiran Hongkong Kasarung memang nggak boleh dilewatkan. Terlebih pemerannya adalah komedian favoritku, Sule.

Menurutku, Sule hadir dengan komedi yang segar namun sopan, lucu tapi juga santun. Lawakan-lawakannya yang tidak pernah menyinggung SARA adalah salah satu alasanku menjadikannya komedian terfavorit.

Bisa dibilang film-film yang diperankan Sule selalu aku ikuti, namun kali ini ada yang berbeda dari film terbarunya, Hongkong Kasarung. Semuanya dikemas secara all package, mulai dari akting pemain yang natural tapi lucu, script atau naskah yang banyak menggunakan bahasa Kanton, Latar Hongkong juga ‘dapet’ banget dan back sound yang bikin penonton terbawa suasana.

Poster yang Eyecatching

pic: @hongkongkasarungthemovie

Posternya dikemas begitu colorful. Nampak Sule mengenggam tangan Pamela Bowie dan berlari dengan ekspresi penuh cinta. Jujur itu bikin penasaran, ‘kok Pamela Bowie mau ya dipasangkan dengan Sule?’. Dan ketika nonton filmnya semua terjawab sudah.

Naskah yang Ciamik

Nonton film Hongkong Kasarung tuh bikin kita belajar beberapa bahasa sekaligus. Mulai dari bahasa Sunda, sampai bahasa Kanton. Dari film ini aku juga jadi tahu, bahasa Kanton atau bahasanya orang Hongkong kaya gimana.

pic: @hongkongkasarungthemovie

Selain itu juga, banyak slank dan istilah-istilah lucu yang diucapkan para tokohnya, seperti pemasukan, no(w)long, Rebecca, dan lain-lain.

Akting Pemain yang Lucu dan Natural

Hampir semua pemain dalam film Hongkong Kasarung adalah inner circlenya Sule. Semuanya sering terlibat dengan Sule baik di program Televisi maupun di film-film sebelumnya. Jadi, memang chemistrynya sudah sangat terbangun. Bahkan semua terlihat natural.

pic: @hongkongkasarungthemovie

Bukan hanya itu aja, ini adalah kali pertama Sule berakting laga dengan Volland Volt. Dan waktu ditanya oleh beberapa jurnalis, ternyata memang akting laga yang diperankan Sule dan kawan-kawan lainya dipandu langsung oleh Volland. Makanya nggak heran, Sule yang biasanya berakting komedi, kini juga jago berakting laga alias berantem-beranteman.

Latar Hongkong

Sesuai dengan judulnya, Hongkong Kasarung, film ini memang sebagian besar berlatar negara yang terkenal akan film Kungfu itu. Namun, bukan berati film ini tidak memiliki nilai kearifan lokal.

pic: @hongkongkasarungthemovie

Kalau sudah nonton filmnya, justru kearifan Lokal budaya Sunda sangat terasa sekali, bukan hanya itu saja, film ini juga nampaknya didedikasikan untuk pekerja TKI di sana.

Backsound yang Bikin Terbawa Suasana

pic: @hongkongkasarungthemovie

Sebagai penggemar berat suara Rizky Febian, nonton film ini sih dijamin nggak bakal nyesel. Karena bukan cuma backsoundnya aja yang diisi oleh suara merdu Rizky, tapi anak kandung Sule itu juga berperan sebagai cameo. Rizky berperan sebagai mahasiswa yang kuliah di Hongkong dan sesekali mengamen untuk menambah uang saku. Selain itu juga penonton dihibur oleh suara Sule dan Iwa K. Ah, pokoknya bikin terbawa suasana deh.

Hongkong Kasarung Pecahkan Tawa Penonton

Sepanjang film diputer, nggak kehitung deh berapa kali aku ketawa terbahak-bahak. Sampai-sampai teman sebelahku heran, dan bilang, “Ketawa mulu sih kamu”. Dan aku cuma bisa jawab, “So, sorry mba, ini film lucu parah”.

Awalnya aku penasaran, apa cuma aku yang ketawa ya. Eh ternyata, pas aku perhatikan sekitar, hampir semua yang nonton juga ikutan ketawa. Bahkan, ada mba-mba yang duduk beberapa bangku di depanku, ketawanya sampe kenceng banget.

At least, film Hongkong Kasarung, menurutku, bisa jadi solusi agar kita terlepas dari situasi “Kasarung” yang kita alami. Karena aku pernah baca di beberapa jurnal penelitian, nonton film komedi itu bagus untuk melepaskan diri dari penat, jenuh dan lelah akibat rutinitas kerjaan.

Artomoro Pictures Sukses Garap Film Perdananya


Di tengah maraknya film horor, Artomoro Pictures justru menghadirkan film komedi yang pecah namun sarat makna dan hikmah. Salut!!

Bisa dibilang, Artomoro Pictures sukses menggarap film perdananya. Dan ini adalah langkah yang baik. Semoga ke depannya Artomoro Pictures, semakin sukses dan terus menghadirkan film-film berkualitas dan menghibur masyarakat.


Hongkong Kasarung

Sinopsis
Bercerita tentang pemuda kampung yang diperankan Sule, yang ingin mengadu nasib sebagai seorang TKI. Tekad Sule untuk merantau ke negeri orang bermula ketika kekasihnya Iis (Selvy Kitty) direbut oleh lelaki yang bekerja menjadi TKI di Malaysia, Cecep (Uus).

Namun kepolosan Sule mengundang niat jahat dari pamannya sendiri, Mang Saswi (Sas Widjanarko). Banyak aral melintang yang dilalui Sule yang sebelumnya ingin bekerja di Malaysia sampai kemudian tersesat di Hongkong.

Sule bertemu dengan Rizky (Rizky Febian) yang berperan sebagai pemuda Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Hongkong. Sule kemudian bertemu dengan Aline (Pamela Bowie) gadis berjiwa petualang, anak pengusaha Indonesia Pak Rengga (George Rudi) yang sedang terlibat masalah dengan Boss K (Iwa K), preman lokal.

Karena Aline, Sule kemudian bertemu dengan petualangan baru yang sama sekali tidak terpikirkan olehnya. Bahkan juga berurusan dengan The Bag (Volland Volt), seorang pembunuh bayaran. Dibantu Makmur (Ery Makmur), teman lama yang kebetulan bertemu di Hongkong, Sule mencoba keluar dari situasi “Kasarung”nya.

Produksi
Artomoro Pictures

Executive Producer
Ir. H. Ruyoto
Heru Iswanto

Producer
Eric Satyo
Heru Iswanto

Co Producer
Sule
Parto

Sutradara
Eric Satyo

Skenario
Eric Satyo

Cast
Sule sebagai Sule
Pamela Bowie sebagai Aline
Sas Widjanarko sebagai Mang Saswi (paman Sule)
Selvy Kitti sebagai Iis (Pacar Sule)
Ery Makmur sebagai Makmur (TKI di Hongkong)
Yatie Surachman sebagai Mak (Ibu Sule)
Parto Patrio sebagai Pak Rustam (Pegawai Kedutaan)
George Rudi sebagai Pak Rengga (pengusaha Hongkong)
Uus sebagai Cecep (TKI yang pulang dari Malaysia)
Dicky chandra sebagai H. Dadang (Pedagang kerbau)
Agus Kuncoro sebagai Somat (Pengusaha kambing)
Idan Suparo sebagai Idan (ajudan Pak Rengga)
Daus Suparo sebagai Daus (teman Mang Saswi)
Iwa K sebagai Boss K
Volland Volt sebagai The Bag (pembunuh bayaran di Hongkong)
Rizky Febian sebagai Rizky (mahasiswa di Hongkong)

Rilis
15 Maret 2018

Rating
For 13+

Skor
9/10 (Recommended)




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D