Thursday, May 30, 2019

Pusing Persiapan Halal Bihalal? GO-CLEAN-in Aja!


Bisa dibilang ada tiga jenis wanita di dunia ini. Yang pertama hebat dalam pekerjaan rumah tangga, namun kurang perihal pekerjaan lainnya. Kedua, berprestasi di luar rumah namun payah perihal pekerjaan rumah tangga. Dan yang ketiga, hebat kedua-duanya. Rasanya salut luar biasa untuk wanita yang hebat baik di dalam juga di luar rumah.

Nah, aku sendiri adalah tipikal yang lebih berpretasi di luar tapi payah untuk urusan pekerjaan rumah tangga. Nyuci, ngepel, nyapu, gosok, lap-lap perabotan duh rasanya kurang menyenangkan gitu buatku. Udah stress duluan lihatnya. Tapi juga kalo lihat rumah berantakan bawaannya pengen marah-marah.

Rahasia Cantik Jelang Hari Raya


To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You need to accept yourself.

Bagiku cantik bukanlah menurut pandangan orang lain, tapi menurut kita sendiri. Karena sejatinya kecantikan itu dirawat bukan untuk orang lain, melainkan untuk diri kita sendiri. Jika kita puas terhadap apa yang ada di diri kita, maka akan timbul rasa syukur dan percaya diri.

Tapi akhir-akhir ini, jujur aku lagi nggak pede dengan penampilan. Wajahku yang tadinya jarang jerawatan sekarang banyak timbul jerawat. Rutinitas kerja yang padat, deadline artikel yang menumpuk, membuatku cukup stress. Dan akibatnya, kulit jadi nggak terawat.

Tuesday, May 28, 2019

Emak-emak Masa Kini Harus Mengenal Koperasi

Menjelang lebaran pasti banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk mudik, persiapan hari raya, masak opor, baju lebaran dan sebagainya. Semua itu pasti bikin emak-emak cukup pusing mengatur keuangan. Sehingga kadang tergoda untuk investasi yang tidak jelas juntrungannya.

Investasi untuk hari raya memang tidak salah. Yang salah adalah jika kita tidak teliti terhadap jenis investasi yang diikuti. Bukan hanya investasi, kadang emak-emak juga suka terjebak penipuan yang berkedok tabungan lebaran.

Sunday, May 26, 2019

Tebus Penyesalan dengan Berzakat

 

Hidup yang bahagia adalah hidup yang tanpa penyesalan. Di postingan sebelumnya sudah aku ceritakan betapa aku punya penyesalan terbesar dari hidup yang sampai sekarang masih menyisakan luka di hati.

Sebuah penyesalan yang mungkin susah sekali untuk ditebus. Aku belum bisa membahagiakan nenek hingga akhir hayatnya. Nenek yang sudah seperti orang tua kandungku telah berpulang beberapa tahun lalu, saat usiaku masih terbilang belia. Sehingga tidak ada daya dan upaya untukku membahagiakannya.

Friday, May 24, 2019

5 Kegiatan yang Bikin Libur Lebaran Tetap Seru Walau Nggak Mudik


Momen lebaran memang selalu identik dengan mudik ya. Nggak terasa Ramadhan udah masuk minggu ketiga nih. Pasti banyak dari kamu yang udah siap-siap mudik ke kampung halaman deh. Berkumpul bersama keluarga besar, sanak saudara, teman kecil, duh rasanya bahagia banget.

Tapi, gimana nasibnya yang nggak bisa mudik ya? Banyak juga dari kita yang nggak bisa mudik lho. Entah karena nggak punya kampung halaman, atau terhalang pekerjaan dan biaya. Ya, contohnya aku ini. Tahun ini aku nggak mudik. Karena secara pribadi aku ngerasa nggak punya kampung halaman hiks. Aku lahir dan besar di Jakarta, begitupun dengan ibuku.

Walau tanah kelahiran nenek di Surabaya, tapi kami hampir tak pernah pulang, bahkan komunikasi pun jarang kami lakukan. Terlebih semenjak nenek berpulang. Karena sudah terbiasa menikmati libur lebaran di Jakarta atau Bekasi, aku jadi punya kebiasaan yang rutin aku lakukan agar nggak kalah seru dengan yang mudik. Mau tahu apa?? Simak yaaa...

Thursday, May 23, 2019

Nyaman Berbuka Puasa dengan Susu Sapi A2 KIN Fresh Milk


Jika banyak orang yang memilih buka puasa dengan teh manis hangat atau es buah, maka lain halnya denganku. Aku lebih suka buka puasa dengan susu. Pasti banyak dari kamu yang tanya, lho kok pake susu, emang nggak eneg? Pertanyaan yang sering banget dilontarkan oleh keluarga dan sanak saudaraku.

Alhamdulillah, selama buka puasa dengan susu, aku sama sekali nggak merasakan eneg, kembung atau apapun yang negatif. Justru aku merasa makin segar dan energi yang hilang seolah cepat sekali kembali.

Wednesday, May 22, 2019

Yuk, Sejukkan Hijrah dengan Rejoice Hijab Perfection Series!

"Ah nggak usah rajin-rajin, cuci rambut seminggu sekali cukup kok. Siapa juga yang mau lihat?"

Hayo siapa yang suka begini??

Padahal seperti yang kita tahu, rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Layaknya sesuatu yang langka dan mahal, mahkota ini memang tidak boleh dilihat sembarang orang, tapi bukan berarti tidak perlu dijaga kebersihannya ya.

Kita sudah berusaha menjalankan perintah Allah dengan menutup aurat, maka juga harus dilengkapi dengan perintah yang lain dengan menjaga kebersihan. Karena menjaga kebersihan juga merupakan sebagian dari Iman lho. Kamu nggak mau dong, di cap sebagai hijaber yang jorok.

Tuesday, May 21, 2019

Kepepet Butuh Dana Cepat? CekAja Lagi!

https://www.cekaja.com/kredit

Aku percaya hidup itu nggak selamanya enak. Kadang ada masa di mana kita membutuhkan pertolongan orang lain. Tapi, zaman sekarang money is money. Kalau yang berhubungan dengan pinjaman dana cepat apalah arti seorang teman.

Benar kata Sayyidina Ali Bin Abi Thalib, kita akan tahu siapa sahabat kita ketika kita dalam kesulitan. Seperti yang pernah aku alami beberapa waktu lalu saat aku melanjutkan S2-ku. Karena tidak membaca form informasi dengan detail, aku nggak tahu bahwa biaya pendaftaran dan keseluruhan biaya pendidikan di semester 1 haruslah dibayarkan segera. Alhasil, aku kelabakan karena belum mempersiapkan keseluruhannya.

Sunday, May 19, 2019

Pentingnya Berbisnis yang Out of The Box di Era Global


Pernah dengar Bimbel Brain Genius? Hmm Belum ya? Nggak apapa kok, karena memang Bimbelnya baru terkenal seantero Pondok Gede saja. Dan Alhamdulillah telah tutup hampir 3 tahun ini. Tutup kok bangga? Ya nggak apa-apa dong, yang penting pernah coba dari pada nggak sama sekali ya kan?

Pengalaman membangun bisnis menurutku adalah pengalaman yang sangat berharga di mana aku dituntut untuk mempunya sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan. Bukan hanya itu, aku juga harus pandai membaca peluang juga multitasking.

Thursday, May 16, 2019

Review Signature DPCT ERHA, Accupressure-nya Terjuara, Wajah Glowing Seketika



Definisi bahagia di bulan Ramadan adalah buka puasa bersama dengan teman lama, lalu mereka bilang wajahku keliatan glowing dan sehat. Duh, seketika aku bahagia luar biasa. Karena sekarang banyak yang muji kulitku sehat dan glowing.

Hmm, yang sering baca postinganku di blog pasti paham deh, kalo aku adalah acne warrior. Jerawatku ini sering banget ilang timbul. Kadang mulus kaya jalan tol, tapi kadang juga berjerawat, dan keselnya jerawat itu sering kali dateng bergerombol. Membangun pemukiman di area pipi, dagu atau jidat. Kan gengges banget ya!

Wednesday, May 15, 2019

Berwakaf Melalui Produk Asuransi, Emang Bisa?


Berwakaf melalui produk asuransi memang bisa? Begitulah kira-kira pertanyaan dari followerku yang melihat update-an sosmed terkait event yang aku hadiri beberapa waktu lalu. Hmm, pertanyaan yang tentunya tidak bisa dijawab dengan ya atau tidak saja ya.

Sebab, akan lebih baik jika aku menjelaskan secara detail mengenai program yang luar biasa bagus ini. Mana tahu kan jika ada yang ikut serta, nantinya akan menjadi ladang pahala juga untukku.

Saturday, May 11, 2019

Jangan Ada Lagi Buang-buang Makanan di Antara Kita


Suka ngerasa nyesel nggak sih kalau buang-buang makanan? Atau suka sedih gitu kalau ngeliat orang buang-buang makanan? Yup, aku sering banget ngerasa gitu. Makanya kalau hadir di event-event blogger, aku lebih suka ambil makanan secukupnya. Kalo kurang ya tinggal tambah, dari pada ambil banyak tapi ujung-ujungnya nggak dimakan dan kebuang.

Begitupun kalau lagi makan di restoran, biasanya aku lihat dulu ke pengunjung lain yang sudah pesan duluan, untuk tahu seberapa besar porsinya, baru sesuain deh. Kalo misalnya kebanyakan, biasanya aku pesen 1 porsi yang bisa dimakan berdua sama temen.

Realme 3 Pro dan Realme C2, Smartphonenya Anak Muda


Galau aku galau. Dari kemaren tuh aku pengen banget beli hape baru, mengingat hapeku yang sekarang kayanya udah sering ngelag karena memori full. Tapi aku masih galau dan bingung, mau pilih hape apa. Yang aku butuhin bisa dibilang hampir semuanya. Batere awet, kamera keren dan tentunya yang super ngebut.

Aku emang segitu galaunya, karena jujur aja, budgetku untuk ganti hape belum sampe. Tabungan sih ada dan lebih dari cukup, tapi atuhlah masa dipake semua sih. Boros banget kan ya. Nah, pas lagi galau-galaunya kepengen hape baru, aku diundang launching salah satu merk hape yang bisa dibilang lagi happening banget di Indonesia.

Thursday, May 9, 2019

Punya Pasangan Overprotektif? #UninstallKhawatir Aja!

 

Punya pasangan yang protektif kadang menyenangkan tapi kadang juga merepotkan (uppsss). Di satu sisi aku merasa begitu disayang, tapi di sisi lain, kadang-kadang jadi merasa merepotkan. Ke mana pun aku pergi, aku harus melaporkan bahwa aku melewati perjalanan dengan aman.

Suami memang tipikal orang yang tidak pernah melarang aku berkreativitas. Ia tahu betul bahwa sejak sebelum menikah, banyak hal yang ingin aku lakukan. Menulis, mengajar, menghadiri undangan, menjadi kegiatan yang mewarnai hari-hariku. Dan Alhamdulillah-nya ia mengizinkan dengan sepenuh hati, asal aku tetap menjalankan kewajibanku sebagai seorang istri dan ibu yang baik, serta memastikan keamananku di perjalanan.

Monday, May 6, 2019

Dear Emak-Emak, Nabung Emas Yuk!


Seorang teman pernah bertanya, “Nov, penghasilan kamu dan suami selama ini diinvestasikan atau hanya ditabung aja?”. Seketika aku tergelitik dengan pertanyaan ini. Kenapa? Karena memang aku dan suami sedang bingung kemana tabungan kami sebaiknya dialihkan.

Ternyata kebingungan juga dirasakan oleh temanku yang notabene seorang ibu rumah tangga. Ia juga bingung baiknya dikemanakan tabungan yang bisa dibilang belum seberapa, tapi juga terlalu sayang atau takut dipakai jika hanya mengendap di rekening saja.

Sunday, May 5, 2019

Nestle Acticor Bantu Masyarakat Turunkan Kolesterol


Belum lepas dari ingatan, betapa sedihnya ditinggal orang yang paling aku cintai di dunia ini. Tahun ini, tepat 10 tahun nenekku berpulang keharibaan Illahi. Tapi rasa sedih tetap saja menyelimuti.

Aku ingat betul, bagaimana nenek yang aku sapa dengan panggilan Ibuk berjuang melawan sakitnya. Darah tinggi akut yang berujung pada sakit jantung dan komplikasi. Ah, entahlah aku tak mengerti perihal itu. Tapi yang jelas, mendengar kata darah tinggi dan sakit jantung membuat hatiku sakit.

Sehat dan Berkah Selama Ramadhan dengan Halodoc


Marhaban ya Ramadhan....
Alhamdulillah bahagia rasanya masih bisa menyambut bulan yang mulia dan penuh berkah. Menjelang ramadhan pasti semua umat muslim sibuk bersiap dan berbenah. Aku dan keluarga pun begitu. Mulai dari merapikan rumah, menyusun agenda kerja, sampai mempersiapkan menu sahur dan berbuka.

Ya, aku memang mengantisipasi perubahan pola makan selama ramadhan. Jangan sampai perubahan itu menurunkan stamina atau malah membuat sakit. Aku percaya sejatinya puasa itu menyehatkan, yang membuat sakit adalah perliaku kita yang tidak teratur.

Friday, May 3, 2019

5 Strategi Promosi Koperasi agar Tak Mati Suri di Era Industri 4.0



Kira-kira apa yang terjadi pada koperasi di era industri 4.0 ini? Apakah akan mati suri atau bangkit berdiri???

Itulah yang jadi pertanyaanku dan teman-teman dari Indoblognet beberapa waktu lalu. Walau kami bukanlah pelaku UMKM, tapi kami merasa memiliki tanggung jawab untuk tegak berdirinya koperasi.

Di Forum Diskusi Kementerian Koperasi beberapa waktu lalu, pada akhirnya kami sedikit menemukan titik terang. Kunci kemajuan koperasi bukanlah tergantung pada industri, melainkan pada kepedulian milenials untuk terus memajukanya.

Thursday, May 2, 2019

Pentingnya Kehadiran PAUD di Lingkungan Sekitar

 

“Pagiku cerahku matahari bersinar... Kugendong tas merahku di pundak...Selamat pagi semua, kunantikan dirimu, di depan kelasku menantikan kamu...Guruku tersayang, Guruku tercinta, tanpamu apa jadinya aku..."

Setiap pagi, pasti lagu itu selalu terdengar di sekitar rumah. Suara ceria anak-anak PAUD bernyanyi bersama guru mereka. Rasa-rasanya suara itu menentramkan hati, seperti sebuah tanda bahwa pendidikan Indonesia semakin maju selangkah ke depan.

Lebaran Nan Elegan dengan Syana by Viena Muthia


Setiap ramadhan tiba, entah kenapa aku sering kali kesulitan mencari pakaian untuk hari raya. Seperti kehilangan selera untuk berbelanja. Kebalikan dari orang-orang yang begitu excited belanja baju baru, aku justru tak bersemangat.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat model busana yang itu-itu saja dan berpeluang besar sama dengan yang lainnya. Jadi biasanya malah selepas lebaran aku baru berbelanja. Lucu ya? Adakah yang sama kaya aku? Sharing di kolom komentar ya ^_^

Wednesday, May 1, 2019

Yuk, Sambut Ramadhan dengan BukaTawa!


Temen pernah bilang, “kalo kamu lagi sedih atau pusing mikirin kerjaan nonton aja stand up comedy, pasti hidupmu jadi lebih mudah untuk ditertawakan”. Dan bener dong, pas kemarin lagi pusing-pusingnya sama beban pekerjaan yang (alhamdulillah) lagi padet, aku diajak nonton BukaTawa oleh Komunitas Warung Blogger.

FYI, BukaTawa adalah Program stand up comedy berkualitas yang merupakan kolaborasi Bukalapak dengan Comika ID. Aku sendiri sih nggak heran kenapa Bukalapak bikin program stand up kaya gini, mengingat minat masyarakat terhadap stand up comedy cukup tinggi dan bahkan terus tumbuh menyebar ke seluruh Indonesia.

Mulut Adem Saat Berpuasa, Gimana Caranya?


Marhaban Ya Ramadhan...
Nggak terasa ya dear, sebentar lagi Ramadhan akan tiba. Bahagia rasanya menyambut bulan yang mulia. Beberapa hari ini aku dan keluarga sibuk menyambut ramadhan mulai dari membersihkan rumah, mengisi kulkas untuk perbekalan sahur dan berbuka, menyuci perlengkapan ibadah dan sebagainya.

Di Ramadhan kali ini aku juga fokus pada kebersihan diri salah satunya mulut dan gigi. Aku nggak mau dong kejadian beberapa tahun lalu terulang lagi. Jadi, setiap puasa tuh aku sering ngerasa nggak percaya diri, dan jadi jarang bicara. Soalnya takut-takut bau mulut. Jadilah, mereka suka protes, ‘kenapa sih kamu kok diem aja? Marah ya? Atau lemes banget sih puasa sampe nggak mau bicara!'