Friday, May 3, 2019

...

5 Strategi Promosi Koperasi agar Tak Mati Suri di Era Industri 4.0



Kira-kira apa yang terjadi pada koperasi di era industri 4.0 ini? Apakah akan mati suri atau bangkit berdiri???

Itulah yang jadi pertanyaanku dan teman-teman dari Indoblognet beberapa waktu lalu. Walau kami bukanlah pelaku UMKM, tapi kami merasa memiliki tanggung jawab untuk tegak berdirinya koperasi.

Di Forum Diskusi Kementerian Koperasi beberapa waktu lalu, pada akhirnya kami sedikit menemukan titik terang. Kunci kemajuan koperasi bukanlah tergantung pada industri, melainkan pada kepedulian milenials untuk terus memajukanya.

Revolusi Industri 4.0 yang terjadi saat ini tidak akan membuat koperasi mati suri, tapi justru mampu membantu perkembangan koperasi di Indonesia. Industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan mudahnya komunikasi satu sama lain.

Kemudahan komunikasi itu tentu didapat dari sosial media, di mana siapapun bisa memilikinya. Nah dengan media sosial terbentuklah komunitas atau wadah koperasi untuk saling bertukar informasi tentang produk yang difasilitasi koperasi.

Koperasi Belumlah Menjadi Primadona


Jujur, kita harus akui bahwa dalam dinamika pembangunan ekonomi saat ini, koperasi masih diposisikan sebagai pelengkap sistem ekonomi di masyarakat. Hal tersebut tidaklah salah, karena kondisi saat ini koperasi belum mampu menjadi primadona pelaku usaha yang mempunyai produktivitas, inovasi dan kreativitas yang sebanding dengan pelaku usaha swasta atau negara.

Koperasi sebagai perusahaan yang dimiliki oleh anggota dan dikelola secara demokratis membutuhkan profesionalisme dan modernisasi manajemen. Perubahan dan modernisasi organisasi, manajemen dan proses konsolidasi bisnis yang modern di koperasi harus dilakukan secara terencana, sistematis, berkesinambungan dan simultan karena memang “koperasi harus melakukan perubahan”.

Aspek-aspek koperasi yang dapat dimodernisasi adalah organisasi dan manajemen, modernisasi usaha dan modernisasi sarana produksi/pelayanan koperasi tanpa meninggalkan jati dirinya. Modernisasi koperasi merupakan tuntutan zaman pada era distruption economic, digital economic, dan economic sharing. Terlebih memasuki industri revolution 4.0 ini, karena koperasi perusahaan yang harus mandiri dan mempunyai kemampuan bersaing dengan pelaku usaha lain.

Modernisasi Koperasi sebagai Strategi Promosi Koperasi di Era Industri 4.0


Nah, beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam rangka modernisasi koperasi adalah:

1. Restrukturisasi dan reorganisasi koperasi melalui strategi dan fokus bisnis. Libatkan anak muda atau generasi milenial untuk menjadi pengurus. Jangan merasa bahwa anak muda tidaklah mengerti apa-apa tentang koperasi. Hal demikian adalah pemikiran yang salah besar. Jutsru, ditangan milenial-lah koperasi bisa semakin maju dan berkembang.

2. Bangun sistem prosedur operasional dengan standarisasi dan kualitas manajemen bisnis koperasi dengan kaidah-kaidah modern. Jangan lagi gunakan cara-cara tradisional dalam sistem koperasi. Manfaatkan kemajuan teknologi dan sosial media sebagai ajang promosi dan transaksi.

3. Konsolidasi internal bisnis koperasi dan antarusaha anggota berbasis teknologi informasi. Banyak cara-cara kekinian yang bisa dilakukan koperasi untuk sekedar berkonsolidasi, misalnya melalui grup Whatsapp, video call, Line. Jadi, untuk rapat tidak harus bertemu langsung, bisa manfaatkan media sosial yang ada.

4. Menyusun perencanaan strategis bisnis koperasi yang visioner, realistis, terukur dan konsisten, memperkuat kepercayaan anggota serta mitra bisnis koperasi. Koperasi tanpa perencanaan tentu tidak akan sukses, karena itu libatkan anggota yang memiliki visi yang maju ke depan untuk mengelolanya.

5. Koperasi harus tunduk dan menjalankan kaidah-kaidah ekonomi perusahaan dan masuk dalam dinamika instrumen bisnis modern. Saat ini sistem Fintech sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Koperasi dapat melibatkan fintech sebagai partner dalam hal permodalan dan media pembayaran.

Kelima strategi diatas yang kurang lebih bisa aku simpulkan dan aku sumbangkan untuk kemajuan koperasi. Sebagai generasi muda yang peduli koperasi aku berharap banget koperasi Indonesia semakin kokoh dan tegak melangkah demi kemajuan ekonomi Indonesia. Bantu aamiinkan ya dears! Btw, kamu ada solusi lain nggak untuk kemajuan koperasi? Share di kolom komentar yaaa ^_^

No comments: