Thursday, May 2, 2019

...

Pentingnya Kehadiran PAUD di Lingkungan Sekitar

 

“Pagiku cerahku matahari bersinar... Kugendong tas merahku di pundak...Selamat pagi semua, kunantikan dirimu, di depan kelasku menantikan kamu...Guruku tersayang, Guruku tercinta, tanpamu apa jadinya aku..."

Setiap pagi, pasti lagu itu selalu terdengar di sekitar rumah. Suara ceria anak-anak PAUD bernyanyi bersama guru mereka. Rasa-rasanya suara itu menentramkan hati, seperti sebuah tanda bahwa pendidikan Indonesia semakin maju selangkah ke depan.

Yup, PAUD sekilas memang terdengar seperti biasa saja atau mungkin tanpa makna. Nyatanya PAUD membawa perubahan besar untuk masyarakat dan tentunya untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Jangan salah lho, dengan hadirnya PAUD di masyarakat banyak para orang tua yang merasa terbantu dalam mendidik anaknya.

Tak perlu jauh-jauh, aku contohnya. Anak keduaku, Raisha memang aku masukkan ke PAUD dekat rumah. Alasannya sederhana, letak PAUD nya yang sangat dekat dan guru PAUD nya sudah aku kenal. Sehingga tentunya memudahkan aku untuk mengontrolnya. Bahkan Raisha pergi dan pulang sekolah sendiri.

Walau tidak setiap hari aku menemani Raisha ke sekolah, tapi aku tahu betul apa yang ia pelajari. Setiap harinya buku-buku Raisha aku cek satu persatu dan aku tes perkembangannya. Ternyata luar biasa. Banyak hal yang Raisha pelajari di PAUD. Mulai dari pendidikan agama, berhitung, membaca sampai berkreativitas.

Di rumah, Raisha pun sering menyanyikan lagu-lagu anak yang kental dengan nuansa pengetahuan. Akupun sampai takjub mendengarnya. Aku sampai bergumam, jika saja aku tak menyekolahkan Raisha di PAUD mungkin Raisha tak sekreatif ini.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini


Banyak pakar pendidikan yang bilang bahwa anak memiliki usia golden age di mana masa itu adalah masa emas anak-anak untuk belajar. Anak dapat menyerap berbagai informasi yang diberikan dan dapat merespon berbagai stimulus.

Berbeda dengan zaman dulu, di mana orang tua tidak terlalu mementingkan golden age. Anak-anak mulai sekolah sejak SD, karena TK atau PAUD dianggap mahal dan tidak diwajibkan pemerintah.

Ya, aku merasakannya. Tanpa melewati TK atau PAUD, orang tuaku langsung menyekolahkan aku di SD. Jangankan membaca atau menulis, akupun belum mandiri perihal menyiapkan perlengkapan sekolah.

Jika dibandingkan, jauh berbeda dengan Raisha yang sekolah PAUD. Ia sudah kreatif, mandiri dan pintar. Stimulus dan pelajaran yang diberikan gurunya dapat ia serap dengan maksimal, kemampuannya bersosialisasi juga bisa dibilang baik.

Sekarang aku pahamd deh, betapa mengikutsertakan anak ke sekolah PAUD sangat penting, tujuannya adalah untuk:
  • Membentuk kerangka dasar (pondasi) bagi anak agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang semakin luas dan berkembang
  • Memberikan rangsangan edukasi sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi tersembunyi pada anak
  • Mengasah potensi-potensi yang sudah tampak, agar potensi tersebut dapat tersalurkan dengan benar
  • Mendeteksi lebih awal terhadap kemungkinan terjadinya gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.


Pentingnya Kehadiran PAUD di Lingkungan Sekitar


Berkaca dari pengalaman, aku pribadi mengucap syukur Alhamdulillah. Hadirnya PAUD di lingkungan rumah kami begitu membantu anak-anak mendapat pendidikan yang baik dengan harga yang relatif terjangkau.

Para orang tuapun dapat mengontrol secara langsung perkembangan anaknya di sekolah, mengingat jarak yang cukup dekat dari rumah. Selain itu, rasa kekeluargaan yang dibangung di PAUD bukan hanya tertuju pada guru dan murid, tapi juga melibatkan orang tua.

Para orang tua murid seolah memiliki kedekatan satu sama lain, sehingga jika ada kemalangan, kami saling mengunjungi dan memberikan support. Hal itu sekaligus mengajarkan langsung apda anak-anak pentingnya rasa solidaritas.

Tak terbayang memang, jika tak ada PAUD di lingkungan sekitar, pasti banyak orang tua yang kebingungan mencarikan sekolah untuk anaknya. Harapanku di Hari Pendidikan Nasional ini, semoga PAUD-PAUD semakin bertumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Tentunya agar banyak anak Indonesia yang semakin cerdas, kreatif dan membanggakan.

Selain itu, aku juga berharap semoga sarana dan prasana yang ada di PAUD semakin lengkap. Agar anak-anak semakin nyaman belajar dan Guru dapat mengajar lebih maksimal. 


Iseng cek-cek peralatan sekolah, tenyata IPrice menyediakan beragam kelengkapan pendukung PAUD lho. Mulai dari laptop, infokus, pointer, dan yang lainnya. Harganya juga affordable. Ah, semoga hadirnya IPrice bisa membantu PAUD semakin maju di Indonesia ^_^

1 comment:

Sugi Siswiyanti said...

Paud memang penting dan perlu. Selain sebagai tempat belajar, Paud juga bisa menjadi tempat bersosialisasi untuk anak-anak usia dini.