Wednesday, May 15, 2019

...

Berwakaf Melalui Produk Asuransi, Emang Bisa?


Berwakaf melalui produk asuransi memang bisa? Begitulah kira-kira pertanyaan dari followerku yang melihat update-an sosmed terkait event yang aku hadiri beberapa waktu lalu. Hmm, pertanyaan yang tentunya tidak bisa dijawab dengan ya atau tidak saja ya.

Sebab, akan lebih baik jika aku menjelaskan secara detail mengenai program yang luar biasa bagus ini. Mana tahu kan jika ada yang ikut serta, nantinya akan menjadi ladang pahala juga untukku.

Jadi, beberapa waktu lalu aku hadir di acara Peluncuran Wakaf Melalui Produk Asuransi AXA Mandiri Syariah. Bertempat di Sentral Al-Jazeera Epicentrum, aku bersama teman-teman blogger lainnya jadi belajar lagi, bagaimana sebetulnya manfaat asuransi syariah dan perannya di masyarakat.

Ternyata, sesuai dengan esensinya Asuransi Syariah adalah wadah tolong menolong sesama anggotanya. Jujur aku baru tahu lho. Ya, aku kira asuransi tujuannya untuk proteksi diri si pemegang polis sendiri, ternyata di luar dugaanku. Manfaat asuransi syariah itu banyak juga, salah satunya tentu adalah wakaf.


PT. AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) senantiasa berupaya dalam berinovasi mengembangkan produk dan layanan, khususnya dalam unit syariah. AXA Mandiri Syariah menghadirkan fitur wakaf yang memungkinkan nasabahnya berwakaf melalui produk asuransi jiwa syariah yang akan memberikan keberkahan bagi nasabah sekaligus memberikan manfaat berkelanjutan bagi sesama.

Dipilihnya fitur wakaf ini, karena memang sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI NO. 106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah, yang mengatur ketentuan wakaf pada asuransi jiwa syariah bagi masyarakat.

Diresmikan di bulan Ramadan yang penuh keberkahan ini adalah sebagai bentuk syukur AXA Mandiri Syariah karena dapat menghadirkan produk Asuransi Jiwa Syariah dengan fitur wakaf untuk melengkapi kesempurnaan ibadah para nasabahnya.

AXA Mandiri Syariah percaya fitur baru ini menjadi pilihan yang menarik untuk masyarakat, karena tidak hanya memberikan manfaat proteksi dan perencanaan keuangan yang sesuai hukum syariah, tapi juga nasabah diberi kemudahan untuk beramal yang tentunya membawa manfaat bagi sesama serta menjadi sarana mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Ya, bisa dibilang, sesuai banget lah sama tagline AXA Mandiri Syariah yaitu #BerbagiJadiBerkah.

Pasti kamu masih ingat kan ada tiga amalan yang tidak akan terputus walaupun kita sudah tidak ada di dunia ini, yaitu doa anak yang soleh, amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat. Dengan berwakaf melalui asuransi tentunya kita akan lebih mudah menabung amalan kita, setuju nggak?


Dalam acara tersebut, Pak Handojo G. Kusuma selaku Presiden Direktur AXA Mandiri menyampaikan bahwa hadirnya fitur wakaf ini selain merupakan wujud nyata komitmen AXA Mandiri Syariah dalam membantu nasabah yang ingin menjalankan ibadah amal jariyah, namun juga sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu, “Empower all Indonesians to Live Better Lives.” Hal ini tentunya selaras dengan wakaf yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum terutama bagi masyarakat yang kurang mampu ya.


Senada dengan hal itu, Ibu Srikandi Utami, selaku Chief of Sharia AXA Mandiri menjelaskan tentang solusi perlindungan dengan alokasi dana untuk wakaf yang memiliki tiga kelebihan utama yaitu memberikan manfaat asuransi yang menyeluruh, memaksimalkan perencanaan keuangan yang tepat untuk memastikan mnafaat perlindungan bagi keluarga di masa depan, serta menyediakan fitur wakaf secara sistematis untuk membantu sesama sesuai dengan prinsip syariah.

Dalam mengembangkan fitur wakaf ini, AXA Mandiri syariah didukung oleh lembaga terpercaya di Indonesia yakni Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani untuk mengelola dan menyalurkan dana wakaf para nasabah dan menghibahkan sebagian manfaatnya untuk kesejahteraan umat, khususnya dalam inisiatif pembangunan Masjid, Rumah Sakit serta tempat pelayanan kesehatan bagi masyarat yang kurang mampu.


Di momen itu juga menjadi momen penting di mana ditandatanganinya kesepatan kerja sama antara AXA Mandiri dengan Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani. Beruntung sekali rasanya, aku berkesempatan menyaksikan momen itu.

Pasti banyak dari kamu yang penasaran deh, apa sih keunggulan produk syariah Solusi Perlindungan dengan fitur Wakaf Axa Mandiri syariah ini, nah para nasabah berkesempatan untuk mendapatkan perlindungan asuransi sekaligus berwakaf sebesar maksimal 45% dari santunan asuransi serta 30% dari jumlah manfaat investasi nasabah yang dapat diwakafkan lho. Selain dapat berwakaf, nasabah yang notabene sebagai wakif ini juga tetap dapat menerima santunan asuransi melalui jalur distribusi perbankan (bancassurance) AXA Mandiri Syariah di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri.

Gimana-gimana, sekarang berwakaf jadi lebih mudah kan?? Detail infonya bisa dicek di instagram @AXAMandiri yaaa ^_^

8 comments:

catatanemak said...

Lebih tenang loh Mak sekarang setelah tau klo asuransi syariah itu diperbolehkan. Mak jd tertarik dengan produk asuransi dari AXA Mandiri unit Syariah krn bisa berasuransi sekaligus berwakaf.

mira utami said...

Jadi bisa di berikan dalam bentuk yang dijelaskan yah bukan hanya tanah dan bangunan. Dengan gotong royong banyak masyarakat yg akan tertolong

Uci said...

Jadi lebih tenang ya karena Asuransi AXA telah sesuai dengan Fatwa MUI, dan sesuai syariat Islam sehingga ga perlu khawatir lagi.

Awan said...

Menarik juga ya Mba, ternyata wakaf semakin mudah dan prakris karena bisa melalui asuransi jiwa syariah, dan ini juga sudah sesusi fatwa MUI, jadi aman ya.

Nunik Utami said...

Yuk berwakaf. Sudah nggak ragu lagi nih, karena jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Nggak harus nunggu punya lahan ouas dulu.

Tuty Queen said...

Senang sekali dengan peluncuran fitur wakaf ini karena sekarang siapa pun bisa berwakaf.

Evi Fadliah said...

Pastinya berwakaf jadi lebih mudah dengan adanya fitur wakaf dari AXA Mandiri unit syariah ini yaa Kaa. Nggak perlu khawatir pula karena dananya juga dikelola oleh badan Dompet Dhuafa yang telah terpercaya.

Eni Martini said...

Sekarang bank mempermudah nasabah yang mau berwakaf, dana juga dikelola dengan terpercaya