Wednesday, May 1, 2019

Yuk, Sambut Ramadhan dengan BukaTawa!


Temen pernah bilang, “kalo kamu lagi sedih atau pusing mikirin kerjaan nonton aja stand up comedy, pasti hidupmu jadi lebih mudah untuk ditertawakan”. Dan bener dong, pas kemarin lagi pusing-pusingnya sama beban pekerjaan yang (alhamdulillah) lagi padet, aku diajak nonton BukaTawa oleh Komunitas Warung Blogger.

FYI, BukaTawa adalah Program stand up comedy berkualitas yang merupakan kolaborasi Bukalapak dengan Comika ID. Aku sendiri sih nggak heran kenapa Bukalapak bikin program stand up kaya gini, mengingat minat masyarakat terhadap stand up comedy cukup tinggi dan bahkan terus tumbuh menyebar ke seluruh Indonesia.

Seneng banget sih, Bukalapak yang merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia bersedia untuk mendukung industri kreatif stand up comedy. Melalui BukaTawa, Bukalapak seolah memberi wadah bagi comica dan pecinta stand up comedy.

Menurutku, komedi parodi tunggal ini telah berhasil menghadirkan warna baru dalam industri kreatif Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Karena materi lawakan mereka tidak sekedar berisi guyonan semata, tapi juga ada pesan-pesan positif atau bahkan menyuarakan permasalahan yang ada di sekitar kita tentunya melalui sudut pandang dan cara yang menghibur.

BukaTawa Pecahkan Tawa Penonton


Digelar selama 3 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 19 – 21 April, BukaTawa sukses meriahkan Balai Kartini. Setiap harinya BukaTawa menampilkan 5 comica kenamaan tanah air, dan hostnya juga nggak main-main lho, Pandji Pragiwaksono.

Aku berkesempatan hadir di hari pertama BukaTawa diselenggarakan, yaitu tanggal 19 April. Karena nggak sabar mau nonton, aku udah prepare dari sore hari ke Balai Kartini. Maklum, rugi banget rasanya kalo sampe ketinggalan sedikit aja pertunjukkan ini.

Di awal acara, Pandji membuka acara ini dengan candaannya yang khas. Sekitar 15 menit Pandji cuap-cuap seputar acara BukaTawa yang diselengarakan, dan bercerita tentang kasus yang menimpanya beberapa waktu lalu.

Seraya bercerita, Pandji menitip pesan pada penonton yang hadir untuk tidak merekam apapun, karena memang bisa jadi miss persepsi di masyarakat jika hanya menonton potongan-potongan saja.

Dan, menurutku sama seperti pertunjukan seni lainnya, Stand up comedy juga punya relatifitasnya sendiri, lucu dan bagus menurutku belum tentu lucu dan bagus menurut yang lain. Yah, tinggal bagaimana kita menikmatinya saja.


Sebelum comica pertama tampil, Vice President of Marketing Bukalapak, Bayu Syerli turut menyampaikan sambutannya.

“Bukalapak selalu berusaha untuk menyuguhkan konten-konten positif dan menghibur melalui berbagai media, mulai dari video, talkshow BukaTalks, dan masih banyak lagi. Kami melihat bahwa Stand-Up Comedy ini merupakan sebuah sarana komunikasi lain yang cukup efektif karena memiliki gaya komunikasi tersendiri melalui hiburan. Kami berharap BukaTawa dapat menjadi sebuah sarana komunikasi yang positif, membangun, dan tentunya menghibur yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.”

Let’s Laugh....


Adjis DoaIbu, Gilang Bhaskara, Ridwan Remin, Sakdiyah, dan Babe Cabita adalah 5 comica yang harus bertanggug jawab karena telah bikin rahangku pegel akibat nggak bisa berenti ketawa. Sumpah, acaranya pecah banget. Dari awal sampai akhir dipenuhi tawa penonton.


Aku sendiri pun nggak terbayang akan selucu ini. Kelimanya membawakan materi yang berbeda-beda tapi terasa related dengan kehidupan kita sehari-hari. Karena begitulah sejatinya komedi, tak perlu materi yang berat, cukup sederhana saja tapi mengundang gelak tawa. Dan mereka sukses membuktikannya.

Adjis Doaibu yang bercerita tentang bulan Ramadhan, GilBas ngomongin soal ojek online, Ridwan Remin cerita tentang ibunya, Sakdiyah tentang pengalamannya copot pasang hijab, dan Babe Cabita yang cerita tentang toilet mewah.


Jujur, rasanya masih kurang, aku ingin nonton juga di hari berikutnya. Sayangnya, ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Nah, mungkin ada di antara kamu juga yang nyesel karena nggak bisa nonton BukaTawa langsung di Balai Kartini? tenang aja dear.

Selama bulan Ramadhan nanti, BukaTawa hadir di BukaNonton nya Bukalapak. Jadi, kamu bisa menyaksikan kelucuan para comica tersohor tanah air hanya dengan membuka aplikasi Bukalapak. Melalui fitur BukaNonton, kelucuan mereka bisa menjadi teman pengantar berbuka puasa kamu. Caranya gampang banget, daftar aja sebagai pembeli prioritas.

Gimana, gimana, kamu siap sambut Ramadhan dengan tayangan yang menghibur kan? ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D