Friday, June 2, 2017

Penuhi Gizi Si Kecil dengan Snacking Nestle Cerelac NutriPuffs


Bicara tentang tumbuh kembang anak, saya yakin setiap orang tua pasti mengidamkan buah hatinya tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Buah hati yang sehat dan berkembang baik ditandai dengan memiliki bobot ideal, ceria, tidak rewel dan tidak mudah sakit. Kuncinya adalah pola pengasuhan dan pola makan yang tepat. Pola asuh dan pola makan yang tepat dapat bunda lakukan dengan satu kegiatan yaitu snacking.


Bertempat di D’Labs Building, di acara launching Nestle Cerelac NutriPuffs, saya banyak mendapatkan informasi penting tentang snacking sehat untuk si kecil yang berusia di atas 10 bulan.


Seberapa penting sih snacking untuk si kecil?
Menurut pakar Nutrisi PT. Nestle Eka Nurdiana, snacking pada si kecil adalah solusi untuk pemenuhan gizi dan nutrisi si kecil guna membantu perkembangan kognitif di periode emasnya. 

Eka Nurdiana, pakar nutrisi PT. Nestle Indonesia

Tidak hanya dari segi nutrisi, snacking pada si kecil juga bermanfaat untuk tumbuh kembang optimal otaknya lho bun. Seperti yang dituturkan psikiater anak Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ(k),

“Snacking yang diterapkan pada anak usia 10 bulan dapat mengasah kemampuan anak untuk belajar makan sendiri (Self-feeding). Kegiatan self-feeding ini merupakan stimulus untuk perkembangan motorik halus anak. Dengan belajar meraih makanan dan memasukkannya ke mulut, diharapkan anak dapat menjadi terampil dalam menggunakan tangannya untuk kegiatan positif lainnya seperti mewarnai dan menggambar”
membangun chemistry untuk meningkatkan rasa saling percaya

Bukan cuma itu lho bun, ternyata kegiatan snacking yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan dapat menciptakan interaksi yang positif dan menumbuhkan rasa saling percaya antara anak dan orang tua. Anak yang punya rasa saling percaya dengan orang tuanya cenderung lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan lebih percaya diri. 

Seperti yang dituturkan Aktris Cantik, Laura Basuki, yang bercerita tentang Owen buah hatinya. 
“Setiap aku kasih snack, Owen selalu excited, sampai suka joged-joged kegirangan, ternyata chemistry ibu dan anak itu bisa terjalin melalui momen snacking. Setiap waktu snacking aku pasti nyediain 2 sendok untuk aku sama Owen biar bisa saling suap-suapan.”
Laura Basuki 

Salah Kaprah tentang Snacking untuk Si kecil

Sayangnya masih banyak para bunda yang salah kaprah dalam memberikan snack pada buah hatinya. Berkaca pada lingkungan sekitar, banyak para bunda yang tidak mementingkan aspek kesehatan ketika memberikan snack pada anak. 

Kandungan gula, msg, dan pengawet seolah diabaikan. Yang penting si buah hati tidak rewel dan anteng menikmati cemilannya. Makanya nggak heran kalo penyakit batuk pilek mudah menyerang si kecil. Karena pemilihan snack yang salah bisa menjadi faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh si kecil.
sumber: tipsanakbayi.com

Jangankan bobot tubuh yang ideal, yang ada malah si kecil rentan sama yang namanya batuk pilek dan demam. 

Berdasarkan data pemantauan Status Gizi dari Departemen Kesehatan pada tahun 2015, 3 dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting akibat malnutrisi. Selain itu, berdasarkan data Riskesdas (2013), 28% anak Indonesia berusia 12-59 bulan mengalami anemia di usia dini akibat kekurangan zat besi.

Wahh, fakta itu jadi warning buat kita ya bun, biar pintar memilih snack sehat untuk anak. 

Snack Sehat Cerelac NutriPuffs untuk Pemenuhan Gizi dan Nutrisi Si Kecil.

Untuk para bunda yang khawatir buah hatinya kena malnutrisi atau salah memilih snack yang kurang sehat, nih saya kasih solusinya. Di acara kemarin, saya bertemu dan ngobrol langsung sama Category Marketing Manager Infant Cereal & Baby Foods PT. Nestle Indonesia, Rendi Kusumo, yang menuturkan ada 5 keunggulan Cerelac Nutripuffs :


1. Dipanggang bukan digoreng.
karena proses pemasakannya dipanggang, maka kandungan lemaknya hanya sedikit dari kemasan 50 gr, kandungan lemak totalnya hanya 1 gr saja.


2. Kaya zat besi dan bebas pengawet
Cerelac NutriPuffs dibuat dari gandum alami (whole grain) dan buah-buahan asli maka nggak heran kalau kandungan zat besinya sampai 20% selain itu juga tinggi lemak tak jenuh yang baik untuk pencernaan dan cocok banget untuk meningkatkan nutrisi si kecil. Dan yang pasti bebas pengawet.


kandungan zat besinya mencapai 20%

3. Mudah dipegang
Bentuk bintang yang lucu memang sengaja dirancang agar si kecil mudah memegang dan memasukkan kemulutnya, selain melatih motorik halus, kegiatan snacking Cerelac NutriPuffs juga melatih kelincahan tangan si kecil.


4. Meleleh di mulut.
Mini biskuit Cerelac NutriPuffs ini selain garing juga mudah meleleh di mulut, jadi bunda nggak perlu khawatir si kecil tersedak. Hanya 10 detik di dalam mulut Cerelac Nutripuffs sudah meleleh dengan sempurna.


5. Rasanya yang enak dan lezat
Cerelac NutriPuffs hadir dalam dua varian rasa yang lezat dan dijamin disukai si kecil. Ada Banana Orange dan Banana Strawberry. Jangankan si kecil, para bundanya aja suka :)
Cerelac NutriPuffs rasa Banana Orange
Cerelac NutriPuffs Rasa Banana Strawberry


Selain sehat dan enak, Cerelac Nutripuffs ini juga mudah didapat lho bun, sudah tersedia di berbagai supermarket dan minimarket sekitar rumah dengan kisaran harga 17.000 untuk kemasan 50 gr. Bisa untuk beberapa kali snacking, dan ga perlu khawatir akan alot karena kemasannya Zip & Lock.



Tips Snacking Rules 

  • Snacking sebaiknya diberikan 2x sehari di pagi dan sore.
  • Si kecil sebaiknya didukung untuk makan sendiri karena stimulasi sangat penting untuk dilakukan sejak dini.
  • Berikan bentuk dan jenis snack yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, dan perhatikan juga aspek kesahatan dan kandungan dalam snack untuk si kecil.
  • Saat pemberian makanan atau snack bukanlah saat bermain oleh karena itu tidak dianjurkan memberikan mainan untuk merangsang si kecil makan.
  • Makanan sebaiknya tidak diberikan sebagai hadiah atau 'reward'.
  • Makanan sebaiknya disingkirkan jika dalam waktu 10-15 menit si kecil hanya bermain dengan makananya saja.

Sekilas Tentang Nestle Cerelac

Nestle Cerelac adalah makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang percaya bahwa setiap anak berhak untuk tumbuh sehat. Perjalanan Nestle Cerelac, berawal lebih dari 150 tahun yang lalu ketika Henri Nestle (pendiri perusahaan Nestle) menciptakan bubur bayi untuk menolong nyawa seorang anak tetangganya. Bubur bayi itulah yang menjadi cikal bakal Nestle Cerelac hari ini.

Sebagai merk terkemuka di Indonesia dan dunia, Nestle Cerelac senantiasa bekerja sama dengan para ahli nutrisi di seluruh dunia untuk mengembangkan produk, serta melakukan edukasi pada para ibu dan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.


dok by Cerelac NutriPuffs

10 comments:

  1. Jadi ada camilan sehat untuk anak-anak ya, jadi anak ga makan camilan sembarangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bunda Ria Bilqis, iyaa cemilannya harus yang sehat dan berkualitas ya bun. Nggak bileh yang sembarangan, lnanti si kecil jadi rentan sakit karena daya tahan tubuh menurun ^_^

      Delete
  2. Aku juga suka loh rasanya enak dan mudah lumer dimulut menghindari agar makanan terkumpulbd langit-langit mulut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bunda Echi, enak dan mudah meleleh di mulut yaa, selain itu juga sehat dan berkualitas ^_^

      Delete
  3. Aku dulu juga lebih banyak ngasih cemilan ke anak2 daripada makan besar. Yg penting snacknya bergizi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bunda Leyla Hana, banyak penelitian yang menunjukkan snacking pada anak memang membatu pemenuhan gizinya bun, asal pemilihannya snacknya sehat dan berkualitas. tapi juga jangan sampai makanan utamanya berkurang ya bun ^_^

      Delete
  4. Bentuknya lucu ya bintang2 begitu, anakku pasti suka cerelac nutripuff, soalnya dia doyan ngemil sama kyk mamanya. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bunda Melysa, bentuknya yang lucu ternyata punya manfaat lain lho, si kecil jadi mudah menggenggam dan memasukkannya ke mulut. Wah bisa snacking bersama dong yaa ^_^

      Delete
  5. Kedua putriku sejak umur 6 bulan aku beri di CERELAC karna selain murah tapi tetap bergizi baik untuk pemdamping ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bunda Tati, wahh penggemar Cerelac yaa, betul banget bun harganya yang murah tapi tetep sehat dan berkualitas ya bun. Ini nih yang jadi Snack idaman bunda dan si kecil.

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D