Monday, July 31, 2017

Magma Indonesia: Aplikasi Tanggap Bencana Karya Anak Negeri Untuk Dunia

Pic by @kementerianESDM

Indonesia, Negeri Indah yang Rawan Bencana.

Tagline itu sering banget saya dengar, atau bahkan saya baca di banyak media dan portal berita. Nggak kaget sih, karena bisa dibilang, cukup sering berita tentang bencana alam baik yang besar, kecil atau sedang, menimpa sebagian wilayah Indonesia. Awalnya saya kira, yah karena wilayah dan letak geografis Indonesia yang memungkinkan terjadinya bencana. Tapi ternyata bukan cuma itu lho.

Beberapa waktu lalu, Alhamdulillah saya berkesempatan menghadiri acara Kementrian ESDM-Temu Netizen Ke- 6, dengan tema "Magma Untuk Dunia". Disana saya ketemu dan ngobrol bareng sama pakar geologi yang luar biasa hebat. Jadi tau macem-macem seputar potensi bencana di Indonesia dan gimana menanganinya.

Tahu nggak, Kenapa Indonesia dikenal sebagai negara rawan bencana?



Indonesia menjadi daerah rawan bencana karena beberapa alasan. Pertama, karena faktor alam. Indonesia adalah negara dengan gunung api aktif terbanyak di dunia. Ada sekitar 127 gunung api aktif yang berpotensi erupsi atau meledak. Selain itu, negeri kita ini juga berdiri di atas pertemuan lempeng-lempeng tektonik. Akibatnya, kita berada di atas jalur gempa. Dan Iklim kita yang tropis juga menyebabkan banyak tanah yang tidak stabil.

Alasan kedua, bangunan dan infrastuktur belum didesain sesuai dengan kondisi alam. Tata ruangnya belum dikelola dengan ramah bencana. Selain itu, kebijakan kebencanaan Indonesia juga bisa dikatakan masih baru.

Mungkin Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan Indonesia

Nggak perlu khawatir dengan label negeri rawan bencana yang melekat pada Indonesia. Walaupun gunung berapi yang ada di Indonesia terbanyak di dunia, tapi itulah letak surga dan keindahannya. Bahkan Mbah Rono sampai memberikan pernyataan, "Nggak ada Puncak kalau nggak ada Gunung Gede dan nggak ada Guci kalau nggak ada Gunung Slamet". Artinya gunung-gunung api itulah potensi keindahan dan sumber daya alam Indonesia kan?? 

Foto bersama Mbah Rono, Pakar Geologi Indonesia
(foto ini menang Best Selfie with Mbah Rono lho ^_^)

Magma Indonesia: Aplikasi Tanggap Bencana Karya Anak Negeri Untuk Dunia


Dears, tahu nggak kira-kira potensi bencana apa aja yang ada disekitar tempat tinggal kita? atau pernah nggak ngecek keadaan atau status keamanan tempat wisata yang mau kita tuju? atau bahkan pernah nggak ngecek kondisi terkini kampung halaman?

Nah, menurut penelitian, banyaknya korban dari setiap bencana alam itu diakibatkan kurangnya kesadaran kita akan bahaya dan potensi bencana yang ada disekitar kita. Padahal teknologi kita sudah semakin maju lho. Terbukti dari terciptanya aplikasi Magma Indonesia yang 100% asli buatan anak bangsa.

Dr. Devi Kamil Syahbana, Penggagas Magma Indonesia

Aplikasi MAGMA Indonesia (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia) adalah aplikasi multiplatform (web dan mobile) dalam jaringan berisi informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi integrasi (gunung api, gempa bumi, tsunami, dan gerakan tanah) yang disajikan kedapa masyarakat secara kuasi-realtime dan interaktif. 

Sistem ini dibangun dan dikembangkan secara mandiri oleh PNS Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak tahun 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open source.

MAGMA Indonesia meliputi aplikasi yang digunakan secara internal/pegawai (analisis data dan pelaporan) maupun eksternal/publik (menjadi informasi dan rekomendasi). Prinsip utama MAGMA Indonesia adalah mengubah data menjadi informasi dan rekomendasi yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. 

Pic by @KementerianESDM

MAGMA Indonesia adalah sistem yang terus belajar dan berevolusi, fitur-fitur baru akan lahir dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Diharapkan bahwa seluruh informasi kebencanaan geologi nantinya akan dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah melalui satu jendela (single window). hal ini merupakan manifestasi hadirnya negara secara aktif di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mitigasi bencana geologi di Indonesia.

Intinya, aplikasi Magma Indonesia ini keren banget. Kita bisa tahu apa aja potensi bencana alam disekitar kita, bahkan di seluruh Indonesia. Setiap terjadi peringatan akan muncul notifikasi di smartphone kita dan kita bisa tau apa yang harus dilakukan. 

Aplikasi ini bahkan diapresiasi di luar negeri dan bermanfaat banget untuk dunia penerbangan. Nah, yang hobi naik gunung juga bisa pake aplikasi ini untuk pantau gunung yang mau didaki. 

Caranya tinggal unduh aplikasinya di PlayStore dan aktifkan notifikasi daerah yang mau kita pantau keadaannya. Salam Tanggap Bencana👋👋

Pic by @Resicute



2 comments:

  1. Magma waktu SD sudah dipelajari di pelajaran Geografi, menarik sekali pembahasan yang lebih dalam di sini :)

    ReplyDelete
  2. Magma, yang saya tau itu adalah lahar yang keluar saat gunung merapi meletus.
    Tenyata sekarang Magma jadi aplikasi yang memantau aktivitas gunung merapi... kereeen.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D