Friday, March 2, 2018

From Hokben With Love: Kawin Silang Masakan Jepang dan Indonesia dalam Hoka Suka


“Nggak nikmat rasanya makan tanpa sambal”, kalimat itu bisa dibilang identik banget sama orang Indonesia. Hampir semua jenis makanan harus ada sambal sebagai pelengkapnya. Mulai dari yang digoreng, direbus, dikukus, bahkan yang mentah sekalipun selalu lebih enak tersaji dengan sambal.

Ngomongin soal sambal, temanku yang seorang tour guide bercerita tentang pengalaman lucunya tentang sambal. Jadi ceritanya, waktu temenku bawa rombongan ke restoran di Paris, para peserta tour hampir semuanya bawa perbekalan sambal, dan akhirnya pramusaji ngelarang mereka nambahin sambal ke makanan yang disajikan. Bahkan sampai melotot-melotot segala.

Tapi memang dasar orang Indonesia, nggak bisa hidup tanpa sambal, ya tetep aja, bandel nambahin sambal ke makanannya. Nggak berapa lama chefnya dateng dan mengintrogasi.

“what’s wrong with my food?”

Pesertanya cuma cengar-cengir, si chefnya sampai bilang, kalau dia nggak mau ada benda-benda asing di makanannya. Dan para peserta tour harus menggunakan saos buatan si chefnya aja, ataupun yang sudah disediain di meja.

Padahalkan sambal Indonesia nggak ada yang ngalahin kelezatannya ya. Wajar sih, kalau di mana pun kita berada, pasti salah satu yang dikangenin ya sambalnya hihi.

Hokben Bloggers Gathering

Nah, ngomongin soal sambal, beberapa waktu lalu aku berkesempatan nyobain menu baru Hokben yang dilengkapi dengan sambal khas Indonesia. Bertempat di Hokben Harapan Indah, acara gathering ini dikemas begitu menarik, seru dan interaktif.

Aku jadi makin tahu tentang restoran yang berada di bawah lisensi PT. Eka Bogainti ini telah berganti nama dari Hoka-Hoka Bento menjadi Hokben sejak tahun 2013 lalu. Walau berganti nama, maskot Hokben tetap sama lho, yaitu si imut Taro dan Hanako.

Inovasi-inovasi baru juga terus dilakukan Hokben, yang sukses membuka 150 gerai di Jawa dan Bali. Bukan hanya itu aja, Hokben juga menghadirkan Hocafe, pilihan tempat ngopi, hangout dan kumpul seru bareng sahabat.

Dan satu lagi, yang sering banget ditanyakan sama teman-teman setiap aku bilang mau makan di Hokben, “Hokben itu sudah punya sertifikat halal belum sih?”. Jangan khawatir gaes, sudah sejak 2008 lalu, Hokben mengantongi sertifikat Halal MUI dan sudah terpampang nyata di dinding store Hokben di mana pun itu. Bisa dibilang sertifikat halal ini nggak main-main, mulai dari bahan baku, proses pemasakan, sampai pengemasan, semuanya terjamin kehalalannya dan dievaluasi setiap 4 tahun sekali.



Menu Baru Hokben: Kawin Silang Indonesia dan Jepang

“Orang Indonesia itu umumnya menyukai pedas”, ungkap ibu Kartika Mangisi, selaku Communication Division Head Hokben, membuka acara gathering. Lebih lanjut Bu Kartika menjelaskan alasan dibalik tercetusnya #SambalKitaSambalIndonesia adalah karena masyarakat Indonesia yang nggak bisa lepas dari sambal, selain itu sambal juga memang diyakini menambah nafsu makan.

Pak Jasata, selaku Brand Activation Division Head Hokben, menambahkan
“Setiap daerah di Indonesia bisa dibilang punya sambal khas masing-masing. Dari mulai Sabang sampai Merauke, dan bisa dibilang sambal lah yang menyatukan kita”.

Saya setuju banget!
Bisa dibilang, ini adalah inovasi Hokben terdahsyat yang pernah dilakukan. Nggak heran makanya, kalau Hokben meraih Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dan Brand of The Year 2017-2018 untuk kategori Quick Service Restaurant Indonesia.


Sensasi Pedas Sambal Khas Indonesia, Hadir di Hokben

Jujur dulu nggak pernah ngabayangin, Hokben yang notabene restoran yang khas jepang, ngeluarin varian sambal yang Indonesia banget.

Aku pernah baca di salah satu jurnal kuliner gitu, ada tiga varian sambal Indonesia yang kelezatannya udah mendunia yaitu sambal bawang, sambal matah dan sambal hijau. Dan sekarang ketiga sambal itu bisa kita nikmati di Hokben hanya dengan 5000 rupiah aja.

Sambal Bawang

Sambal bawang khas Jawa Timur ini, memang menjadi favorit banyak orang karena rasa pedas dan harum bawangnya yang menggugah selera. Selain itu, sambal bawang ini, juga cocok dimakan dengan apa aja.

Pas coba sambal bawang Hokben, awalnya aku pikir pedesnya biasa-biasa aja. Tapi ternyata aku salah, sambal bawang hokben ini fiks bikin aku ber huh-hah ria. Asli, jadi bikin tambah nafsu makan.

Sambal matah

Paduan cabe, bawang, sereh dan daun jeruk purut ini, rasanya pedas dan seger. Selain itu, harum aroma jeruk purutnya juga kecium banget. Cocok jadi cocolan makan ebi furai, ekado roll,  dan kawan-kawannya.

Anyway, temenku yang pernah tinggal di Bali, suka banget sambal ini dan berasa nostalgia masa-masa tinggal di Bali dulu. Soalnya rasanya memang mirip dengan sambal matah yang ada di Bali sana.

Sambal Hijau

Sambal asli Sumatera ini pasti sudah sering banget kita temuin di RM padang. Tapi menurutku, sensasi yang luar biasa beda akan terasa saat kita menikmati sambal hijau ini dengan chicken katsu khas Jepang.

Bukan cuma itu, temenku bahkan rekomen sambal hijau untuk dinikmati bareng sup hokben, seperti sukiyaki dan chicken tofu. Aroma cabe hijaunya akan jadi lebih semerbak di hidung.

Hoka Suka 1

Nasi – Yakitori grill – kering kentang – acar kuning – sambal pilihan khas Indonesia – Rp. 49.000

Hoka suka 1, favoritku banget ini. Selain memang suka sama Yakitori yang merupakan sate khas jepang. Potongan daging ayamnya itu gede-gede banget. Ada sensasi tersendiri ketika dimakan dengan kering kentang dan acar kuning.

Dan tambah sedap kalau dicocol sambal bawang sebelum disuap ke mulut. Pedes sambal bawang, gurih Yakitori, dan seger dari acar kuning, nyatu dan nagih. Asli sedap!

Hoka Suka 2

Nasi – Ebi Furai – Kering Kentang – Acar Kuning - sambal pilihan kas Indonesia – Rp. 58.000

Untuk penyuka udang, paket Hoka Suka 2 ini recommend banget untuk dicoba. 4 pcs ebi furai yang gede-gede dijamin bikin puas. Dan seperti biasa, ebi furai ala Hokben memang selalu enak, kriuk di luar, tapi tetap juicy di dalam. Jadi, rasa manis udangnya tetap berasa. Dan menurutku, menu ini lebih cocok dimakan dengan sambal matah.

Hoka Suka 3

Nasi – Chicken Katsu – Kering Kentang – Acar Kuning – sambal pilihan khas Indonesia – Rp. 49.000

Salah satu temenku, bilang Paket Hoka Suka 3 ini enak banget kalo dimakan pakai sambal hijau khas padang. Dan menurutku, memang jadi perpaduan yang unik sih, ketika potongan chicken katsu, sambel hijau, acar kuning dan kering kentang bersatu di mulut.

Aku sendiri sudah cobain ketiga menu di atas. Eiittss, tapi nggak 3 porsi sekaligus juga ya. Jadi pas pesen paket Hoka Suka ini, aku sama teman semeja, mutusin untuk pesen paket yang beda-beda, biar kita semua bisa cobain kelezatan dari Hoka Suka 1, 2, dan 3. Dan menurutku, Hoka Suka 1 tetap juara hehe.



Yang Spesial dari Hokben Harapan Indah

Aku dan Hokben itu sebenernya seperti punya chemistry tersendiri. Hokben adalah resto favorit aku dan teman-teman SMA. Setiap kita ngumpul, tempat yang dipilih nggak lain dan nggak bukan ya Hokben.

Tapi, menurutku ada yang berbeda dari Hokben Harapan Indah. Selain desainnya yang instagramable, tempatnya juga luas banget. Cocoklah untuk meeting, buka puasa bersama, atau acara ulang tahun.

Adapun fasilitas yang ada di Hokben Harapan Indah:
• Kapasitas 260 kursi
• Tersedia outdoor/indoor private room
• Memiliki smooking area
• Tersedia musholla
• Parkir luas
• Kemudahan akses wifi


Anyway apa sih menu favoritmu di Hokben? Share di kolom komentar ya ^_^






12 comments:

  1. Aih, kawin silang kok judulnya bikinbmata melalak ya :)
    Tapi memang kok rasanya mantap antara sambal Indonesia dengan bento dari Jepang.... Kepengen balik lagi dan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anisa DEasty

      setuju, mantap banget ya mba, aku paling suka sambal bawangnya. pedesnya polll

      Delete
  2. Aku suka hoka suka 3 mbak... Chicken katsu nya mantap... Ditambah sambal bawangnya jadi muantabbb abis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Natara,

      aku suka hoka suka 1, soalnya yakitori grillednya enak banget dan pas dicocol pake sambel bawang,

      Delete
  3. Aku suka sambal matahhhhhh dan hoka suka 2. Yuk kita ke hokben lagihh..
    Nagihh

    ReplyDelete
  4. Mau cobaaa... Sambalnya menggoda banget, kl kesini jd mau ikutan makan yg biasanya ank2 aja yg mkn

    ReplyDelete
  5. Saya jadi super duber penasaran pengen nyobain juga. Good job buat Hokben yang mengerti lidah kita yang doyan sambel. Inovasinya keren bet.

    ReplyDelete
  6. Hoka Suka 1 juga favorit aku mbak...Toss !

    ReplyDelete
  7. Kemarin baru makan Hokben tapi lupa gak pilih yang ada sambal matahnya. Hiks.

    ReplyDelete
  8. wahh varian sambalnya menggoda iman semuanya jd bikin penasaran..sepertinya mesti dicobain semuanya nih biar tau sensasinya ... asli ncess de :D

    ReplyDelete
  9. Pabrik HokBen Deket rumahku lho di Ciracas, enak sih semua menunya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D